Sony Xperia Hello: Robot Pintar yang Bisa Mendukung Panggilan Video

Sony menghadirkan Xperia Hello di negara asalnya, Jepang. Dikatakan Sony, Xperia Hello adalah sebuah robot pintar yang diciptakan untuk komunikasi.

svg%3E

Berbasis OS Android

Xperia Hello hadir dengan layar sentuh 4.55 inci yang resolusinya 1280 x 720 pixel. Diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 650, RAM 3GB dan memori internal 32GB, robot ini menjalankan sistem operasi racikan Sony yang berbasis pada OS Android.

Kepintarannya didukung oleh teknologi asisten virtual. Tapi, Sony tidak melengkapinya dengan asisten virtual seperti Alexa yang populer, Cortana ataupun Google Assistant. Speaker ini didukung dengan asisten virtual rancangan Sony Sendiri. Mengingat speaker ini hanya tersedia di Jepang, maka asisten virtualnya hanya bisa berkomunikasi dengan bahasa Jepang saja.

Berkat asisten virtualnya ini, Xperia Hello bisa berinteraksi dengan pengguna. Seperti misalnya, bisa diminta untuk memutar musik, menginfokan kondisi lalu lintas hingga melakukan panggilan. Dengan demikian robot ini bisa menjadi robot asisten pribadi di rumah Anda.

svg%3E

Lebih interaktif

Sony memang tidak sesumbar dengan klaimnya yang mengatakan Xperia Hello tidak hanya sekedar speaker pintar. Terbukti, banyak hal yang bisa dilakukan Xperia Hello tapi tidak bisa dilakukan oleh speaker pintar pada umumnya.

Hello dilengkapi dengan kamera berteknologi pendeteksi wajah yang mampu mengenali dan mengingat semua anggota keluarga Anda. Jadi, robot ini akan lebih interaktif karena mampu mengenali dan menyediakan informasi sesuai dengan lawan bicaranya.

Hello juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan video. Dengan dukungan kamera, layar, koneksi WiFi dan 7 buah mic terintegrasi, speaker ini mampu menangkap suara pengguna dari segala arah saat melakukan panggilan video via aplikasi LINE. Uniknya lagi, berkat hadirnya roda di bodinya speaker ini bisa berputar dan bergerak mengikuti pengguna.

Fitur lain, Sony Xperia Hello juga telah dilengkapi dengan speaker terintegrasi, Bluetooth, NFC, USB Type-C dan ditenagai baterai dengan kapasitas 2,300 mAH.

Sony Xperia Hello saat ini hanya tersedia di pasaran Jepang. Sony akan menjualnya di bulan November 2017 dengan harga US$1300. Belum ada info kapan produk ini akan tersedia secara global.