Tutorial Cara Menghapus Pesan Salah Kirim di WhatsApp

Saat Anda menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi sehari-hari, mungkin Anda pernah mengalami salah mengirimkan pesan, baik mengirim pesan ke orang yang salah, atau mengirim pesan yang mungkin kurang pantas.

Untungnya WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur baru menolong Anda yang sering salah berkirim pesan. Fitur unsend atau delete bisa menghapus pesan atau gambar yang Anda kirimkan sehingga penerima tidak dapat melihatnya lagi.

Fitur unsend atau delete pesan ini baru muncul pada update versi terbaru yang tersedia untuk Android dan iOS. Berikut ini adalah cara untuk membatalkan atau menghapus pesan yang salah kirim di WhatsApp.

1. Pastikan aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan telah diupdate ke versi yang terbaru.
2. Pilih pesan yang akan Anda hapus, kemudian tekan dan tahan.
3. Kemudian tekan tombol delete atau logo tempat sampah yang ada di bagian atas.

svg%3E

svg%3E
4. Di menu berikutnya Anda akan mendapatkan 2 opsi, “Delete for Me” dan “Delete for Everyone”. Pilih “Delete for Everyone”.

svg%3E
5. Pesan yang akan pilih tadi akan hilang dan diganti dengan tulisan “You deleted this messsage”.

Perlu diingat bahwa fitur untuk menghapus pesan ini tidak dapat digunakan untuk seluruh pesan yang telah Anda kirimkan. WhatsApp memberikan batas waktu maksimal 7 menit sejak Anda mengirimkan pesan tersebut agar pesan tersebut bisa dihapus kembali dan tidak dapat dibaca oleh si penerima. Jika telah lebih dari 7 menit, maka opsi yang muncul hanya “Delete for Me”.

Selain itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, setiap pesan yang dihapus akan diganti dengan tulisan “You deleted this message” dan “This message was deleted”. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebingungan saat ada pesan yang hilang, sekaligus menghindari penyalahgunaan fitur ini.