SilverStone TP02-M2, Heatsink Aluminium untuk SSD M.2

Perangkat SSD dengan model M.2 belakangan semakin banyak diadopsi di perangkat laptop maupun desktop karena memiliki dimensi yang ringkas namun dapat memberikan performa yang sama dengan SSD SATA, bahkan lebih kencang untuk tipe NVMe. Tapi performa yang lebih kencang pada SSD M.2 NVMe juga diikuti dengan temperatur kerja yang lebih panas yang dapat mengurangi kinerja dan umur pakainya apabila terlalu berlebihan.

svg%3E

Untuk membantu mengurangi panas yang dihasilkan oleh SSD NVMe yang berperforma tinggi, SilverStone merilis sebuah aksesoris yaitu TP02-M2. Perangkat ini merupakan sebuah heatsink yang bisa dipasangkan di atas SSD M.2 dengan ukuran 2280, baik untuk SSD SATA maupun NVMe.

svg%3E

SilverStone TP02-M2 terdiri dari sebuah heatsink yang memiliki panjang 80mm dan ketebalan 1cm. Heatsink tersebut terbuat dari bahan aluminium dan juga memiliki sebuah thermal pad yang menjadi kontak antara chip SSD dengan heatsink ini. Untuk membantu menempelkan pada SSD sekaligus mengurangi beban bobotnya, TP02-M2 juga memiliki 2 gelang silikon yang dapat diikatkan ke SSD agar heatsink dapat menempel lebih sempurna.

svg%3E

SilverStone menyatakan penggunaan heatsink ini dapat mengurangi panas SSD M.2 secara signifikan. Dengan suhu chip dan kontroler yang lebih rendah, maka SSD M.2 dapat menghasilkan performa yang tinggi dan stabil dalam penggunaan waktu lama. SilverStone belum mengungkapkan jadwal peluncuran serta harga untuk perangkat ini.