Review Samsung Galaxy J7 Pro: Smartphone Ramping dengan Kamera Oke dan Baterai Tahan Lama

svg%3E
4
Samsung Galaxy J7 Pro
Cek harga

Di segmen kelas menengah, Samsung mengandalkan seri J. Saat ini kita akan menemukan banyak varian mulai dari J3 hingga J7 yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan budget.

Samsung Galaxy J7 Pro berikut merupakan varian tertinggi di keluarga seri J saat ini. Ini ditandai dengan spesifikasi yang cukup menarik di kelas harga 3 jutaan rupiah. Salah satu kelebihan lain yang ingin ditonjolkan adalah kemampuan kameranya.

Desain Tipis dengan Bodi Aluminium

Samsung Galaxy J7 Pro memiliki bahasa desain yang sama dengan smartphone Samsung lainnya di kelas menengah yang hadir saat ini. Smartphone ini menggunakan material logam di bagian belakangnya sehingga membuatnya terlihat mewah dan cukup kokoh. Bagian belakangnya terdapat aksen garis melengkung dengan bahan di bagian atas dan bawahnya untuk antena smartphone ini.

Dengan bodi yang memiliki ketebalan hanya 7,9mm, bodi Samsung Galaxy J7 Pro terasa mudah digenggam tangan walaupun memiliki layar sebesar 5,5 inci. Bezel di sisi kiri kanannya juga cukup tipis.

Bagian depannya terdapat tombol home fisik yang juga berfungsi sebagai fingerprint scanner. Tombol ini diapit oleh dua tombol softkey yang sayangnya tidak dilengkapi lampu untuk membantu saat digunakan di ruangan yang gelap.

Smartphone ini memiliki dua slot berbeda untuk kartu SIM dan microSD. Slot pertama hanya berisi 1 slot nano SIM, sedangkan slot kedua berisi 1 slot nano SIM dan 1 slot microSD. Terdapat penanda untuk slot nano SIM sehingga Anda tidak akan terbalik saat memasang kartu SIM di slot SIM 1 atau SIM 2.

Layar 5,5 Inci Super AMOLED yang Cerah

Samsung Galaxy J7 Pro dibekali dengan layar lebar berukuran 5,5 inci. Layar ini menggunakan teknologi Super AMOLED dan mempunyai resolusi 1080 x 1920 pixel. Menggunakan Super AMOLED, tampilannya sangat cerah dengan saturasi warna yang sangat baik. Saat digunakan di luar ruangan pun layar ini masih mampu terlihat dengan nyaman karena tingkat kecerahannya bisa diatur secara otomatis.

Smartphone ini juga memiliki fitur Always-on Display. Fitur ini akan menampilan jam serta beberapa notifikasi dengan warna monokrom di layar pada saat layar dikunci.

Kamera Bagus untuk Berbagai Kondisi

Di bagian kamera, Samsung Galaxy J7 Pro memiliki kamera belakang 13 megapixel dengan lensa f/1.7 dan dilengkapi dengan LED flash. Sedangkan kamera depannya memiliki sensor 13 megapixel dengan lensa f/1.9.

Samsung menyediakan sejumlah mode pengambilan foto, seperto Pro, Panorama, Continuous Shot, HDR, Night, Sports, dan Sound & Shot. Mode Pro memungkinkan Anda untuk mengatur ISO, white balance, dan exposure compensation.

svg%3E

Selain mode foto, Samsung juga menyediakan beberapa filter efek warna dan stiker yang bisa diaplikasikan langsung saat Anda mengambil foto.

svg%3E

Hasil foto Samsung Galaxy J7 Pro ini termasuk baik. Dalam kondisi cahaya yang bagus, kameranya bisa menangkap gambar dengan tingkat kecerahan yang baik dan saturasi warna yang cukup tinggi. Kamera utamanya juga masih mampu menghasilkan foto yang baik dalam kondisi minim cahaya.

20170823_180234

20170823_180225

20170824_105049

20170824_135834

svg%3E

20170824_124726

Sedangkan untuk selfie, kamera depan Samsung Galaxy J7 Pro juga mampu menghasilkan foto dengan warna kulit yang natural. Bahkan pada kondisi cahaya yang agak sulit (seperti lampu sorot warna merah di contoh foto di bawah), Galaxy J7 Pro mampu menghasilkan foto yang baik. Sayangnya detail pada foto dengan kamera depan agak kurang, akibat pengurang noise yang cukup agresif “menghaluskan” wajah.

