Xiaomi Luncurkan Mi A1, Smartphone Android One Pertama dengan Kamera Ganda

Xiaomi baru saja meluncurkan smartphone terbarunya yang diberi nama Mi A1. Berbeda dengan perangkat mereka sebelumnya, Mi A1 adalah smartphone Android One pertama yang diluncurkan Xiaomi, hasil kerja sama langsung dengan Google.

Tanpa MIUIsvg%3EKarena ini merupakan bagian dari proyek Android One garapan Google, maka Mi A1 tidak akan mengadopsi MIUI, user interface andalan Xiaomi yang selalu dihadirkan di berbagai smartphone mereka.

 

Sistem operasinya adalah Android 7.1.2 Nougat murni, tanpa bloatware dan fitur-fitur tambahan dari produsen. Xiaomi memastikan bahwa pada akhir tahun nanti, Mi A1 akan langsung menerima update ke Android 8.0 Oreo. Bahkan di 2018, dijanjikan akan ada update ke Android P (yang saat ini belum diresmikan oleh Google).

Tidak seperti smartphone Android One lainnya, Xiaomi Mi A1 dibekali hardware yang bertenaga. Xiaomi membenamkan SoC Qualcomm Snapdragon 625 dengan prosesor octa-core yang ditemani RAM 4 GB. Memori internalnya pun cukup besar, yakni 64 GB lengkap dengan slot microSD. Layarnya sendiri berteknologi IPS dengan ukuran 5,5 inci Full HD.

Kamera belakang ganda

svg%3E

svg%3E

Tidak hanya di sektor hardware pendukung performa, Xiaomi juga mengubah image Android One yang dulunya dikenal sebagai smartphone murah dengan membenamkan kamera belakang ganda pada Mi A1.

Konfigurasinya adalah satu sensor 12 megapixel wide angle, serta satu sensor 12 megapixel lainnya dengan lensa Tele 2x zoom. Nantinya, melalui mode portrait pengguna bisa menciptakan foto dengan efek bokeh seperti pada Xiaomi Mi 6. Untuk kamera depannya, smartphone dengan baterai 3080 mAh ini menawarkan sensor 5 megapixel.

Siap masuk Indonesia

Xiaomi mengumumkan bahwa Mi A1 akan mulai dijual di India pada 12 September 2017 mendatang. Harganya tergolong menggiurkan jika melihat spesifikasi yang ditawarkan, yakni US$234 atau sekitar 3,1 juta rupiah. Kabar baiknya, selain di India Xiaomi memastikan Mi A1 juga akan rilis resmi di Indonesia. Meski begitu, belum ada informasi kapan tanggal peluncurannya.

[table]Spesifikasi;Xiaomi Mi A1
Layar;IPS 5,5 inci Full HD
SoC;Qualcomm Snapdragon 625 octa-core
RAM;4 GB
Memori internal;64 GB (ada slot microSD)
Kamera belakang; 12 megapixel wide angle + 12 megapixel Telephoto
Kamera depan;5 megapixel
Konektivitas;4G LTE (dual-SIM), Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, A-GPS, GLONASS, USB Type-C
Baterai;3080 mAh
Dimensi;155.4 x 75.8 x 7.3 mm (berat 165 gram)
[/table]