KomputerMonitorNewsVisual

VESA Rilis Standar DisplayHDR untuk Monitor dengan Dukungan HDR

Video Electronics Standards Association (VESA) mengumumkan sebuah standar baru untuk mengkategorikan perangkat dengan tampilan HDR. Dengan standar Display HDR yang terbagi menjadi beberapa kategori, produsen dapat menggunakannya sebagai acuan untuk membuat produk dengan tampilan yang mendukung HDR.

Walaupun belum tersedia secara massal karena harganya yang masih mahal, produk-produk monitor dan televisi yang telah mendukung HDR telah cukup banyak beredar di pasaran. Produk-produk dengan dukungan HDR yang dirilis oleh berbagai vendor tersebut belum menggunakan standar yang sama. Jadi, setiap vendor menggunakan asumsinya masing-masing untuk menghasilkan tampilan yang diklaim mendukung HDR.

VESA merilis standar DisplayHDR ke dalam 3 kategori. Yang pertama adalah DisplayHDR 400 yang mewajibkan layar untuk mencapai tingkat luminance maksimal hingga 400cdm. Yang kedua adalah DisplayHDR 600 yang mewajibkan layar untuk mencapai tingkat luminance maksimal hingga 600cdm. Yang terakhir adalah DisplayHDR 1000 yang merupakan standar tertinggi dengan tingkat luminance maksimal 1000cdm dan fitur local dimming.

Untuk standar DisplayHDR 1.0 ini, VESA akan berfokus pada produk-produk LCD yang memiliki pangsa pasar lebih dari 99% di industri komputer. Ke depannya, VESA juga akan merilis standar DisplayHDR untuk perangkat layar lain seperti OLED.

Komentar

Beri komentar

Close