Review Canon EOS M5: Kamera Mirrorless Tercanggih Canon

4.5
Kamera mirrorless Canon tercanggih saat ini
Cek harga

Minat konsumen dengan kamera mirrorless secara perlahan tapi pasti terus bertambah. Melihat tren ini Canon melalui PT Datascrip dengan sigap menghadirkan Canon EOS M5. Dibandingkan Canon EOS M3 yang menjadi jagoannya di lini mirrorless sebelumnya, Canon EOS M5 tampil lebih menonjol dengan desain, fitur dan sederetan inovasi baru yang ditawarkannya. Ingin tahu lebih jauh kecanggihan kamera ini? Simak ulasan kami di artikel berikut..

Review Canon EOS M5: Kamera Mirrorless Tercanggih Canon 1

Desain yang sangat nyaman digunakan
Menempati kasta tertinggi di seri EOS M, M5 tampil menonjol dengan desain yang lebih segar. EOS M5 adalah kamera mirrorless perdana Canon yang disiapkan dengan desain paling ergonomis.

Berkat hadirnya hand grip berukuran yang cukup besar kamera ini menjadi sangat nyaman saat digunakan. Secara keseluruhan desainnya memang sekilas mirip dengan kamera DSLR, walau begitu EOS M5 masih tergolong ringan dan ringkas jadi masih ideal untuk menjadi teman liburan Anda.

Sejumlah tombol fisik pun bisa ditemukan di kamera ini. Semua tombol-tombolnya, termasuk tombol empat fungsi di samping layarnya sangat mudah untuk diakses. Ukurannya juga cukup besar dan terasa nyaman saat ditekan.

Layar sentuh fleksibel untuk permudah pengambilan gambar
Review Canon EOS M5: Kamera Mirrorless Tercanggih Canon 2

Di bagian belakang, EOS M5 membawa layar sentuh resolusi tinggi berukuran 3,2 inci. Respon layarnya dengan sentuhan jari amat baik. Saat memotret di kondisi pencahayaan yang terang layarnya juga masih terlihat dengan cukup jelas.

Untuk menyesuaikan gaya memotret pengguna, layar tersebut bisa ditekuk hingga 85 derajat ke atas maupun 180 derajat ke bawah untuk memberi kebebasan pengguna menghasilkan foto yang lebih variatif dan kreatif. Mengambil foto selfie, wefie, atau membuat vlog dengan kamera ini bisa dipastikan tidak akan menjadi masalah.

Layar ini juga telah dilengkapi dengan fungsi Touch & Drag AF yang amat berguna ketika sedang memotret maupun merekam video. Saat mengintip di jendela bidiknya, untuk memindahkan area yang mau difokus pengguna hanya perlu menggerakkan jari di layar LCD. Fitur ini dapat dengan mudah diaktifkan atau dimatikan lewat tombol khusus di bodi kamera.

Yang pertama dengan jendela bidik
Review Canon EOS M5: Kamera Mirrorless Tercanggih Canon 3

EOS M5 juga semakin memikat karena menjadi mirrorless pertama Canon yang dilengkapi dengan jendela bidik elektronik. Canon EOS M5 telah dilengkapi jendela bidik atau viewfinder elektronik (EVF) berteknologi OLED yang memiliki resolusi tinggi yakni 2,36 juta titik.

Bagi yang sudah terbiasa memotret dengan kamera DSLR, tidak bisa dimungkiri keberadaan viewfinder elektronik ini memang sangat berguna karena mampu memberikan pengalaman memotret yang sama seperti menggunakan viewfinder di DSLR.

Namun, yang disayangkan pada prakteknya viewfinder elektronik EOS M5 memang bukanlah yang terbaik di kelasnya. Saat digunakan kami masih menjumpai sedikit lag walau tidak terlalu menggangu. Kendati demikian secara keseluruhan kami cukup puas dengan kinerja viewfinder elektroniknya ini karena bisa menyajikan tampilan gambar yang jernih dengan warna yang cukup mendekati warna aslinya.

Kinerja autofokus cepat dan presisi
Sejak kemunculan EOS M3, Canon terus membuktikan keseriusannya di segmen mirrorless. Tidak heran EOS M5 membawa sejumlah pembaruan fitur yang membuatnya jauh lebih baik dari EOS M3. Salah satunya adalah pembaruan di sektor autofokus.

Dibandingkan EOS M3, EOS M5 menawarkan kinerja autofokus yang lebih prima berkat dukungan teknologi Dual Pixel CMOS AF yang juga digunakan di jajaran kamera DSLR kelas atas Canon. Di pencahayaan yang cukup autofokusnya kini terasa jauh lebih cepat dan akurat. Saat di kondisi pencahayaan yang agak temaram kemampuan autofokusnya memang akan terasa sedikit melambat namun tetap mampu mengunci fokus dengan akurat.

