Quantcast
AndroidAplikasiGame Test

Game Test: Arena of Valor, Game MOBA Yang Seru, Seimbang, dan Banyak Hadiah

Rasanya bila kita bicara soal game mobile yang paling dikenal rakyat Indonesia, pasti nama AOV langsung terlontar. Bagaimana tidak? Hampir setiap hari pasti iklannya bisa ditemui di layar televisi. Akan tetapi, ada juga lho yang masih belum tahu; AOV itu apa sih?

001 edited
AOV terlihat indah meskipun menggunakan platform Android

AOV, atau nama aslinya adalah Arena of Valor, merupakan game mobile berjenis action, dan memiliki genre yang disebut dengan MOBA. Genre game ini sendiri merupakan singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena; game yang seperti namanya, hanya bisa dimainkan secara online atau harus memakai internet, dan bertarung dengan pemain lain dalam sebuah arena.

002 edited
Melalui AOV, kamu bisa main kapan saja dan di mana saja

Karena tingginya interaksi dengan pemain lain melalui pertarungan langsung, maka kami sarankan untuk menjaga anak berumur di bawah 12 tahun ketika bermain, terutama dari perkataan kotor pemain lain. Hal ini memang seringkali muncul pada game yang mementingkan prestasi kemenangan seperti AOV, baik dari lawan maupun kawan (ketika kamu tidak bermain dengan baik).

003 edited
AOV membutuhkan koneksi internet tanpa putus

Butuh Kekompakan Pemain

Permainan yang diusung oleh AOV pada dasarnya bergantung pada bagus tidaknya kekompakan pemain. Sebab, kamu akan bermain dalam sebuah tim berisi 3 hingga 5 pemain melawan tim lawan dengan jumlah yang sama. Bila kamu hanya mengandalkan kemampuan sendiri, maka jangan kaget bila musuhmu akan mengeroyokmu.

004 edited
Menu utama dirancang dengan apik, memudahkan navigasi

Memang, kerjasama tim merupakan elemen utama yang membuat game bertema MOBA menarik. Begitu juga dengan game ini, dengan cara menawarkan beberapa avatar untuk kamu mainkan dan setiapnya memiliki kekuatan dan kelemahan. Menurut kami, AOV berhasil memadankan semua kemampuan avatar tersebut dengan baik. Terbukti dengan begitu klopnya kemampuan avatar garis depan, avatar pemberi serangan, dan avatar support bila dimainkan dengan baik.

005 edited
Jangkauan serangan diperlihatkan dengan jelas, guna memudahkan pertarungan

Seperti apa sih contohnya permainan yang kompak di dalam AOV ini? Misalnya, pemain garis depan dengan pertahanan besar biasanya mampu memberi serangan yang menghentikan gerakan musuh selama beberapa detik; kemudian ketika musuh terdiam, pemain dengan serangan besar akan menghabisinya, dibantu dengan pemain support yang mempercepat serangan pemain satu tim di sekitarnya supaya musuh cepat tumbang.

006 edited
Efek visual serangan terlihat fantastis

Kemampuan Bermain Menentukan Kemenangan

Tidak seperti game petualangan, game bergenre MOBA lebih menekankan kemampuan pemainnya dibandingkan apapun. Karena, pada awal pertarungan semua pemainnya akan berada di titik sama, yaitu di level terendah. Setelah kamu berhasil mengalahkan musuh yang dikendalikan oleh komputer, atau disebut juga dengan Creep, atau mengalahkan avatar musuhmu, maka kamu akan semakin kuat.

007 edited
Arena pertarungan diisi pula dengan monster

Pertempuran pada game ini pada dasarnya berada di arena yang dibagi menjadi beberapa jalur. Melalui jalur itulah Creep milik timmu dan musuh akan selalu bergerak otomatis, dan akan muncul secara berkala. Setiap jalur akan dijaga oleh beberapa menara yang kuat, dan kamu perlu menghancurkannya untuk maju ke markas musuh.

