Ataribox, Konsol Game Serba Bisa dengan Prosesor AMD

Produsen game dan perangkat game Atari berencana untuk kembali meluncurkan sebuah konsol game yang dinamai Ataribox. Bukan hanya sekedar sebuah konsol game, Ataribox juga memiliki kemampuan ekstra sebagai perangkat multimedia karena dibangun berdasarkan sebuah komputer.

svg%3E

Ataribox pertama kali diperkenalkan pada bulan Juni 2017 lalu. Perangkat konsol game ini dibangun dengan menggunakan sebuah prosesor AMD dan kartu grafis Radeon yang didesain khusus. Dengan menggunakan arsitektur mirip seperti sebuah komputer, maka selain bisa menjalankan game-game yang dibuat khusus, Ataribox juga bisa menjalankan game-game yang tersedia untuk platform komputer dan bisa mendukung layanan pihak ketiga seperti Steam. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan sebuah ekosistem game yang sangat lengkap melalui perangkat ini.

svg%3E

Ataribox juga akan dilengkapi dengan beragam port modern seperti komputer dan konsol game jaman sekarang. Konsol game ini akan memiliki sebuah port HDMI, 4 port USB, serta port LAN untuk koneksi kabel. Ataribox juga akan mendukung penggunakan kartu memori SD card yang digunakan untuk menyimpan game, foto, video, dan berbagai file lainnya. Konsol game ini akan menggunakan sistem operasi berbasis Linux yang telah dimodifikasi. Jadi, bukan cuma bermain game, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti browsing dan streaming pada perangkat ini.

Untuk mendukung peluncuran Ataribox, Atari akan melakukan kampanye crowdfunding di Indiegogo yang akan diluncurkan pada sekitar bulan Oktober atau bulan November 2017. Ataribox sendiri diperkirakan akan dijual dengan harga US$250-300 (sekitar 3,3 juta – 4,7 juta rupiah) dan akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2018 mendatang.