Untuk pertama kalinya juga dalam generasi EOS M, Canon EOS M5 turut dihadiahi teknologi predictive AF. Berkat teknologi ini Anda akan semakin dipermudah saat memotret subjek yang sedang bergerak karena autofokusnya mampu melacak dan mengunci fokus pada subyek dengan cepat.

IMG_0214

Kinerja autofokusnya yang cepat ini juga didukung dengan kemampuan memotret tanpa henti hingga 7fps dengan fokus yang terus mengejar atau hingga 9fps pada posisi fokus terkunci. Jadi Anda tidak perlu khawatir semua momen istimewa pasti akan dapat diabadikan dengan kamera ini.

Hasil foto amat memuaskan
Review Canon EOS M5: Kamera Mirrorless Tercanggih Canon 4
Canon EOS M5 merupakan kamera mirrorless perdana Canon yang hadir dengan sensor APS-C CMOS 24.2 megapixel dan dukungan prosesor DIGIC 7.

IMG_0203

IMG_0059

IMG_0339

IMG_0232

Saat digunakan memotret menggunakan lensa kitnya, kolaborasi sensor dan prosesor ini terbukti mampu menghadirkan kualitas foto yang tajam dengan warna yang amat baik. Kendali automatic white balance (AWB) dan noise di ISO tinggi pun sangat memuaskan. Memotret dengan ISO 6400 di kondisi yang minim cahaya EOS M5 juga masih tetap bisa diandalkan dengan hasil foto yang cukup tajam dengan kendali noise yang patut diacungi jempol.

ISO 6400
IMG_0143

Hasil foto Canon EOS M5 yang lain tanpa proses penyuntingan bisa dilihat di akun FLICKR resmi yangcanggih.com berikut ini

Fitur penstabil mumpuni untuk video
Review Canon EOS M5: Kamera Mirrorless Tercanggih Canon 5
Tidak hanya mumpuni untuk memotret, Canon EOS M5 juga bisa diandalkan untuk merekam video. Kamera ini bisa merekam video hingga resolusi Full HD 60p. Hasil rekam videonya pun tergolong memuaskan meski belum mendukung perekaman video di resolusi 4K. Kabar baiknya, EOS M5 telah dilengkapi dengan fitur penstabil 5 sumbu langsung di bodinya. Dipasangkan dengan lensa berfitur IS (Image Stabilizer) EOS M5 bisa menghasilkan rekaman video yang lebih stabil dan minim goyangan tangan saat merekam tanpa menggunakan bantuan tripod.

Konektivitas lengkap
Saat memotret dengan Canon EOS M5 Anda pun bisa segera membagikan hasil foto yang diambil ke sosial media tanpa perlu lagi bantuan PC atau laptop. Canon EOS M5 telah dilengkapi dengan konektivitas bluetooth dan bisa terhubung ke smartphone lewat koneksi Wi-Fi dan NFC. Sekali terhubung, pengguna dapat mengirim gambar dan video ke perangkat-perangkat tersebut dan mengunggahnya ke Canon Image Gateway, jejaring media sosial, atau layanan penyimpanan komputasi awan.

Kesimpulan
Muncul di rentang harga yang berada di kisaran 14 jutaan Rupiah patut diakui Canon EOS M5 saat ini harus bersaing ketat dengan kamera mirrorless dari vendor lain seperti Fujifilm XT-20 atau Sony Alpha A6300.

Walau begitu, kehadiran Canon EOS M5 setidaknya bisa menjadi bukti Canon tidak pernah melupakan segmen kamera mirrorless. Dengan segala kecanggihan yang ditawarkannya EOS M5 memang layak menyandang kamera mirrorless tercanggih Canon saat ini.

Desain yang lebih ergonomis, kinerja autofokus yang lebih cepat, dan hasil foto dan video yang memuaskan dengan dukungan fitur penstabil 5 axis adalah beberapa fitur yang menjadikan EOS M5 layak untuk dipertimbangkan.

Tapi, bila Anda sebelumnya sudah menggunakan kamera DSLR Canon namun ingin beralih ke kamera mirrorless atau menggunakan kamera mirrorless sebagai kamera cadangan, kami tidak ragu untuk merekomendasikan Canon EOS M5. Ini karena investasi lensa Canon yang sudah dimiliki sebelumnya tetap bisa digunakan di Canon EOS M5 melalui adapter tambahan.

Yang Canggih:
+ Hasil Foto dan Video memuaskan
+ Fitur penstabil 5 axis
+ Layar sentuh fleksibel
+ Kinerja autofokus cepat
+ Bodi sangat nyaman digenggam
+ Ada viewfinder elektronik
+ Kendali nosie di ISO tinggi cukup baik
+ Konektivitas lengkap

Yang kurang
– viewfinder elektronik kadang terasa lag
– belum mendukung video 4K
– koleksi lensa EOS M masih sedikit

4.5
Kamera mirrorless Canon tercanggih saat ini
Cek harga