Samsung Resmi Umumkan Galaxy Note8

Samsung akhirnya secara resmi mengumumkan kehadiran smartphone/phablet terbarunya, Galaxy Note8. Sesuai dengan bocoran yang sudah banyak beredar di dunia maya dalam beberapa pekan terakhir, Galaxy Note 8 hadir dengan kamera belakang ganda.

Dua sensor 12 megapixel

svg%3E

Galaxy Note8 bisa dibilang merupakan smartphone pertama Samsung yang menggunakan kamera belakang ganda. Konfigurasinya adalah satu sensor 12 megapixel dengan lensa wide f/1.7 dan satu sensor 12 megapixel lainnya dengan lensa tele f/2.4.

Yang menarik, kedua kamera tersebut memiliki fitur Optical Image Stabilization masing-masing. Sejauh ini belum ada smartphone berkamera belakang ganda dengan konfigurasi serupa lainnya, yang kedua kameranya dibekali OIS.

svg%3E

Selain itu, kamera belakang ganda Galaxy Note8 juga dibekali fitur Live Focus untuk membuat efek blur pada background foto. Nantinya, pengguna bisa mengatur efek blur tersebut saat akan mengambil gambar maupun pada saat foto sudah tersimpan di Gallery.

Sementara untuk yang gemar selfie, Samsung Galaxy Note8 menyediakan kamera depan 8 megapixel, lengkap dengan dukungan autofocus.

svg%3E

Infinity Display: kanvas besar untuk berkreasi

Samsung kembali mengedepankan teknologi Infinity Display yang menjadi andalan mereka di seri Galaxy S8. Dengan layar Super AMOLED berukuran layar 6,3 inci QHD+, Galaxy Note 8 menawarkan sebuah kanvas yang besar untuk menuangkan kreativitas penggunanya. Apalagi, tanpa adanya tombol Home fisik, bagian depan Galaxy Note 8 seolah hanya terdiri dari layar saja.svg%3EDikutip dari Fonearena, Kamis (24/8), kanvas besar ini didukung S Pen Stylus yang telah mengalami banyak peningkatan, contohnya soal sensitivitas tekanannya yang lebih baik, fitur S Pen Translate yang ditingkatkan untuk membantu terjemahan bahasa asing, serta screen off memo untuk membuat catatan saat kondisi layar mati.

Tidak hanya itu, Samsung juga membenamkan fitur Live Message untuk membuat dengan format GIF misalnya saat sedang merekam momen menulis atau menggambar di Galaxy Note8. Nantinya, file tersebut bisa dibagikan ke berbagai platform.

Performa kencang, RAM besar

svg%3ESama seperti produk flagship Samsung lainnya, Galaxy Note8 pun menjanjikan performa yang mumpuni. Samsung masih mengandalkan SoC Qualcomm Snapdragon 835 atau Exynos 8895 (tergantung pasar), yang kali ini ditemani RAM 6 GB. Memori internalnya mulai dari 64 GB dan memiliki slot microSD.

Smartphone dengan baterai 3300 mAh memiliki sertifikasi IP68 yang artinya tahan air. Selain itu, Samsung tetap membenamkan berbagai fitur keamanan canggih seperti yang mereka tawarkan melalui Galaxy S8, termasuk Iris Scanner.

Samsung Galaxy Note8 rencananya akan memulai tahap pre-order di Indonesia pada 8 September 2017 mendatang. Untuk saat ini Samsung belum memberi bocoran soal harga. Namun jika melihat banderolnya di Amerika Serikat, kemungkinan harga Galaxy Note8 berada di angka lebih dari 12 juta rupiah.

[table]Spesifikasi;Samsung Galaxy Note8
Layar;Infinity Display Super AMOLED 6,3 inci Quad HD+
SoC;Qualcomm Snapdragon 835 atau Exynos 8895
RAM;6 GB
Memori internal;64 GB hingga 256 GB
Kamera belakang;12 megapixel Dual-pixel f/1.7 wide (OIS) + 12 megapixel f/2.4 tele (OIS)
Kamera depan;8 megapixel (autofocus)
Konektivitas;4G LTE Cat.16, Wi-Fi 802.11ac MIMO, Bluetooth v5, NFC
Baterai;3300 mAh dengan fast charging dan wireless charging
Fitur;Iris Scanner, Sensor sidik jari, S Pen, Sertifikasi IP68
Dimensi;162.5 x 74.8 x 8.6mm (berat 195g)
[/table]