Inilah Kelebihan dan Kekurangan Oppo F5, Smartphone dengan Kamera Depan Berteknologi A.I

Oppo F5 sudah resmi dijual di Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, kami sudah pernah mengulas secara lengkap berbagai fitur yang tersedia pada smartphone seharga Rp3.999.000 ini. Perlu kami garisbawahi, unit yang kami review sebelumnya adalah Oppo F5 dengan RAM 4 GB dan memori internal 32GB.svg%3ENah, untuk Anda yang belum sempat membaca review lengkapnya, berikut kami sajikan sedikit rangkuman dari artikel kami terkait kelebihan dan kekurangan Oppo F5:

Yang Canggih:

1. Kamera depan dengan hasil foto selfie di atas rata-rata

Sekadar mengingatkan, F5 adalah smartphone pertama Oppo yang kamera selfie-nya dibekali A.I Beauty Recognition. Ini adalah fitur yang secara cerdas akan akan mengenali jenis kulit, warna, jenis kelamin, usia, kondisi cahaya ketika memotret, serta memindai lebih dari 200 titik wajah dan mengenali setiap keunikan detail wajah.

svg%3E

Didukung sensor 20 megapixel, foto yang selfie yang dihasilkan tidak hanya tajam tetapi juga terlihat natural. Anda pun bisa menambahkan efek bokeh yang menawan melalui Portrait Mode. Untuk video pun kamera depan Oppo F5 juga mampu memberikan hasil rekaman yang baik di kondisi cahaya ideal.

Tak hanya kamera depan, hasil foto kamera belakang pun amat baik, bahkan di kondisi minim cahaya. Dan secara keseluruhan, kinerja kamera dari Oppo F5 tergolong gegas serta responsif.

2. Layar penuh 6 Inci 18:9 FHD+

Sektor layar adalah yang paling membedakan wujud Oppo F5 dibanding generasi sebelumnya. Berbekal teknologi layar full-screen 6 inci dengan aspect ratio 18:9, bagian depan Oppo F5 nyaris didominasi layar seluruhnya. Akan tetapi, karena bingkai layarnya yang tipis, layar 6 inci dengan rasio memanjang ini hanya membuatnya sedikit lebih panjang dibandingkan OPPO F3 dengan layar 5,5 inci.

svg%3E

Tampilan layarnya pun tajam berkat resolusi Full HD+ (1080 x 2160 pixel). Dengan layar ini, Anda akan disuguhkan visual yang lebih luas ketika menikmati berbagai konten seperti video atau game, dan lebih nyaman untuk mendukung multitasking dengan split-screen mode (membuka dua aplikasi sekaligus di satu layar).

3. ColorOS 3.2 dan Facial Unlock

Oppo F5 mengadopsi sistem operasi ColorOS 3.2 berbasis Android 7.1 Nougat yang tampil dengan desain lebih fresh dengan tetap menjaga kinerja yang gesit serta ringan. Tak hanya itu, Oppo juga menyediakan banyak fitur berguna seperti O-Share untuk mengirim file tanpa internet, Quiet Time, Clone Apps, hingga Kids Space.

svg%3E

Untuk fitur keamanan, Oppo F5 memiliki Facial Unlock yang sesuai namanya mampu memindai wajah penggunanya untuk membuka kunci. Sejauh pengujian kami, Facial Unlock dapat bekerja dengan cepat bahkan di kondisi cahaya temaram.

4. Game Acceleration sangat membantu ketika bermain game

Performa Oppo F5 didukung SoC MediaTek Helio P23 dengan prosesor octa-core 2.5 GHz dan GPU Mali-G71 MP2. RAM yang dibenamkan 4 GB. Kombinasi yang mencukupi untuk mendukung banyak kebutuhan, termasuk bermain game.

svg%3E

svg%3E

 

Nilai plusnya, Oppo membenamkan fitur bernama Game Acceleration (GA) yang membantu menjalankan game dengan lebih optimal. Contohnya Arena of Valor. Game MOBA populer ini bisa berjalan di 60 fps.

Bukan cuma untuk mendongkrak performa, GA juga memiliki fitur bernama No Disturbance khusus untuk Anda yang sering merasa terganggu oleh panggilan telepon. Sayangnya, untuk saat ini fitur-fitur di GA hanya bisa digunakan di beberapa judul game saja, seperti AOV, Clash of Clans, Temple Run 2, dan Candy Crush.

5. Ada slot microSD terpisah (bukan hybrid)

Mungkin ini bukan sesuatu yang baru. Namun di era sekarang, banyak sekali produsen yang menerapkan slot hybrid pada smartphone terbarunya. Untungnya Oppo F5 tidak demikian. Anda tetap bisa leluasa menyisipkan microSD tanpa harus mengorbankan slot SIM-card 2.

Yang Kurang:

1. Hasil video kamera utama standar

Beralih ke kekurangan dari Oppo F5, salah satu yang kami temukan adalah hasil video kamera utama yang masih tergolong standar. Anda tidak bisa merekam video dengan resolusi 4K seperti yang ditawarkan oleh F3 Plus.

Selain itu, opsi pengaturan kameranya juga terbatas. Tidak banyak yang bisa Anda utak-atik. Dan A.I. Beauty Recognition pun tidak selalu menghasilkan foto selfie yang diinginkan. Ada kalanya kecerdasan buatan ini gagal memberikan pengaturan yang optimal. Namun seiring berjalannya waktu, kami yakin Oppo akan terus meningkatkan A.I. Beauty.

2. Posisi speaker mudah tertutup tangan sendiri

svg%3E

Kami merasa terganggu dengan posisi speaker yang sering tertutup tangan kami sendiri, terutama jika memegang Oppo F5 dalam mode landscape. Jika Anda tak mau audio terganggu ketika bermain game atau menonton film, kami sarankan gunakan headset.

3. Kapasitas memori internal di bawah rata-rata

Di kelas harganya, harus diakui bahwa kapasitas memori internal dari Oppo F5 masih di bawah rata-rata. Hanya 32 GB. Beberapa smartphone pesaing (bahkan di harga yang lebih murah) sudah ada yang menawarkan memori internal 64 GB.

Itulah berbagai kelebihan dan kekurangan dari Oppo F5. Memang tidak ada smartphone yang sempurna bagi semua orang. Tapi jika kelebihannya terlihat menggiurkan dan kekurangannya menurut Anda bukan sesuatu yang krusial, tidak ada lagi alasan untuk ragu meminang Oppo F5, kan?

Verified by MonsterInsights