[IFA 2017] Lenovo Home Assistant: Jadikan Tablet Lenovo Tab 4 Tambah Pintar

Di CES 2017 yang berlangsung awal tahun ini, Lenovo menjawab tren speaker pintar dengan meluncurkan speaker pintar perdananya yang diberi nama Lenovo Smart Assistant.

svg%3E

Kini Lenovo Smart Assistant bukanlah satu-satunya speaker pintar dari Lenovo. Pasalnya, Lenovo telah resmi mengumumkan Lenovo Home Assistant.

Kabar baiknya, Lenovo Home Assistant nantinya akan dijual dengan harga yang lebih murah dari Lenovo Smart Assistant. Walau begitu, yang cukup disayangkan speaker ini hanya kompatibel dengan generasi tablet Lenovo Tab 4 yang diantaranya Lenovo Tab 4 8, Lenovo Tab 4 8 Plus, Lenovo Tab 4 10 dan Lenovo Tab 4 10 Plus.

svg%3E

Untuk menghasilkan suara Lenovo Home Assistant mengandalkan speaker berkekuatan 3 watt. Lenovo juga telah menyematkan 2 mic yang mendukung teknologi far-field voice detection sehingga Anda bisa mengendalikan speaker ini dengan perintah suara dari jarak jauh.

Seperti Lenovo Smart Assistant, Lenovo Home Assistant juga mendukung asisten virtual dari Amazon, Alexa. Bedanya, Lenovo Home Assistant tidak langsung terintegrasi dengan Alexa.

Artinya, untuk menikmati fitur asisten virtual Alexa pengguna wajib menyambungkan speaker ini ke tablet Lenovo Tab 4. Jadi perlu digarisbawahi meski masuk ke lini speaker pintar tanpa kehadiran tablet Lenovo Tab 4 speaker ini tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika berminat Lenovo Home Assistant akan dijual dengan harga US$80. Harganya ini jelas lebih terjangkau dari Lenovo Smart Assistant yang harga jualnya US$180.