Nikon D850: DSLR Full Frame Pertama Nikon dengan Sensor BSI CMOS 45.7 Megapixel

Nikon kembali menggebrak industri kamera digital. Lewat produk teranyarnya, Nikon D850, pabrikan kamera asal negeri sakura ini mencoba menaikkan standar kamera DSLR ke tingkatan yang lebih tinggi. Berkat teknologi dan sederetan fitur canggih yang dimilikinya Nikon D850 diharapkan mampu menjawab kebutuhan para fotografer dan videografer kelas profesional.

svg%3E

Mirip Nikon D810 namun dengan layar fleksibel dan jendela bidik lebih baik
svg%3E
Nikon D850 disiapkan sebagai suksesor Nikon D810 yang diluncurkan 2014 lalu. Bodi keduanya memang terlihat masih mirip, namun ada sedikit sentuhan perbedaan.

Yang paling terlihat menonjol adalah hadirnya layar fleksibel yang berukuran 3.2 inci. Layarnya ini bisa ditekuk kebawah untuk mempermudah pengguna bereksperimen dengan sudut pengambilan gambar. Selain itu, layar tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur sentuhan untuk mempermudah navigasi.

svg%3E

Perbedaan lain kemudian bisa terlihat di knop yang di atas kiri bodinya. Knop Nikon D850 kini ditambahkan 4 tombol fisik untuk mempermudah pengguna mengakses pengaturan kamera yang sering digunakan.

Selain itu, jendela bidiknya juga mendapat sentuhan peningkatan. Dikatakan Nikon, dengan pembesaran hingga 0.75x jendela bidik optikal Nikon D850 adalah yang paling lebar cakupan sudut pandangnya dan yang paling terang diantara semua kamera DSLR Nikon.

Pertama dengan sensor full frame BSI CMOS 45.7 megapixel
svg%3E

Nikon D850 semakin menarik dengan sensor terbaru yang diusungnya. Kamera ini adalah DSLR pertama Nikon yang hadir dengan sensor full frame BSI-CMOS tanpa optical low pass filter yang didukung prosesor Nikon EXPEED 5.

Dengan mengusung sensor BSI CMOS Nikon D850 akan mampu menangkap jumlah cahaya lebih efisien. Artinya Nikon D850 bisa menghasilkan gambar dengan tingkat noise yang lebih rendah dan cakupan dynamic range yang lebih lebar. Pengaturan ISO yang ditawarkannya dari ISO 64-25600 (bisa diekspansi hingga ISO 32-102400).

svg%3E

Untuk memotret, Nikon D850 bisa menghasilkan foto di resolusi maksimum 45.7 megapixel. Di mode RAW tersedia 3 opsi hasil foto diantaranya Large 45.4 megapixel, Medium 25.6 megapixel dan small 11.4 megapixel.

Mumpuni untuk videografi
Di modus video, Nikon D850 mampu merekam video hingga resolusi 4K UHD 30 fps dan video Full HD gerak lambat hingga 120 fps. Ini menjadikannya lebih baik dari Nikon D810 yang hanya sanggup merekam video hingga resolusi Full HD 60 fps.

Modus videonya juga didukung sederetan fitur lain seperti misalnya focus peaking untuk mempermudah mencari fokus di mode manual fokus, 8K/4K Timelapse dengan dukungan intervalometer, fitur zebra stripe, output 4K HDMI tanpa kompresi, dan dukungan input/output headphone.

Autofokus dengan 153 titik yang sama dengan Nikon D5
Pembaruan selanjutnya kemudian bisa terlihat di sektor autofokus. Meminjam teknologi autofokus Nikon D5, Nikon D850 juga hadir dengan sistem autofokus Multi-CAM yang menawarkan kinerja aufokus 153 titik, termasuk 99 cross-type sensor. Sektor autofokusnya ini tentu saja meningkat sangat jauh dibandingkan Nikon D810 yang hanya menawarkan sistem autofokus 51 titik.

Andal untuk memtoret aksi-aksi cepat
Untuk memotret aksi-aksi cepat Nikon D850 bisa memotret tanpa henti hingga 7 frame per detik. Kecepatannya ini masih bisa ditingkatkan hingga 9 frame per detik dengan tambahan baterai grip.

Bahkan, jika Anda adalah fotografer pernikahan atau fotografer fauna di alam liar yang terkadang dituntut untuk memotret dengan tanpa suara, Nikon D850 juga telah dilengkapi fitur shutter elektronik. Dengan fitur ini Anda bisa memotret tanpa henti dengan hasil foto resolusi penuh di kecepatan 6 frame per detik atau 30 frame per detik di resolusi 8.6 megapixel tanpa menimbulkan suara.

Fitur lengkap
svg%3E

Sejumlah fitur kekinian yang bisa ditemukan di kamera DSLR kelas profesional juga bisa ditemukan di Nikon D850. Sebut saja seperti dukungan slot kartu memori ganda yang bisa disisipkan kartu memori berjenis XQD dan SD, tersedia mode focus stacking, bodi magnesium yang tahan cuaca, serta tersedia koneksi WiFi dan Bluetooth yang kompatibel dengan fitur Nikon Snapbridge.

Dengan semua kecanggihan yang ditawarkannya, Nikon D850 rencananya akan mulai tersedia di pasaran bulan September 2017 dengan harga jual US$3300.