Klik untuk baca ulasan gadget terbaru di 2020

[Hands-On] BenQ CineHome W1700, Proyektor 4K HDR dengan Harga 20 Jutaan

Perangkat proyektor biasanya menjadi pilihan jika Anda ingin menghadirkan nuansa bioskop mini di rumah Anda. Saat ini, begitu banyak pilihan proyektor yang dibuat untuk kebutuhan hiburan, mulai dari yang standar, hingga yang mendukung resolusi tinggi 4K.

BenQ meluncurkan sebuah proyektor kelas sinema baru yaitu CineHome W1700. Proyektor ini merupakan proyektor yang mendukung resolusi 4K murni, namun ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Proyektor ini merupakan proyektor pertama yang mampu menawarkan resolusi 4K murni, bukan upscale seperti yang ditawwarkan beberapa proyektor lain di kelas yang sama.

Pada hari Jumat (5/1) lalu, YangCanggih berkesempatan untuk mencoba proyektor yang dijual dengan harga di bawah 50 jutaan ini. Berikut impresi singkatnya.

Bodi Ramping untuk Ruang Terbatas

BenQ W1700 memiliki bodi yang kompak. Ukuran bodinya merupakan yang paling ringkas untuk kelas proyektor sinema dengan resolusi 4K. Ukurannya mirip dengan proyektor standar yang biasa digunakan untuk presentasi sehingga cocok untuk digunakan di ruang sempit.

Untuk konektivitas, BenQ W1700 menyediakan pillihan input yang lengkap. Proyektor ini memiliki koneksi HDMI, D-Sub, serta port USB 2.0 Type A. Port USB yang tersedia merupakan port USB powered yang digunakan untuk memasangkan dongle wireless. Untuk menggunakan konektivitas wireless seperti screen mirroring atau Miracast, BenQ juga menyediakan dongle wireless yang disediakan secara terpisah.

Resolusi 4K Murni dengan Tampilan Hingga 100 Inci

BenQ W1700 merupakan proyektor yang mendukung resolusi 4K 3840 x 2160 dan 4096 x 2160 secara murni. Hal ini berbeda dengan proyektor lain di kelasnya yang mengklaim mendukung resolusi 4K, namun sebenarnya hanya mampu menampilkan resolusi lebih rendah dan menggunakan teknik upscaling untuk mendapatkan resolusi setara 4K. Proyektor ini dapat memproyeksikan tampilan hingga ukuran 100 inci pada jarak sekitar 3,25m dari dinding atau layar.

Kemudian, BenQ W1700 ini juga mendukung teknologi HDR. Anda dapat mengaktifkan tampilan HDR secara otomatis maupun manual melalui remote controlnya. Sebagai pelengkap, BenQ W1700 juga memiliki sebuah speaker mono built-in. Namun Anda juga dapat menggunakan speaker eksternal atau perangkat home theater melalui sebuah port audio jack 3,5mm atau HDMI.

Warna Akurat dengan Tampilan yang Tajam

Ditargetkan sebagai sebuah proyektor untuk kebutuhan hiburan di rumah, BenQ W1700 mampu menampilkan kualitas gambar yang sangat baik. Tampilannya saat kami gunakan untuk menonton sebuah Blu-ray 4K sangat baik. Apalagi Blu-ray yang digunakan juga mendukung HDR sehingga kami pun dapat merasakan tampilan HDR yang sangat menawan.

Selain tampilannya yang tajam dan warna yang sangat akurat, BenQ W1700 juga mampu memberikan black level yang sangat baik. Tampilan warna gelapnya juga sangat baik. Saat digunakan pada kondisi terang pun, tingkat kecerahan serta black levelnya juga tetap terjaga sehingga tampilannya tetap konsisten dalam berbagai kondisi cahaya.

BenQ W1700 dijual dengan harga 27,8 juta rupiah. Proyektor ini akan mulai diluncurkan ke pasaran Indonesia mulai bulan Februari mendatang.

Baca juga
[Top Gadget] Inilah Smartphone Terbaik realme Keluaran 2019 untuk Dibeli di Awal Tahun 2020