AndroidAplikasiNews

Mencoba YouTube Go, Bisa Preview Video dan Cocok untuk Menghemat Kuota

Aplikasi ini wajib dicoba oleh pengguna dengan internet lambat

Di penghujung 2017 lalu, YouTube telah meluncurkan aplikasi
baru mereka yang diberi nama YouTube Go. Pertama hadir dalam tahap beta di India, kini YouTube Go sudah tersedia di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis ini menawarkan banyak keunggulan yang menarik. Salah satunya adalah klaim lebih hemat kuota, sehingga Anda bisa lebih bebas menikmati video-video di YouTube.

Internet lemot bukan masalah!

YouTube Go adalah sebuah aplikasi yang ringan. Ukuran file dari aplikasi ini hanya 9,4 MB. Artinya, YouTube Go tidak akan memakan banyak ruang di memori internal smartphone Anda.

Karena ringan, YouTube Go sangat nyaman digunakan pada smartphone dengan spesifikasi rendah, termasuk yang memiliki storage minim dan OS Android-nya masih jadul. Aplikasi ini kompatibel dengan Android versi Jelly Bean (4.1) ke atas.

Yang paling menarik, YouTube Go didesain untuk tetap bisa dinikmati di kondisi internet yang lambat. Dengan koneksi seadanya, Anda tetap bisa memutar video meski tentunya bukan di kualitas terbaik.

Bisa preview dan lihat ukuran video

YouTube Go memiliki banyak fitur yang memudahkan Anda mengatur pemakaian kuota. Contohnya adalah Preview. Ketika Anda memilih video yang ingin ditonton, sebelum video diputar Anda bisa melihat cuplikannya sedikit.

 

Dengan begitu, Anda dapat memutuskan apakah akan melanjutkan menonton atau tidak. Sangat berguna untuk menghindari membuang kuota untuk video-video click bait yang judul dan isinya tidak sesuai.

Saat memutuskan untuk menonton, Anda kembali diberikan opsi untuk memilih kualitas video seperti apa yang Anda inginkan. Ada 3 pilihan, yakni Basic, Standard, dan High. Masing-masing opsi tersebut menampilkan ukuran video-nya agar Anda bisa memastikan berapa banyak kuota Anda yang akan terpakai.

Bahkan, Anda ditawarkan opsi untuk mengunduh video tersebut dan menontonnya nanti. Anda hanya perlu terhubung ke WiFi, lalu download video yang Anda suka sesuai kualitas yang diinginkan, lalu tonton kemudian tanpa harus khawatir kuota paket Anda berkurang.

Share video secara instan tanpa internet

Perbedaan lainnya yang ditawarkan oleh YouTube Go dibanding aplikasi YouTube standar adalah fitur yang memungkinkan sesama pengguna saling berbagi video yang telah mereka unduh. Fitur ini membutuhkan sambungan antar perangkat lewat Bluetooth.

Dengan bantuan fitur tersebut, seorang pengguna bisa menonton video yang sudah diunduh lebih dulu oleh teman atau keluarganya. Hasilnya, kuota data tidak perlu terpakai dua kali untuk menonton video yang sama di perangkat yang berbeda, karena fitur ini tidak membutuhkan koneksi internet.

Bagaimana? Menarik, kan? Jika Anda termasuk pengguna smartphone entry-level dengan memori pas-pasan, ingin menghemat kuota, atau pengguna yang koneksi internetnya lambat kami sangat menyarankan untuk mencoba YouTube Go!

Komentar

Beri komentar

Close