Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

Synology Rilis 6 NAS Baru untuk Kelas Entry-Level hingga Bisnis

Produsen perangkat penyimpanan data skala besar Synology baru-baru ini merilis lima perangkat NAS (network attached storage) terbarunya. Synology menghadirkan banyak varian NAS untuk menjangkau segala segmen, mulai dari entry-level hingga bisnis yang membutuhkan kapasitas tampung yang besar.

Synology DS3018xs: NAS untuk Kelas Bisnis Hingga 30 Hard Disk

Synology DS3018xs hadir ditujukan untuk pengguna di segmen bisnis. NAS ini merupakan NAS pertama Synology yang memiliki kapasitas 6 hard disk. Jika masih kurang, NAS ini bisa ditambah dengan menggunakan expansion kit untuk bisa menampung hingga 30 hard disk.

NAS ini ditenagai dengan prosesor dual-core Intel Pentium D1508 berkecepatan 2,2GHz yang memiliki fitur enkripsi AES-NI untuk menjamin keamanan data. Selain itu perangkat ini juga memiliki kapasitas RAM hingga 32GB dan memiliki 4 buah port LAN. Sebagai tambahan, Synology DS3018xs juga dilengkapi dengan sebuah port PCI-Express untuk memasang kartu LAN 10 gigabit atau SSD NMVe dengan menggunakan adaptor tambahan.

Tiga Tipe Baru di Kelas Menengah

Di kelas menengah, Synology merilis 3 tipe NAS baru yang masuk ke kelas Plus yang menyasar pengguna di kelas bisnis skala kecil hingga menengah yaitu DS918+, DS718+, dan DS218+. Ketiga NAS tersebut ditenagai oleh prosesor quad-core Intel Celeron dan juga dilengkapi dengan fitur AES-NI untuk mengenkripsi data.

Untuk kebutuhan hiburan, ketiga NAS ini juga telah memiliki dukungan on the fly transcoding engine sehingga perangkat ini bisa menjalankan video 4K dengan lancar. Selain itu, DS918+ dan DS718+ juga memiliki RAM yang bisa diupgrade masing-masing hingga 8GB dan 6GB untuk menghasilkan kinerja yang lebih cepat.

Entry-Level dengan Fitur Canggih

Terakhir di kelas entry-level, Synology menghadirkan DS418. NAS ini ditujukan untuk penggunaan di rumah maupun kantor skala kecil. Perangkat ini menggunakan prosesor quad-core 1,4GHz dengan RAM sebesar 2GB. NAS ini mampu menampung hingga 4 hard disk.

Walaupun diposisikan sebagai NAS entry-level, namun DS418 memiliki beberapa fitur yang canggih seperti dukugan 4K video transcoding untuk melakukan stream video hingga 4K dengan lancar dan 2 port LAN. Kinerjanya juga diklaim mumpuni dengan kecepatan baca hingga 226MB/s.

Seluruh NAS Synology yang baru diluncurkan tersebut akan menggunakan sistem operasi DiskStation Manager 6.1. Sistem operasi tersebut akan dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan mendukung Anda bukan hanya dalam menyimpan dan mengamankan data, tapi juga menambah kemampuan NAS dengan berbagai aplikasi tambahan.

Seluruh NAS Synology di atas akan dijual dengan harga sebagai berikut:

  • DS3018xs – £1298,18 (sekitar 23,3 juta rupiah)
  • DS918+ – £518,18 (sekitar 9,3 juta rupiah)
  • DS718+ – £414,55 (sekitar 7,4 juta rupiah)
  • DS218+ – £310,90 (sekitar 5,6 juta rupiah)
  • DS418 – £387,91 (sekitar 6,9 juta rupiah)
Back to top button