Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review Wiko UPulse, Ponsel Android 2 Juta Rupiah dengan RAM 3GB & Sensor Sidik Jari



wiko upulse belakang
3.8
Android terjangkau dengan fingerprint & RAM 3GB
Cek Harga

Smartphone dengan harga terjangkau nggak mesti identik dengan spesifikasi yang seadanya. Itulah yang ingin dibuktikan Wiko saat merilis smartphone terbarunya, UPulse. Smartphone yang dijual seharga 2 juta kurang seribu rupiah ini merupakan salah satu ponsel Android dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB paling terjangkau di Indonesia saat ini.

Tidak hanya itu, Wiko UPulse juga telah dilengkapi OS Android 7.0 Nougat. Sesuatu yang masih jarang ditemukan di ponsel sekelasnya.

Ponsel dengan layar 5,5 inci HD

Untuk tampilan luar, Wiko UPulse tampil dengan gaya minimalis yang rapi. Tidak ada tombol fisik, sebagai gantinya UPulse memiliki tombol navigasi virtual di bagian bawah layarnya yang berukuran 5,5 inci. Kualitas tampilan dari layar 5,5 incinya juga cerah dan tajam dengan resolusi HD.

Walaupun cover belakang agak licin, UPulse termasuk cukup nyaman di genggaman. Menariknya, tutup belakang ini dapat dibuka untuk memasukkan kartu SIM dan kartu microSD. Jadi tidak perlu lagi mencari pembuka slot saat ingin berganti kartu SIM.

Di bagian belakang, Anda akan menemukan kamera dan sensor sidik jari. Selain berfungsi untuk membuka kunci layar, sensor sidik jari ini juga bisa digunakan sebagai tombol jepret saat memotret. Dari percobaan kami, sensor sidik jari UPulse memiliki respons yang cepat, baik saat membuka kunci layar ataupun merekam gambar.

Kamera oke untuk kelasnya

Untuk urusan foto memfoto, Wiko UPulse mengandalkan kamera utama 13 megapixel dan kamera depan 8 megapixel. Wiko tidak lupa membenamkan fitur fotografi menarik seperti Time Lapse, Panorama, Face Beauty, Live Portrait Blur dan Live Filters untuk menghasilkan foto keren sesuai keinginan.

Dalam kondisi cahaya yang ideal, kamera utamanya mampu menghasilkan foto yang baik. Tajam dengan warna yang cemerlang. Bahkan untuk memotret di dalam ruangan dengan cahaya yang cukup, kamera Wiko UPulse juga masih mampu menghasilkan foto dengan pengendalian noise yang cukup baik. Kinerja autofocus-nya tergolong cepat dan akurat, untuk kelasnya.

Wiko UPulseWiko UPulse
Wiko UPulse

Sedangkan di kondisi minim cahaya, hasil kamera utama UPulse masih cukup baik walaupun terlihat detail yang berkurang akibat noise di bagian shadow. Dengan adanya Night Mode, foto yang dihasilkan akan bisa lebih baik, dengan catatan tangan tetap stabil saat menjepret.

Wiko UPulseWiko UPulseWiko UPulse

Untuk kondisi minim cahaya atau kontras tinggi, Anda juga bisa menggunakan mode HDR yang cukup efektif seperti terlihat pada contoh foto berikut.

Wiko UPulseWiko UPulse

elite dragonfly yangcanggih 728

Secara keseluruhan, performa kameranya termasuk baik untuk ukuran ponsel di kelas harga 2 juta rupiah.

Spesifikasi di atas rata-rata

Dari sisi performa, Wiko UPulse ternyata cukup handal. Dibekali chipset MediaTek MT6737 dengan prosesor quad-core 1,3GHz serta RAM 3GB, performanya termasuk oke. Saat mencoba menavigasi menunya, kami tidak menemukan kendala. Semua aktivitas berjalan mulus, termasuk saat beralih antar aplikasi.

PCMark test result

Beralih ke game, kinerja Wiko UPulse masih tergolong baik. Game seperti PES 2017 dapat berjalan lumayan baik, walaupun ada jeda di sana sini. Untuk game yang berat dan membutuhkan spesifikasi tinggi seperti Injustice 2, ternyata tetap dapat dijalankan walaupun tidak mulus dan terlihat patah-patah saat dimainkan. Namun untuk game dengan grafis yang tidak terlalu kompleks, Wiko UPulse dapat menjalankannya dengan baik.

Untuk hiburan lain seperti menonton film, UPulse mampu memutar video Full HD dengan mulus. Suara dari speaker internalnya juga tergolong nyaring dan cukup jernih.

Tidak hanya melulu soal spesifikasi, Wiko UPulse ternyata memiliki beberapa fitur menarik yang berguna bagi pengguna. Misalnya, Anda bisa membuat screenshot satu halaman web yang panjangnya melebihi layar dengan mudah. Atau mengamankan berkas tertentu seperti foto atau video dengan Files Lock. Ada juga Phone Assist yang dapat memantau berbagai hal tentang UPulse seperti notifikasi, update, serta file yang tidak terpakai di ponsel.

Kesimpulan

Lalu bagaimana dengan daya tahannya? Dari pengujian kami, Wiko UPulse yang dilengkapi baterai 3000mAh ini mampu bertahan hingga sekitar 9 jam dengan pola penggunaan normal, mulai dari foto-foto, download aplikasi, browsing Internet dan bermain game secara berkala.

wiko upulse kotak penjualan

Mengandalkan spesifikasi di atas rata-rata untuk sebuah ponsel di kelas harga 2 juta rupiah, Wiko UPulse hadir sebagai pilihan yang menarik bagi pengguna yang mendambakan smartphone handal dengan deretan fitur terkini. Bahkan inilah smartphone dengan RAM 3GB dan sensor sidik jari yang paling terjangkau di Indonesia saat ini. Sensor sidik jarinya juga bukan hanya tambahan belaka, tapi benar-benar memiliki respons yang cepat.

Jadi bagi Anda yang mencari smartphone seharga 2 juta rupiah (kurang sedikit) dengan layar lega dan fitur di atas rata-rata, Wiko UPulse dapat menjadi pilihan.

Yang Canggih:
+ Desain menarik dan mudah dibuka tanpa alat
+ Android versi terbaru (7.0 Nougat)
+ Kualitas layar baik
+ Sensor sidik jari yang cepat dan berguna
+ Spesifikasi di atas rata-rata ponsel lain di kelas harganya
+ Hasil foto baik, di kondisi cahaya ideal
+ Fitur fotografi kreatif termasuk lengkap
+ Harga relatif terjangkau

Yang Kurang:
– Kurang bertenaga untuk game yang berat
– Daya tahan baterai sedikit di bawah rata-rata
– Kotoran mudah menyelip di cover belakang
– Noise mengurangi detail foto saat kondisi gelap

wiko upulse belakang
Review Wiko UPulse
Pilihan menarik di kelas 2 juta rupiah
3.8
Android terjangkau dengan fingerprint & RAM 3GB
Cek Harga
More Stories
BBAW03
BlackBerry App World 3.0: Lebih Segar dan Informatif