Review Asus X555QG, Laptop Entry-Level dengan APU AMD A10 untuk Kebutuhan Sehari-hari

svg%3E
3
Laptop terjangkau untuk kegiatan sehari-hari.

Kebanyakan dari pengguna yang mencari sebuah laptop umumnya ingin melakukan banyak hal dengan laptopnya, mulai dari bekerja hingga hiburan seperti bermain game. Untuk memenuhi seluruh kebutuhan tersebut, Anda harus dapat memilih laptop dengan spesifikasi yang tepat, terutama untuk laptop di kelas mainstream yang memiliki harga di bawah 10 jutaan.

Di kelas tersebut, umumnya laptop yang tersedia telah memiliki spesifikasi yang cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari seperti mengetik dokumen dan browsing, namun belum memadai untuk bermain game. Untuk mencari sebuah laptop dengan harga di bawah 10 jutaan yang mampu untuk diajak bekerja dan berman game, Anda perlu memilih laptop dengan tawaran spesifikasi yang tepat.

Di segmen harga di bawah 10 jutaan, AMD menyediakan solusi accelerated processing unit (APU) yang menggabungkan prosesor AMD dengan kartu grafis Radeon. Untuk bermain game, APU memiliki kinerja yang cukup lumayan untuk memainkan beberapa game yang populer. Salah satu laptop berbasis APU yang tersedia di pasaran adalah Asus X555QG yang akan kami ulas di artikel ini.

Desain Minimalis dengan Bodi Plastik

Asus X555QG masuk ke lini laptop kelas entry-level dan menengah. Secara desain, laptop ini memiliki desain yang biasa saja, cenderung minimalis seperti sebuah laptop pada umumnya. Jika Anda menyukai tampilan laptop yang minimalis dan tak menarik perhatian saat digunakan di tempat umum seperti kantor, kelas, kafe, atau tempat lainnya, mungkin Anda akan suka dengan desain laptop ini.

svg%3E

Asus X555QG menggunakan bahan plastik di seluruh bagiannya sehingga membuat bobotnya cukup ringan. Memiliki layar 15,6 inci, laptop ini memiliki bobot sekitar 2,2kg yang masih cukup oke untuk dibawa berpergian sehari-hari di dalam tas Anda. Namun material plastik yang digunakan sepertinya kurang begitu kokoh. Beberapa bagian yang cukup krusial seperti bagian belakang layar dan permukaan area keyboard terasa terlalu lentur. Anda perlu sedikit lebih berhati-hati jangan sampai laptop ini tertekan dengan tenaga yang berlebihan. Namun secara keseluruhan laptop ini masih terasa cukup kokoh untuk penggunaan dan dibawa berkegiatan sehari-hari.

Ketersediaan port pada laptop ini pun termasuk lengkap. Di sisi kiri dan kanannya, Asus X555QG menyediakan 2 port USB 3.0, 1 port VGA, 1 port HDMI, 1 port LAN, dan juga card reader. Sayangnya laptop ini tidak memiliki optical disc drive. Padahal ketebalan bodinya masih memadai untuk menyelipkan perangkat tersebut. Tapi ini bukan menjadi kekurangan yang berarti mengingat banyak juga laptop lain yang berukuran serupa juga sudah tidak dilengkapi dengan optical disc drive.

svg%3E

Dengan bodi 15,6 inci, Asus X555QG memiliki keyboard yang lega dan juga dilengkapi dengan tombol-tombol numpad. Ukuran tombol keyboardnya pun cukup besar dan cukup nyaman saat digunakan untuk mengetik. Hanya saja, material plastik yang digunakan di area keyboard cukup lentur sehingga memberikan kesan kurang kokoh.

Layar 15,6 Inci HD yang Glossy

Asus X555QG memiliki layar berukuran 15,6 inci yang sudah cukup nyaman digunakan untuk mengetik, menonton, dan juga bermain game. Tampilannya pun cukup oke walaupun warna dan tingkat kecerahannya bisa dibilang biasa saja. Resolusi maksimal layarnya yang cuma 1366 x 768 membuat tampilan desktop menjadi besar dan tentunya tidak setajam laptop lain yang memiliki layar berukuran sama tapi dengan resolusi Full HD.

Saat digunakan di dalam ruangan, layar milik Asus X555QG ini cukup nyaman digunakan karena memiliki tingkat brightness yang memadai. Namun saat diluar ruangan, tampilannya cukup sulit dilihat karena tingkat brightnessnya yang kurang walaupun telah berada di posisi maksimal. Apalagi layarnya juga merupakan layar glossy yang memantulkan cahaya dari sekitarnya.

svg%3E

AMD A10 9600P, Cukup Untuk Sehari-hari

Asus X555QG dibekali dengan APU AMD A10 9600P yang masuk dalam platform Bristol Ridge. Platform ini sebenarnya sudah cukup lawas karena saat ini AMD telah menghadirkan platform APU baru yaitu Raven Ridge yang berbasis Ryzen dan Vega. APU AMD A10 9600P memiliki prosesor quad core dengan kecepatan 2,4GHz. Selain itu, APU ini juga memiliki kartu grafis terintegrasi yaitu Radeon R5 sebanyak 6 compute units. Sebagai tambahan, terdapat juga kartu grafis AMD Radeon R6 M435DX yang bisa dikombinasikan dengan Radeon R5 dalam mode Hybrid Crossfire. Kemudian, Asus X555QG juga memiliki RAM DDR4 sebesar 4GB dalam konfigurasi single channel. Masih ada 1 slot RAM tambahan untuk Anda menambahkan RAM sendiri untuk meningkatkan kapasitas RAM atau mengaktifkan dual channelnya. Sedangkan untuk penyimpanan, laptop ini menggunakan hard disk 5400rpm dengan kapasitas 1TB.

