Acer Windows Mixed Reality Headset: Paling Ringan dan Dibekali Motion Controller

Headset Windows Mixed Reality (gabungan Virtual Reality dan Augmented Reality) mulai banyak ditemui di pasaran. Beberapa brand seperti Lenovo dan Asus sudah punya jagoannya sendiri. Meski begitu, perlu digarisbawahi bahwa Acer menjadi produsen pertama yang memperkenalkan headset Windows Mixed Reality kepada publik lewat ajang CES 2017 Januari lalu.

Ringan dan mudah digunakan

svg%3E

Headset Acer Windows Mixed Reality diklaim dapat digunakan dengan mudah dan cepat, tanpa perlu pengaturan yang rumit di sana-sini. Desainnya cukup keren dengan perpaduan warna biru dan hitam. Yang menarik, headset ini disebut-sebut paling ringan dengan berat hanya 350 gram sehingga lebih nyaman di kepala.

Soal spesifikasinya, Acer membenamkan dua buah layar dengan refresh rate 90Hz di kiri dan kanan yang masing-masing memiliki resolusi 1440 x 1440 pixel. Ketika headset digunakan, total resolusi yang akan dilihat oleh pengguna adalah 2880 x 1440 pixel.

svg%3E

Fitur Inside-Out Tracking

Bagian luar dari headset Acer Windows Mixed Reality memiliki dua buah kamera di kiri dan kanan. Meski begitu, kamera ini bukan digunakan untuk menampilkan tampilan di ruangan sekitar secara live di layar. Kedua kamera tersebut berfungsi sebagai positional tracking.

Headset Acer Windows Mixed Reality telah dilengkapi fitur Inside-out Tracking. Dengan fitur ini, perangkat dapat mendeteksi gerak tubuh dan suara pengguna tanpa harus memasang alat eksternal atau sensor tambahan. Headset ini juga memiliki microphone, lubang audio jack 3.5mm, port HDMI 2.0, dan USB 3.0. Untuk memudahkan pengendalian, pengguna akan dibekali sebuah motion controller.

Beberapa waktu yang lalu, Acer sempat memamerkan headset Windows Mixed Reality mereka di Indonesia. Harganya berada di angka US$299 atau sekitar 3,9 juta rupiah.

Verified by MonsterInsights