KomputerLaptopReview

Review HP 15-bw072ax, Laptop Multimedia Terjangkau dengan APU AMD A12

APU AMD generasi 7 atau Bristol Ridge telah dirilis sejak pertengahan tahun 2017 lalu dalam berbagai jenis prosesor. Laptop dengan APU tersebut menjadi pilihan yang cukup menarik karena biasanya memiliki harga yang relatif terjangkau dengan kinerja grafis yang cukup lumayan untuk memainkan game.

Kali ini kami akan mengulas salah satu laptop dengan APU AMD Bristol Ridge yaitu HP 15-bw072ax. Laptop ini adalah sebuah laptop multimedia yang menggunakan APU AMD yang cukup bertenaga untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dengan harga yang relatif terjangkau.

Bodi Plastik yang Cukup Ringan dan Tidak Licin

Sebagai sebuah laptop multimedia, HP 15-bw072ax adalah sebuah laptop yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti bekerja, hiburan, serta bermain game. Bodi laptop ini memiliki desain yang sederhana. Tapi, warna biru pada bodi luarnya membuat laptop ini tampil cukup unik jika Anda suka tampil beda.

HP 15-bw072ax memiliki bodi yang seluruh bagiannya terbuat dari plastik. Plastik yang digunakan cukup oke sehingga membuatnya tidak terasa murahan. Bodi plastiknya memiliki tekstur kasar sehingga tidak licin saat dipegang.

Bagian cover di belakang layar terasa cukup kokoh walaupun masih terasa lentur saat ditekan. Sedangkan bagian keyboardnya memiliki keyboard full size yang dilengkapi dengan numpad. Keyboard tersebut juga terasa nyaman saat digunakan dan minim gejala flexing.

Secara keseluruhan HP 15-bw072ax memiliki bodi yang cukup oke di kelasnya. Anda bisa membawa laptop ini kemana-mana dengan rasa nyaman karena bodi yang cukup solid. Ukurannya memang agak besar karena memiliki layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD. Tapi bodinya masih termasuk ringan dan tipis.

APU AMD A12 Cukup Oke, Hard Disk Terasa Lambat

HP 15-bw072ax menggunakan APU AMD A12-9720P. APU tersebut memiliki prosesor quad core 2,7GHz serta kartu grafis integrated Radeon R7 dan kartu grafis discrete Radeon M530. Laptop ini juga memiliki RAM DDR4 sebesar 8GB yang bisa ditingkatkan hingga 16GB.

AMD A12-9720P merupakan salah satu APU tertinggi di generasi 7 atau yang juga dikenal dengan nama Bristol Ridge. APU tersebut memiliki performa yang cukup oke untuk berbagai kebutuhan seperti bekerja, multimedia, dan juga bermain game. Kinerjanya untuk bermain game cukup baik walaupun mungkin Anda tidak bisa memainkan game berat dengan setting maksimal.

Gambaran performa HP 15-bw072ax untuk berbagai kebutuhan bisa Anda lihat pada hasil benchmark di bawah ini.

Untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, HP 15-bw072ax ini memiliki performa yang sudah cukup oke. Hanya saja kecepatan hard disk 1TB yang dimiliki terasa cukup lambat pada saat booting dan start-up, apalagi jika Anda menjalankan banyak aplikasi sekaligus di saat start-up. Melakukan upgrade dengan hard disk yang lebih kencang atau SSD dapat membantu meningkatkan kinerja laptop ini.

Kapasitas Baterai Kecil

Walaupun memiliki bodi yang cukup ramping dan cukup ringan untuk dibawa kemana-mana menemani aktivitas Anda sehari-hari, namun tampaknya Anda tak bisa terlalu mengandalkan laptop ini untuk aktivitas di luar yang jauh dari colokan listrik. HP 15-bw072ax ini memiliki daya tahan baterai yang kurang baik untuk ukuran sebuah laptop multimedia.

Sepertinya HP menggunakan baterai yang berkapasitas kecil pada laptop ini untuk membuatnya lebih ringan dan tipis. Saat kami benchmark menggunakan PCMark, daya tahan baterai laptop ini hanya berada di angka sekitar 2 jam, sangat kurang jika Anda termasuk orang yang sering bekerja di perjalanan. Daya tahannya bisa meningkat hingga sekitar 3 jam jika Anda tidak menggunakan WiFi serta tidak menggunakan aplikasi yang terlalu memberatkan kinerja prosesor.

Kesimpulan

HP 15-bw072ax adalah sebuah laptop multimedia yang sebenarnya cukup oke. Dengan performa yang cukup baik untuk berbagai kebutuhan, laptop ini memiliki harga yang relatif terjangkau. Kemudian bodinya juga masih cukup ramping dan ringan untuk dibawa kemana-mana.

Hanya saja nilai portabilitasnya berkurang karena baterainya. Dengan daya tahan baterai yang kurang, Anda harus membawa chargernya kemana-mana dan selalu waspada berada di dekat colokan listrik agar tidak cepat kehabisan baterai.

Kalau Anda mencari sebuah laptop multimedia dengan harga terjangkau untuk berbagai aktivitas di rumah atau di kantor, maka HP 15-bw072ax ini cukup cocok untuk pilihan Anda. Namun jika Anda adalah pengguna yang sering berada di luar dan membutuhkan laptop dengan daya tahan baterai yang lama, maka laptop ini sepertinya bukan pilihan yang tepat.

Yang Canggih:
+ Harga relatif terjangkau untuk sebuah laptop multimedia
+ Layar 15,6 inci Full HD dengan tampilan yang baik
+ RAM standar 8GB yang memadai untuk kebutuhan multitasking standar
+ Bodi cukup ringan dan ringkas untuk dibawa-bawa
+ Tekstur plastik tidak licin dan nyaman dipegang

Yang Kurang:
– Bagian cover belakang agak terasa lentur
– Performa hard disk 1TB standar lambat
– Kapasitas baterai kecil membuat daya tahannya kurang lama

Spesifikasi HP 15-bw072ax
Prosesor AMD APU A12-9720P
RAM DDR4 8GB
Penyimpanan HDD 1TB
Kartu grafis AMD Radeon R7 Series M535DX
Layar 15,6 inci Full HD
Konektivitas 1 x USB 2.0, 2 x USB 3.1, 1 x HDMI, 1 x LAN, WiFi, Bluetooth 4.0, card reader
Sistem operasi FreeDOS
Dimensi 38 x 25,38 x 2,38cm
Berat 2,1kg
HP 15-bw072ax

Komentar

Beri komentar

Close