20170824_15503920170824_153117

Hasil foto lain dari kamera Galaxy J7 Pro juga bisa Anda lihat di akun Flickr resmi YangCanggih.com.

Kinerja Cukup untuk Sehari-hari

Samsung Galaxy J7 Pro menggunakan chipset Samsung Exynos 7870 octa-core berkecepatan 1,6GHz serta RAM sebesar 3GB. Kombinasi tersebut mampu menghadirkan kinerja yang cukup cepat untuk kebutuhan sehari-hari seperti menjalankan aplikasi messaging, social media, dan juga bermain game.

Smartphone ini bisa menjalankan aplikasi dengan cepat. Begitu juga saat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Perpindahan antar aplikasinya pun tergolong mulus tanpa ada jeda yang berarti. Kami juga mencobanya untuk memainkan beberapa game populer seperti Mobile Legends dan PES. Hasilnya, game dapat berjalan lancar dan mulus. Kualitas layarnya juga mendukung untuk menyajikan pengalaman bermain yang baik.

Untuk menyimpan berbagai aplikasi, foto, video, dan berbagai file lainnya, smartphone ini menyediakan memori internal sebesar 32GB. Kapasitas ini agak di bawah rata-rata ponsel lain di kelas harganya. Juga tersedia dukungan kartu microSD hingga 256GB untuk menambah kapasitasnya.

Untuk mengetahui kinerja dari Galaxy J7 Pro ini, kami pun menjalankan beberapa aplikasi benchmark yang hasilnya bisa Anda lihat di bawah ini:

Samsung Galaxy J7 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 3600 mAh yang termasuk besar. Baterai ini bisa menemani Anda beraktivitas sehari-hari mulai dari pagi hingga sore hari.

Kesimpulan

Samsung Galaxy J7 Pro ini dijual dengan harga Rp3.999.000. Di rentang harga tersebut, cukup banyak juga smartphone lain yang menawarkan kinerja, spesifikasi, dan desain yang tak kalah menarik.

Namun Galaxy J7 Pro menawarkan sejumlah keunggulan tersendiri. Yang pertama adalah tampilan layar besarnya yang sangat baik dan cerah, bodi berbahan logam yang membuatnya terlihat elegan, serta kinerja yang lumayan kencang.

Apalagi, smartphone ini juga memiliki kamera yang mampu menghasilkan foto yang bagus untuk merekam aktivitas Anda sehari-hari. Ditambah lagi, baterainya yang berkapasitas besar serta cukup irit membuat Galaxy J7 Pro bisa menemani Anda dalam beraktivitas.

Yang Canggih:

+ Desain elegan untuk kelas harganya
+ Kualitas layar baik dengan tingkat ketajaman dan kecerahan yang baik
+ Hasil foto bagus, lengkap dengan tambahan efek warna dan stiker
+ Fingerprint scanner responsif
+ Daya tahan baterai cukup lama
+ Kinerja cukup memadai untuk berbagai kebutuhan

Yang Kurang:

– Softkey tidak memiliki lampu
– Bodi belakang agak licin
– Besaran RAM dan memori internal masih di bawah pesaingnya

[table]
Spesifikasi;”Samsung Galaxy J7 Pro”
Chipset;”Samsung Exynos 7870 octa-core 1,6GHz”
Layar;”5,5 inci Super AMOLED 1080 x 1920 pixel”
RAM;”3GB”
Memori Internal;”32GB (ada slot microSD)”
Kamera;”Belakang: 13 megapixel f/1.7 dengan autofocus dan LED flash / Depan: 13 megapixel f/1.9″
Baterai;”3.600mAh”
Konektivitas;”4G LTE, WiFi dual-band, Bluetooth 4.1, GPS, micro USB 2.0″
Sistem operasi;”Android 7.0 Nougat”
Fitur;”Fingerprint scanner, Ultra Data Saving, one-handed mode, multi window”
Dimensi;”152,4 x 74,7 x 7,9mm”
Bobot;”181gr”
[/table]

svg%3E
Samsung Galaxy J7 Pro
Samsung Galaxy J7 Pro menawarkan bodi berbahan logam yang tipis dan elegan, dengan kamera berkualitas dan daya tahan baterai yang panjang.
4
Samsung Galaxy J7 Pro
Cek harga
Verified by MonsterInsights