[CES 2018] Lenovo Mirage: Kamera Saku Untuk Permudah Membuat Konten Virtual Reality

Lewat dukungan Google, Lenovo akhirnya merilis kamera saku perdananya. Canggihnya, Lenovo Mirage adalah salah satu kamera saku pertama yang mengusung format VR180 untuk mempermudah membuat konten VR (Virtual Reality).

Modul kamera ganda untuk menciptakan konten VR

svg%3E
Patut diketahui kamera dengan format VR180 berbeda dengan kamera 360 derajat. Pasalnya, kamera dengan format VR180 tidak akan menyajikan sudut penglihatan secara 360 derajat seperti hasil tangkapan gambar kamera 360.

Kamera format VR180 hanya memungkinkan sudut penglihatan yang lebih lebar lewat 2 modul kamera yang dibawanya. Dengan begitu saat konten hasil tangkapan kamera dengan format VR180 ini dilihat menggunakan VR headset, pengguna bisa melihat sekeliling dengan arah yang sama seperti yang ditunjukkan kamera.

Lenovo Mirage hadir dengan 2 modul kamera dengan 2 lensa fisheye yang resolusinya 13 megapixel. Dua modul kameranya ini mampu menghasilkan tangkapan gambar yang sama dengan sudut yang berbeda untuk menghadirkan efek 3D. Dengan demikian obyek dekat akan terlihat dekat dan obyek yang jauh akan terlihat jauh. Lensanya ini juga menawarkan sudut penglihatan 180 x 180 derajat untuk cakupan pandangan yang lebih luas.

svg%3E

Untuk mendukung kinerjanya, Lenovo Mirage ditenagai SoC Qualcomm Snapdragon 626 dengan RAM 2GB. Kamera ini juga telah dilengkapi dengan memori internal 16GB dengan tambahan slot microSD hingga 128GB dan telah dilengkapi konektivitas WiFi serta Bluetooth.

Sangat mudah digunakan

svg%3E
Menyasar segmen konsumen luas, Lenovo Mirage juga dirancang untuk mudah digunakan. Anda bisa membuat konten VR langsung seperti menggunakan kamera saku biasa tanpa perlu lagi proses penyuntingan.

Di Lenovo Mirage hanya tersedia tombol power, shutter dan tombol fungsi. Sementara modenya tersedia 3 pilihan yakni Photo, Video, dan Live Broadcast untuk siaran langsung.

Lenovo Mirage rencananya akan tersedia di kuartal kedua tahun 2018. Dikatakan Lenovo harga jualnya nanti akan di bawah US$400.