[Hands-On] Mencoba Galaxy A8 dan A8+, Duo Smartphone Perdana Samsung dengan Kamera Selfie Ganda

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy A8 dan A8+ di Indonesia. Dari segi harga, keduanya berada di kisaran yang tergolong cukup tinggi. Meski begitu, Samsung tentunya menyajikan Galaxy A8 dan A8+ dengan berbagai fitur papan atas serta desain yang menawan.

Untuk Anda yang penasaran, dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (17/1), kami sempat mencoba sebentar kedua smartphone ini. Ingin tahu seperti apa kesan pertama kami? Simak ulasan singkatnya:

Premium dan anti air

svg%3E

Sekadar mengingatkan, Galaxy A8 dan A8+ adalah dua perangkat yang memiliki ukuran layar berbeda. Yang satu menawarkan 5,6 inci, sedangkan versi Plus-nya 6 inci. Aspect ratio dan resolusinya sama, yakni 18.5:9 FHD+.

Ketika pertama kali menggenggam Galaxy A8 dan A8+ kami langsung merasakan nuansa yang amat premium dengan material berkualitas tinggi. Sekilas secara visual ada kemiripan dengan S8. Tapi bedanya, Galaxy A8 dan A8+ tidak memiliki edge-screen sehingga bezel-nya terlihat lebih lebar.

svg%3E

Bodi Galaxy A8 dan A8+ pun terasa sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan Galaxy S8. Di bagian belakang, Anda akan melihat perubahan letak sensor sidik jari yang kini berada di bawah kamera. Kami sendiri lebih menyukai posisi seperti ini karena mudah dijangkau.

Karena ukuran layarnya berbeda, jelas pengalaman yang didapatkan saat mengoperasikan dengan satu tangan pun tidak sama. Galaxy A8+ yang lebih besar memang masih mudah dipegang. Tapi bagi kami, versi non-Plus terasa lebih nyaman serta mantap di genggaman tangan.

svg%3E

Hal menarik lainnya adalah posisi speaker yang berada di sisi kanan smartphone, tepat di atas tombol power. Bukan hal baru karena sebelumnya sempat kami temukan di Galaxy J7+, tapi bisa menjadi nilai plus karena posisinya tidak mudah tertutup oleh jari sendiri.

Secara keseluruhan, Galaxy A8 dan A8+ adalah dua smartphone yang sedap dipandang. Sajian yang menurut kami memang cukup pantas untuk ditebus dengan harganya. Terlebih lagi, kedua smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang artinya tahan air dan debu.

Kamera selfie ganda

svg%3E

svg%3E

Galaxy A8 dan A8+ menjadi duo pertama Samsung yang memiliki kamera selfie ganda. Konfigurasinya adalah 16 megapixel + 8 megapixel dengan aperture f/1.9. Dengan kedua kamera tersebut, pengguna bisa menciptakan foto dengan efek bokeh (background blur) menggunakan fitur bernama Live Focus.

Samsung juga membenamkan teknologi bernama Tetra-Cell yang diklaim mampu menghasilkan foto lebih terang di pemotretan dengan kondisi cahaya yang minim. Selain itu, kamera belakangnya juga menjanjikan tangkapan yang tajam berkat sensor 16 megapixel f/1.7.

Kami sempat mencoba memotret dengan kamera Galaxy A8 dan Galaxy A8+ di lokasi acara peluncurannya. Dari beberapa gambar yang kami dapatkan, terlihat smartphone ini bisa diandalkan untuk menghasilkan foto selfie yang bagus dengan efek bokeh yang natural.

Hasil Foto Galaxy A8 (1)

Yang paling menarik, teknologi Tetra-Cell ternyata benar-benar bisa diandalkan untuk memotret dalam gelap. Kami sempat mencoba mengambil gambar di sebuah ruangan khusus dengan pencahayaan super minim. Simak sendiri hasilnya di bawah ini:

Hasil Foto Galaxy A8 (5)
Hasil Foto Galaxy A8 (4)

Kesimpulan awal

Mungkin sebagian besar dari Anda akan sedikit menghela nafas ketika pertama kali mendengar harga dari Galaxy A8 dan A8+. Ya, Rp6.499.000 dan Rp8.099.000. Namun selama mencoba keduanya dalam waktu yang singkat, kami menilai harga tersebut sebanding dengan apa yang ditawarkan.

svg%3E

Kesan pertama kami terhadap Galaxy A8 dan A8+ cukup positif. Apalagi saat ini pasar smartphone di level harga 6 hingga 8 jutaan rupiah nampak sepi. Samsung mengisinya dengan menempatkan dua produk yang punya banyak fitur khas kelas premium. Mungkin satu hal yang sedikit mengganjal bagi kami hanyalah adanya opsi memori internal 32 GB. Dengan harga mulai dari 6,5 juta, menurut kami memori internal yang hanya 32 GB terasa kurang menarik.

Jika Anda masih penasaran dengan Galaxy A8 dan A8+ dan belum membulatkan tekad untuk membelinya, tunggu saja artikel review lengkap kami dalam waktu dekat. So, pantau terus Yangcanggih.com!

[table]Spesifikasi;Galaxy A8;Galaxy A8+
Layar;Super AMOLED 5,6 inci 18.5:9 FHD+;Super AMOLED 6 inci 18.5:9 FHD+
SoC;Exynos 7885 octa-core;Exynos 7885 octa-core
RAM;4GB;6GB
Memori internal;32GB/64GB;32GB/64GB
Kamera belakang;16 megapixel f/1.7;16 megapixel f/1.7
Kamera depan;16 megapixel + 8 megapixel f/1.9;16 megapixel + 8 megapixel f/1.9
Baterai;3000 mAh;3500 mAh
Sistem operasi;Android 7.1.1 Nougat;Android 7.1.1 Nougat
Fitur;IP68, Bixby Vision, Tetra-Cell;IP68, Bixby Vision, Tetra-Cell
[/table]