Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Inilah 6 Fitur Kamera Depan yang Bikin Foto Selfie Anda Lebih Memukau

Smartphone dengan kamera selfie mumpuni sedang banyak diminati para pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak heran, beberapa produsen menyisipkan kategori smartphone selfie di antara deretan produk yang mereka tawarkan.

Meski begitu, kamera selfie yang bagus bukan soal megapixel besar dan sensor jenis apa yang digunakan. Ada banyak fitur pendukung yang bisa membuat kegiatan seflie menjadi lebih mudah dan hasil fotonya lebih memukau. Berikut 5 fitur tersebut:

Wide Angle

oppo f3 plus group selfie 1

Salah satu kesulitan untuk mendapatkan foto selfie dengan background yang luas adalah karena kamera yang dibenamkan memiliki sudut yang sempit. Masalah yang sama juga akan ditemui ketika ingin melakukan group selfie. Umumnya, pengguna mengakali masalah ini dengan memakai tongkat selfie (tongsis).

Bagi yang tak mau repot membawa tongsi selama bepergian, Anda harus mencari smartphone dengan kamera depan wide angle. Dengan sudut yang lebih lebar (biasanya 100 derajat ke atas), pemandangan di belakang Anda bisa tertangkap kamera. Saat group selfie pun semua orang bisa masuk dalam frame.

Saat ini sudah banyak smartphone yang memiliki kamera depan wide angle. Misalnya Asus ZenFone 4 Selfie Pro, Oppo F3 Plus, LG G6, dan yang lainnya.

A.I. Beauty Recognition

Banyak smartphone yang sudah membenamkan fitur beautification. Namun yang satu ini, A.I. Beauty Recognition, berbeda dan bisa dibilang cukup canggih.

Screenshot Chelsea on F5 TVC

Singkatnya, ini adalah kecerdasan buatan yang ditanamkan pada kamera depan, yang secara otomatis akan mengenali jenis kulit, warna, jenis kelamin, dan usia dari subyek foto. Tak hanya itu, A.I. Beauty Recognition pun mampu menganalisa kondisi cahaya serta memindai lebih dari 200 titik wajah.

Nantinya, kecerdasan buatan tersebut akan menentukan seperti apa pengaturan terbaik yang bakal membuat hasil foto selfie lebih natural. Untuk saat ini, A.I. Beauty Recognition baru tersedia di Oppo F5.

Efek bokeh

asus zenfone 4 selfie pro kamera selfie

Efek bokeh atau background blur belakangan semakin populer di kalangan pengguna smartphone setelah beberapa produsen merilis perangkat dengan dual-camera. Tidak hanya kamera belakang, kamera depan pun mendukung penggunaan efek bokeh untuk menciptakan foto selfie yang lebih memukau.

Biasanya fitur pembuat efek bokeh disebut Portrait Mode. Anda bisa menemukan fitur ini di Asus ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro. Tapi perlu digarisbawahi, ada pula smartphone yang mendukung Portrait Mode tanpa harus menghadirkan kamera selfie ganda, misalnya Oppo F5 dan Vivo V7 atau V7+.

HDR Mode

HDR Mode menjanjikan warna yang lebih kaya dan tampilan yang lebih cerah. Kontras antara warna gelap dengan warna terang juga lebih baik. Mode ini sesungguhnya bukan hal baru karena sudah lama tersedia di berbagai kamera smartphone. Tapi biasanya, HDR Mode hanya mendukung pemotretan dengan kamera belakang.

Vivo V7 4

Kini sudah ada beberapa smartphone yang memiliki kamera depan dengan HDR Mode untuk membantu menghasilkan foto selfie yang lebih baik dengan background yang tidak over exposure. Misalnya Oppo F5, Asus ZenFone 4 Selfie Pro, dan Vivo V7+.

Gesture control

Anda pasti sering mendapati hasil foto selfie yang tidak fokus karena tangan sering tidak stabil saat menggenggam smartphone, terutama ketika menekan tombol shutter. Sebagai solusinya, beberapa smartphone sudah menyediakan dukungan gesture control sehingga Anda bisa memotret dengan lebih praktis.

Contohnya, dengan fitur tersebut kamera akan otomatis memotret saat Anda tersenyum, melambaikan tangan, atau berkata “cheese”. Sisi lebih positifnya, fitur ini sudah banyak tersedia di sebagian besar smartphone yang ada di pasaran.

Flash

ZenFone 4 selfie

Lampu flash adalah senjata utama yang sangat berguna jika Anda ingin memotret di kondisi cahaya yang gelap. Namun untuk kamera depan, Anda harus pilih-pilih. Flash yang berlebihan justru akan membuat hasil foto selfie Anda terlalu terang dan tidak natural.

Karena resiko tersebut, para produsen mengembangkan lebih lanjut teknologi lampu flash untuk kamera depan agar hasil fotonya lebih baik. Misalnya Asus ZenFone 4 Selfie dan Selfie Pro dengan softlight LED flash yang menghasilkan cahaya dalam jumlah yang pas. Ada pula Oppo F5 dengan screen flash yang menjadikan layar sebagai penyedia cahaya.

Nah, itulah keenam fitur pendukung yang dapat membuat foto selfie Anda nampak lebih memuaskan. Memang sulit untuk mencari smartphone yang kamera depannya memiliki semua fitur tersebut. Tapi setidaknya, Anda bisa memilih fitur mana yang menurut Anda paling Anda butuhkan saat sedang selfie. Semoga artikel ini membantu, ya!

Back to top button