Inilah 7 Smartphone dengan Value Terbaik di Penghujung Tahun 2017

Menjelang akhir tahun 2017, sebagian besar produsen smartphone sudah meluncurkan produk-produk jagoannya di Indonesia. Kelas menengah menjadi area yang paling diminati oleh pengguna dan tentunya disambut baik oleh para produsen. Pasalnya, di kelas yang pasarnya besar ini pengguna bisa menikmati spesifikasi dan fitur canggih dengan harga yang cukup terjangkau.

Tapi karena begitu banyak brand dan tipe smartphone yang beredar, tak heran jika Anda sering merasa kesulitan dalam menentukan pilihan. Karena itu, untuk memudahkan Anda yang ingin membeli smartphone baru di penghujung tahun 2017 ini, berikut kami sajikan 7 smartphone dengan value terbaik yang bisa Anda dapatkan di Indonesia:

1. Xiaomi Mi A1

Xiaomi memang dikenal sebagai brand yang selalu menghadirkan produk dengan spesifikasi bagus di harga yang masuk akal. Sejak lolos TKDN, bendera mereka semakin berkibar di Indonesia.svg%3ESalah satu produk terbaru yang paling menarik adalah Mi A1, smartphone Android One hasil kerja sama dengan Google. Sekadar informasi, karena termasuk dalam proyek Android One, Mi A1 yang dibanderol Rp3.099.000 ini akan mendapatkan update OS murni langsung dari Google. Selain lebih ringan dan stabil, masa depan update OS-nya pun jelas lebih terjamin.

Fitur unggulan dari Mi A1 adalah kamera belakang ganda dengan konfigurasi 12 megapixel wide angle + 12 megapixel Telephoto yang mampu menciptakan foto dengan efek bokeh menawan. Soal hardware pendukung performa, smartphone berlayar 5,5 inci Full HD ini dibekali Snapdragon 625, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, dan baterai 3080 mAh.

2. Motorola Moto G5S Plus

Moto G5S Plus dirilis sehari lebih dulu dibanding Mi A1 di Indonesia. Harganya juga sangat menarik, hanya Rp2.999.000. Sedikit lebih terjangkau dari Mi A1 namun dengan penawaran yang tak kalah menggiurkan.

svg%3E

Salah satu fitur kerennya adalah dual-camera di belakang dengan dua buahsensor 13 megapixel f/2.0 yang terdiri dari sensor RGB (warna) dan sensor monokrom (hitam-putih). Dengan bantuan mode Depth Enabled, Anda bisa menciptakan foto dengan efek bokeh (background blur) yang menawan. Bahkan, Anda juga bisa memilih titik fokus setelah foto diambil maupun mengganti background dengan gambar lain.

Soal performa, smartphone berlayar 5,5 inci Full HD ini mengandalkan Snapdragon 625 octa-core dan RAM 4 GB. Memori internalnya 32 GB lengkap dengan slot microSD. Sistem keamanan didukung sensor sidik jari. Tapi yang membuatnya berbeda dari para pesaingnya di level harga setara adalah keberadaan NFC. Ya, bisa untuk cek saldo E-Money atau E-Toll.

3. Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi bersama Erafone belum lama ini menghadirkan varian terbaru dari Redmi Note 4. Bedanya dibanding yang sebelumnya, pengguna kini ditawarkan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dengan harga Rp2.599.000.

svg%3E

Penawaran yang cukup menarik di kelasnya karena Redmi Note 4 juga dibekali hardware mumpuni seperti Snapdragon 625 octa-core, layar 5,5 inci Full HD, kamera belakang 13 megapixel, kamera depan 5 megapixel, dan baterai yang besar yakni 4100 mAh.

