Microsoft Perkenalkan Browser Edge untuk Android dan iOS

Browser andalan Microsoft, Edge, akhirnya resmi diperkenalkan untuk platform Android dan iOS. Aplikasi Edge ini membawa berbagai fitur-fitur familiar seperti Favorites, Reading List, dan New Tab Page, dan Reading View untuk mengatur tampilan konten agar lebih mudah dibaca.

svg%3E

Selain itu, ada pula fitur khusus yang memudahkan pengguna browsing antar perangkat. Misalnya saat melihat website tertentu dari PC, pengguna bisa melanjutkannya di smartphone mereka. Password dan halaman-halaman favorit pun akan tersinkronisasi antar perangkat.

Yang lebih menarik, Edge versi Android dan iOS juga memiliki QR Code Reader, Voice Search untuk melakukan pencarian website dengan perintah suara, hingga mode InPrivate untuk menjaga privasi pengguna selama menulusuri berbagai website di dunia maya.

svg%3E

Microsoft menjelaskan bahwa Edge versi iOS menggunakan WebKit Engine yang disediakan iOS. Ini artinya, dari segi kompatibilitas, Microsoft Edge versi iOS sudah menyamai Safari. Sementara untuk versi Android, Microsoft menggunakan Blink Rendering Engine dari Chromium Browser Project.

svg%3E

Aplikasi Edge untuk iOS dan Android saat ini masih dalam tahap Preview dan hanya tersedia untuk Windows Insiders. Dalam beberapa waktu mendatang, Microsoft akan meluncurkannya secara global. Sedangkan untuk iPad dan tablet Android, menurut Microsoft saat ini masih belum tersedia.