008 edited
Banyak pilihan avatar untuk digunakan

Ketika kamu naik level, maka kamu akan mendapatkan kesempatan untuk memilih serangan spesial baru yang bisa digunakan, dengan cara menekan tombolnya di layar permainan. Kemampuanmu untuk menggunakan serangan itu pula yang memisahkan antara pemain pemula dan pemain profesional. Sebab, pemain ahli akan mampu memadankan serangan mereka dengan pemain satu tim di dekatnya, demi mendapatkan kemenangan.

009 edited
Setiap kemenangan memberimu hadiah uang untuk membeli avatar baru

Avatar Menentukan Gaya Bermainmu

Corak serangan yang dimiliki oleh setiap avatar di dalam AOV merupakan salah satu daya tariknya. Namun perlu diperhatikan pula bahwa tidak semua avatar mudah dimainkan. Artinya, beberapa avatar yang kuat membutuhkan trik khusus ketika menggunakan serangannya.

010 edited
Coba mainkan semua avatar untuk menemukan yang cocok denganmu

Itu sebabnya kamu dapat mencoba memainkan avatar tersebut sebelum membelinya. Bila kamu tidak klop dengan cara menggunakan avatar tersebut, terutama terhadap gaya bermainmu, maka jangan malas untuk mencari yang lain. Bisa jadi pula kamu bisa menemukan beberapa jenis avatar yang berbeda supaya kamu bisa fleksibel ketika bermain dengan pemain baru.

011 edited
Setiap avatar memiliki tingkat kesulitan memainkan yang beragam

Menurut kami, kebebasan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli pada AOV merupakan satu poin plus. Apalagi harga dari avatar pada game ini terbilang cukup besar, dan bisa jadi butuh waktu lama untuk menabung uangnya. Setelah kamu jatuh cinta dengan avatar pilihanmu, barulah kamu bisa mulai berbelanja premium untuk membeli kostum barunya!

012 edited
Beli kostum baru untuk mengubah bentuk avatarmu di arena pertempuran

Banyak Pilihan Ketika Bermain

Mode bermain yang disediakan oleh AOV juga tidak hanya terpaku pada bentuk klasik MOBA saja, yaitu arena berjalur tiga dengan pemain maksimal 5 lawan 5. Pada AOV, bisa ditemui pula permainan satu jalur yang lebih konfrontatif, serta mode pelatihan yang lengkap menunya, terutama untuk pemain baru supaya bisa cepat mempelajari permainan.

013 edited
Feature item management sangat membantu dalam permainan

Banyaknya pilihan ketika bermain juga bisa ditemui pada saat bertarung di arena. Selain jalur serangan langsung dari muka, kamu juga bisa menemukan jalur alternatif yang tersembunyi antara jalur utama. Metode serangan melalui jalur tersebut sangat cocok untuk menyergap musuh yang sedang sibuk melawan avatar anggota timmu dari belakang.

014 edited
Baru bermain? Latih dirimu di mode tutorial

Selain itu, kamu juga bisa menemukan monster di jalur alternatif tersebut. Selain memberikan uang dan poin experience untuk menaikkan level, kamu juga bisa menemukan monster yang kuat dan harus dilawan oleh semua anggota tim, serta memberikan hadiah yang sangat menarik. Kamu juga bisa menyergap musuh dengan cara bersembunyi di semak belukar yang menghiasi setiap sudut arena pertempuran.

015 edited
Mode ranked match akan menghitung rekor permainanmu, dan memberimu rangking

Hal lain yang sangat menarik adalah adanya sistem pembelian peralatan tempur yang mudah digunakan dan bersahabat. Peralatan tempur adalah alasan utama untuk mengumpulkan uang dengan cara mengalahkan Creep dan avatar lawan. Melaluinya, avatarmu akan semakin kuat. Game ini memberimu kebebasan untuk mengatur benda apa yang ingin dibeli sebelum bermain, dan nantinya urutan benda tersebut akan muncul di layar permainan dan dibeli dengan mudah, daripada harus membuka urutan benda yang mencapai puluhan buah dan membuang waktu.

