Audio VideoMobile GadgetReview

Review Bowers & Wilkins PX: Headphone Premium dengan Kualitas Suara dan Fitur Penangkal Bising Aktif Kelas Wahid

Bulan Oktober lalu, Bowers & Wilkins (B&W) mengumumkan kehadiran Bowers & Wilkins PX secara global. Mengusung konektivitas nirkabel yang sama seperti B&W P7 Wireless, B&W PX sangat menggoda dengan desain baru dan tambahan satu fitur yang belum pernah ada di lini headphone B&W sebelumnya yakni penangkal bising aktif.

Usung material nilon balistik dan kulit asli

B&W PX hadir dengan desain yang sekilas mirip dengan B&W P7 Wireless. Bedanya, B&W PX lebih menonjol dengan kombinasi material yang lebih menarik.

Bagian luar ear cup dan headband-nya yang berbahan alumunium dilapisi dengan lapisan nilon balistik. Sementara bagian dalamnya mendapat sentuhan lapisan kulit asli yang sangat lembut. Meski mengusung material yang tidak umum seperti headphone kebanyakan, B&W PX tetap terlihat sangat premium. Di bagian ear cup headphone ini Anda juga bisa menemukan beberapa tombol navigasi yang nyaman untuk ditekan.

Menganut desain over ear, headphone ini bisa menutup sempurna telinga saat digunakan. Namun, kami merasa headband dan ear cup B&W PX agak terlalu ketat dan memberikan tekanan yang berlebih ke telinga.

Poin positifnya tanpa perlu menyalakan fitur penangkal bising aktif sebenarnya suara di area sekitar sudah bisa diblokir dengan cukup baik. Walau begitu efek negatifnya ada di sektor kenyamanan. Untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama kami merasa pegal di area bagian belakang telinga. Tapi, untunglah penggunaan material kulit asli yang membungkus busa earpadnya yang lembut masih memberikan kenyamanan ekstra saat digunakan.

Mudah digunakan, didukung sensor gerak

Untuk mulai menggunakan B&W PX kami mencoba untuk menghubungkannya ke smartphone Android dan iOS. Proses pairing pun bisa dilakukan dengan cepat dan tanpa masalah.

Bowers & Wilkins PX juga tambah menarik dengan hadirnya dukungan sensor gerak. Sensornya ini cukup sensitif dan bisa mendeteksi pergerakkan dengan amat baik.

Saat dilepas dari kepala misalnya secara otomatis headphone ini akan masuk ke mode stand-by. Begitu juga sebaliknya akan otomatis aktif kembali saat terpasang di kepala. Angkat salah satu earcupnya Bowers & Wilkins PX juga akan segera menghentikan sementara musik yang sedang didengarkan.

Perlu dicatat Anda wajib mengunduh aplikasi B&W PX ke smartphone lewat PlayStore atau AppStore sebelum menggunakan headphone ini. Pasalnya, semua pengaturan penangkal bisingnya hanya bisa diatur lewat aplikasi. Selain itu lewat aplikasinya Anda juga bisa mengetahui persentase baterai dan melakukan pengaturan sensitivitas sensornya.

Kualitas suara dan fitur penangkal bising amat baik

Untuk menghasilkan suara B&W mengandalkan driver berukuran 40mm. Kualitas suaranya patut mendapat acungan jempol. Mendengarkan beragam genre lagu dari audiophile hingga dance electronic sangat mengasyikkan dengan headphone ini.

Saat memutar lagu jazz dari Joanno Dong yang berjudul Lullaby Nomad, suara vokal Joanna dan semua alat musik pengiring di latarnya bisa tersaji dengan sangat jelas dan detil. Secara keseluruhan B&W PX bisa menghasilkan suara yang detil dengan separasi suara yang amat baik, efek staging yang terasa juga cukup luas. Tidak hanya itu saja porsi gebukan bassnya pun tetap terasa pas dan bertenaga.

Lalu bagaimana dengan fitur penangkal bisingnya? Saat kami mencobanya, fitur penangkal bisingnya juga sangat baik. Semua suara bising dari luar bisa diblokir dengan sempurna. Untuk menyesuaikan kebutuhan ada 3 opsi penangkal bising yang diberikan B&W. 3 opsi ini diantaranya, City, Office, dan Flight.

Baterai tahan lama

Dikatakan Bowers & Wilkins, PX bisa digunakan hingga sekitar 22 jam jika fitur Bluetooth dan penangkal bisingnya diaktifkan. Jika hanya fitur penangkal bising saja yang diaktifkan dan terhubung lewat kabel baterainya bisa bertahan hingga 33 jam.

Dengan baterainya yang sangat tahan lama, menurut kami B&W PX juga ideal bagi pengguna yang gemar mendengarkan musik saat travelling. Apalagi, mode penangkal bisingnya juga tersedia opsi Flight yang sangat cocok untuk mendengarkan musik di pesawat.


Untuk isi ulang baterai, B&W PX mengusung konektivitas USB Type-C. Jadi Anda wajib membawa kabel USB-Type C agar bisa isi ulang baterainya saat berpergian.

Kesimpulan

Rasanya memang cukup sulit menemukan headphone seperti B&W PX di pasaran saat ini. Meski dari pengujian kami headphone ini agak kurang nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama, patut diakui B&W PX adalah satu paket headphone wireless yang nyaris sempurna dengan menawarkan kualitas suara jempolan, dilengkapi fitur penangkal bising yang sangat baik dan didukung daya tahan baterai yang tahan lama.

Headphone ini cocok untuk siapa saja yang ingin mendengarkan lagu secara lebih personal tanpa harus diganggu oleh suara bising dari lingkungan sekitar. Walau begitu, untuk membawanya pulang setidaknya Anda harus merogoh kocek sekitar 5,7 Juta Rupiah. Harga yang tergolong premium namun cukup sepadan dengan kualitas suara dan fitur yang ditawarkannya.

Yang Canggih
+ Kualitas suara dan fitur penangkal bising aktif sangat baik
+ Desain premiun
+ Rancangan sangat kokoh
+ Baterai tahan lama
+ Dilengkapi sensor gerak

Yang Kurang
– Kurang nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama

B&W PX adalah satu paket headphone wireless yang nyaris sempurna dengan menawarkan kualitas suara jempolan, dilengkapi fitur penangkal bising yang sangat baik dan didukung daya tahan baterai yang tahan lama.

Komentar

Beri komentar

Close