Acara LokalLiputanMobile GadgetNewsSmartphone

[Hands-On] Mencoba Advan G2, Smartphone 2 Jutaan dengan Kamera Selfie 16 Megapixel dan Face ID

Advan baru-baru ini meresmikan kehadiran smartphone terbarunya, G2. Bermain di level harga 2 jutaan rupiah, Advan G2 mengandalkan kamera selfie sebagai nilai jual utamanya.

Dalam acara product experience di Jakarta, Kamis (15/2), kami berkesempatan untuk mencoba langsung beberapa fitur di smartphone ini. Penasaran? Simak ulasan singkat kami?

Bodi tipis dan ramping

Ketika pertama kali menggenggamnya, Anda akan langsung merasa bahwa Advan G2 mirip dengan iPhone 6 Plus. Apalagi untuk varian berwarna hitam. Ya, Advan sendiri memang mengakui bahwa desain produk mereka terinspirasi dari perangkat garapan Apple tersebut.

Di bagian depan, Anda akan menemukan layar lebar IPS 5,5 inci dengan resolusi yang sudah Full HD. Tepat di bawah layar, ada tombol Home fisik berbentuk bulat yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Bagian belakangnya terkesan minimalis tanpa banyak aksen yang berlebihan. Anda hanya akan melihat kamera belakang di atas dan logo Advan dengan sentuhan metallic di tengah-tengah. Bagian frame-nya juga memiliki garis lapisan metalic untuk menambah kesan premium.

Secara keseluruhan Advan G2 memiliki kualitas rancang bangun yang baik dan cukup stylish. Bodinya tergolong tipis dan ramping, sehingga mudah untuk dimasukkan ke saku celana selain juga mampu menambah daya tarik.

Dengan bobot hanya 150 gram, Advan G2 adalah smartphone yang ringan. Padahal, di dalamnya terisi baterai 3500 mAh yang diklaim Advan mampu membuat G2 menyala hingga 8 bahkan 10 jam (tergantung gaya pemakaian).

Kamera selfie 16 megapixel

Beralih ke spesifikasi lainnya, Advan G2 didukung SoC MediaTek MT6750T dengan prosesor octa-core, yang ditemani RAM 3 GB. Sementara untuk penyimpanan data, ada memori internal 32 GB.

Fitur utama yang dikedepankan smartphone ini adalah kamera selfie-nya yang mengusung sensor 16 megapixel f/2.0. Menurut Advan, kamera yang didukung Beauty Selfie 5.0 tersebut mampu menghasilkan foto yang terang dan detail. Soal kamera belakang, pengguna bisa mengandalkan sensor 13 megapixel.

Hasil foto kamera selfie Advan G2 (1)

Hasil foto kamera selfie Advan G2 (2)

Kami sempat mencoba memotret menggunakan kamera selfie di venue acara dengan pencahayaan temaram alias agak gelap. Hasilnya masih tergolong lumayan. Meski banyak noise di sana-sini dan ketajaman gambarnya agak kurang, setidaknya foto yang dihasilkan tidak gelap dan background-nya terlihat cukup jelas.

Fitur keamanan yang beragam

Advan begitu membanggakan sektor keamanan yang ditanamkan pada G2. Selain fingerprint sensor, ada beberapa sistem keamanan lainnya yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah Face ID. Sesuai namanya, fitur ini berguna untuk membuka kunci secara cepat hanya dengan algoritma yang mengenali wajah penggunanya.

Ada pula fitur Anti Theft untuk membantu menelusuri smartphone yang hilang dengan GPS Tracking System. Selain itu Anti theft memungkinkan pengguna untuk mengunci smartphone dari jauh, memberikan warning message, memotret wajah orang yang mencoba membuka kunci G2, menyalakan alarm, sampai melakukan Data Wiping dari jarak jauh.

Terakhir adalah Super Apps Lock, fitur untuk mengunci aplikasi tertentu agar tidak ada orang lain yang bisa membukanya sehingga privasi tetap terjaga. Sesungguhnya beberapa fitur keamanan di atas bukan hal baru, tapi Advan membuatnya lebih simple untuk mudah digunakan semua orang.

Kesimpulan awal

Advan G2 bermain di area yang menurut kami cukup berat. Di level harganya, Rp2.499.000, ada banyak smartphone pesaing yang juga menawarkan spesifikasi dan fitur mumpuni di kelasnya.

Sayangnya karena keterbatasan waktu untuk mengeksplorasi sektor lain dari Advan G2, terutama performa, kami belum bisa menyimpulkan lebih jauh pandangan kami tentang smartphone ini.

Advan sendiri optimis harga, spesifikasi, dan fitur yang ditawarkan untuk G2 akan mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. Kalau soal itu, kita tunggu saja sampai smartphone ini mulai beredar luas di pasaran nanti!

Komentar

Beri komentar

Close