Spesifikasi yang dimiliki oleh Asus X555QG ini rasanya terbilang standar. Kinerjanya cukup lumayan untuk kegiatan sehari-hari seperti mengetik, browsing, dan menonton video. Untuk menjalankan aplikasi berat seperti video editing, rasanya laptop ini cukup kewalahan karena arsitekturnya yang memang tidak bisa dibilang cepat di kelasnya. Untungnya untuk kebutuhan hiburan seperti menonton video dan bermain game, laptop ini cukup mumpuni. Video Full HD tentu dapat dijalankan dengan baik. Sedangkan untuk bermain game, kinerjanya cukup lumayan untuk menjalankan beberapa game yang masuk kategori ringan seperti Point Blank, CS:GO, Dota 2, dan sejenisnya. Namun untuk dapat bermain game-game tersebut dengan lancar Anda perlu menurunkan tingkat grafis dan resolusinya menjadi sedang atau rendah. Game-game yang lebih berat seperti Battlefield 1, GTA V, maupun The Witcher 3 rasanya tidak dapat dijalankan dengan baik pada laptop ini.

Untuk menopang penggunaanya saat di luar ruangan atau di perjalanan, Asus X555QG memiliki baterai sebesar 37WHr. Daya tahan baterainya juga biasa saja, mungkin termasuk rendah. Untuk penggunaan berbagai aplikasi standar sehari-hari, laptop ini bisa bertahan sekitar 2-3 jam. Kalau digunakan untuk bermain game, daya tahan baterainya turun menjadi sekitar 1 jam saja.

svg%3E

Gambaran kinerja Asus X555QG ini dapat Anda lihat pada hasil benchmark berikut ini.

Kesimpulan

Sebelum kemunculan APU AMD Ryzen generasi baru, APU AMD seri A dikenal sebagai solusi ekonomis untuk mendapatkan laptop dengan kinerja yang cukup oke. Dan APU AMD A10 9600P pada Asus X555QG ini mampu memberikan solusi tersebut. Kinerjanya cukup baik untuk kebutuhan pekerjaan sehari-hari, walaupun bukan termasuk yang terkencang dan terbaik di kelasnya. Untuk bermain game pun laptop ini sebenarnya cukup bisa diandalkan. Asalkan game-game yang Anda mainkan memiliki kebutuhan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Konfigurasi standarnya hanya menggunakan 1 keping RAM sehingga membuatnya beroperasi pada single channel. Untuk sedikit meningkatkan kinerjanya, kami merekomendasikan penambahan sekeping RAM lagi dengan kecepatan yang sama untuk mengaktifkan fungsi dual channelnya sehingga kinerjanya lebih baik.

Jadi, untuk siapa Asus X555QG ini? Jika Anda mencari sebuah laptop di rentang harga 6-7 jutaan untuk menunjang aktivitas sehari-hari untuk bekerja atau kuliah, Asus X555QG ini cukup dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Layar 15,6 inci juga cukup lega untuk menikmati berbagai konten hiburan di waktu senggang Anda. Sedangkan jika Anda lebih mementingkan kinerja grafis untuk bermain game, rasanya Asus X555QG kurang cocok. Walaupun kombinasi Radeon R5 dan Radeon R6 M435DX yang dimilikinya sudah dapat memainkan beberapa game, kinerjanya tergolong pas-pasan dengan frame-rate yang tidak terlalu tinggi pula.

Yang Canggih:
+ Layar 15,6 inci cukup lega untuk menikmati berbagai konten
+ Bodi cukup kokoh untuk dibawa sehari-hari
+ Kinerja cukup lumayan untuk kebutuhan aplikasi sehari-hari
+ Kapasitas RAM masih bisa diupgrade

Yang Kurang:
– Daya tahan baterai kurang
– Resolusi layar masih HD (1366 x 768)
– Layar glossy dan kurang cerah saat digunakan di luar ruangan
– Beberapa bagian bodi terasa agak ringkih
– Kurang mampu untuk menjalankan game-game berat
– Hard disk 5400rpm yang digunakan terasa lambat

[table]
Spesifikasi;”Asus X555QG”
Prosesor;”AMD A10 9600P”
RAM;”DDR4 4GB”
Penyimpanan;”HDD 1TB”
Kartu grafis;”AMD Radeon R5 + AMD Radeon R6 M435DX”
Layar;”15,6 inci 1366 x 768″
Konektitivitas;”1 x audio jack, 1 x VGA, 2 x USB 3.0, 1 x USB 2.0, 1 x LAN, 1 x HDMI, WiFi, Bluetooth”
Dimensi;”382 x 256 x 25,8mm”
Bobot;”2,2kg”
[/table]

svg%3E
Asus X555QG
Asus X555QG menawarkan harga yang terjangkau dengan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk aktivitas sehari-hari, walaupun kinerja grafisnya termasuk biasa saja.
3
Laptop terjangkau untuk kegiatan sehari-hari.