4. Oppo F3 Plus

Oppo F3 Plus memang dibanderol lebih mahal dibanding beberapa smartphone di atas. Meski begitu, tentunya spesifikasi dan fitur yang disediakan pun lebih menarik. Apalagi, Oppo baru-baru ini memangkas harga F3 Plus di Indonesia menjadi Rp5.199.000 yang membuatnya memiliki value for money lebih baik.

svg%3E

svg%3E

 

Bagi yang belum tahu, Oppo F3 Plus menawarkan layar 6 inci Full HD, SoC Qualcomm Snapdragon 653 octa-core yang kencang, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, sensor sidik jari, dan baterai 4000 mAh dengan VOOC Flash Charging.

Fitur andalannya adalah kamera ganda di depan untuk mendukung selfie menawan, yang terdiri dari kamera 16 megapixel dengan sudut 80 derajat dan kamera 8 megapixel dengan sudut lebar 120 derajat untuk group selfie.

Yang lebih menarik, kamera belakang Oppo F3 Plus pun patut diperhitungkan. Oppo membenamkan sensor Sony IMX398 dengan teknologi Dual-PADF (Phase Detection Autofocus) yang diklaim 40 persen lebih cepat saat menentukan titik fokus. Selain itu, kamera dengan aperture f/1.7 ini juga didukung OIS+.

5. Asus ZenFone Zoom S

Bicara tentang smartphone dengan value terbaik, nama Asus jelas tidak boleh terlewatkan. Pada daftar kali ini, kami memilih ZenFone Zoom S yang harganya sudah turun menjadi Rp5.099.000 saja!svg%3ESoal spesifikasinya, ZenFone Zoom S dibekali layar 5,5 inci Full HD, Snapdragon 625 octa-core, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, serta baterai besar yang menggiurkan yakni 5000 mAh! Cocok untuk pengguna yang malas membawa power bank.

Untuk sektor fotografi, ZenFone Zoom S memiliki dual kamera 12 megapixel f/1.7 yang telah didukung OIS, Laser Focus, PDAF, dan Dual-LED flash. Kamera belakang ini bisa menciptakan foto dengan efek bokeh yang menawan. Salah satu kameranya juga memiliki optical zoom 2.3x untuk membidik foto dari jarak jauh.

6. Motorola Moto E4 Plus

Kembali dari keluarga Motorola, kami memilih Moto E4 Plus tampil menarik dengan baterai 5000 mAh di harga 2,3 juta rupiah. Meski baterainya besar, Moto E4 Plus tetap tampil dengan bodi yang ramping dan desain yang bagus.

svg%3E

Smartphone belayar 5,5 inci HD ini didukung SoC MediaTek MT6737 quad-core, RAM 3 GB, dan memori internal 32 GB. Fitur berguna lainnya adalah sensor sidik jari untuk menjaga privasi pengguna. Di sektor fotografi, Moto E4 Plus hadir dengan kamera belakang 13 megapixel f/2.0 dan kamera selfie 5 megapixel lengkap dengan lampu flash.

7. Asus ZenFone 4 Max Pro

svg%3E

Produk terakhir dalam daftar kami kembali datang dari Asus, yakni ZenFone 4 Max Pro. Dengan harga Rp2.999.000, Anda disajikan smartphone dengan baterai 5000 mAh yang sanggup menemani aktivitas hingga 2 hari, serta kamera belakang ganda yang terdiri dari sensor 16 megapixel untuk kamera utama dan sensor 5 megapixel untuk kamera keduanya. Untuk kamera kedua ini ASUS telah melengkapinya denga lensa sudut lebar hingga 120 derajat. Sementara untuk selfie, ada kamera 16 megapixel di depan.

Spesifikasi lainnya yang bisa Anda temukan adalah layar 5,5 inci HD, SoC Snapdragon 430, RAM 3 GB, memori internal 32 GB, dan pastikan sensor sidik jari. Perpaduan yang menurut kami menggiurkan jika melihat harga jualnya yang cukup terjangkau.

Nah, dari ketujuh smartphone di atas yang menurut kami memiliki value terbaik, manakah yang menjadi pilihan Anda? Tuliskan opini Anda di kolom komentar jika menurut Anda ada smartphone lainnya yang juga layak masuk dalam daftar.