Toko Premium: Bukan Untuk Menang

Kehadiran toko premium rasanya bukan hal yang asing lagi untuk game mobile. Bahkan bisa dikatakan keberadaan toko tersebut seperti sisi lain dari koin, pasti ada pada game mobile dan menjadi pemasukan utama untuk pihak pembuat game, karena transaksinya dilakukan dengan uang asli. Namun apakah toko online di AOV akan memengaruhi kemenangan seperti halnya game petualangan?

016 edited 1
Premium shop hanya membantumu membeli avatar, kostum, dan menggandakan experience

Keseimbangan permainan tentu saja menjadi pertimbangan yang sangat penting untuk game bertema MOBA seperti AOV. Untungnya, game ini hanya menjual tiket yang bisa digunakan untuk membeli avatar baru atau kostumnya. Jadi, tiket tersebut akan mempercepat dirimu mendapatkan avatar yang kamu incar.

017 edited 1
Karena AOV mengandalkan kemampuan bermain untuk menang, shop tidak mengganggu keseimbangan game

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, avatar yang mahal sekalipun bukan berarti akan lebih kuat. Sebab, semua tergantung dari kemampuan pemainnya. Namun satu hal yang pasti, avatar dengan harga mahal biasanya memiliki bentuk yang menarik dan menjadi prestise tersendiri untuk pemakainya.

018 edited 1
AOV secara periodik memberikan event menarik, seperti turnamen dan dapat pulsa HP

Apa Yang Perlu Diperhatikan Pemula

Pemain pemula tentunya akan kaget bila sebelumnya tidak pernah memainkan MOBA. Apalagi pada AOV, semua gerakan yang dilakukan oleh avatarmu adalah tanggung jawabmu (dan kelincahan jarimu). Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mulai memainkan AOV.

019 edited 1
Beragam hadiah menarik bisa didapat dengan mengejar penyelesaian misi

Pertama, selalu perhatikan peta kecil atau minimap yang ada di pojok kiri atas layar permainan. Minimap menunjukkan posisi semua avatar, baik kawan maupun lawan yang terlihat oleh unitmu, seperti oleh Creep, menara (tower), atau avatar timmu. Selalu perhatikan posisi lawanmu setiap saat, atau saat kawanmu meminta bantuan dengan mengirimkan sinyal. Bila ada avatar lawan yang hilang dari minimap dan dia belum kalah, bisa jadi dia sedang menuju ke arahmu dari samping!

020 edited 1
Banyak pilihan mode arena supaya kamu tidak bosan

Kemudian, sebisa mungkin pilih avatar yang melengkapi keseimbangan timmu. Hal ini biasanya sering terjadi ketika kamu bermain dengan tim yang pemainnya dipilih acak. Seringkali tim semacam ini akan egois dalam memilih avatar dan merusak keharmonisan tim. Itu sebabnya, paksa temanmu untuk memasang AOV supaya kamu punya tim yang solid.

021 edited
Bila kamu serius bermain AOV, tidak ada salahnya mengikuti Guild dan berteman dengan pemain lain

Terakhir, AOV adalah game yang membutuhkan waktu untuk dikuasai. Semakin sering kamu merasakan pertempuran dengan beragam bentuk tim musuh, maka semakin baik pula kamu menguasai perubahan di medan pertempuran. Jangan takut untuk kalah dan sebisa mungkin kalahlah pada arena yang bukan Ranked Match. Karena, kekalahanmu tidak akan dihitung ke dalam rekor dan anggota timmu juga tidak akan mencacimu ketika permainanmu buruk.

Yang Canggih:
+ Tidak pay-to-win
+ Pengendalian avatar sangat baik
+ Mudah dipelajari berkat mode tutorial
+ Banyak avatar dengan kemampuan yang berbeda
+ Sistem pembelian perangkat tempur di tengah pertempuran yang bersahabat
+ Tampilan grafisnya bagus dan jelas
+ Banyak event in-game yang menguntungkan pemainnya

Yang Kurang:
– Bentuknya mainstream MOBA, tidak banyak perbedaan
– Sangat bergantung pada kestabilan internet; pemain dengan internet tidak stabil bisa kacau gerakannya, putus di tengah permainan, dan mendapat penalti

Back to top button