HP Z VR Backpack: Workstation Pertama Dengan Wujud Backpack

Berkembangnya teknologi Virtual Reality (VR) mendorong munculnya beragam inovasi baru. Salah satunya adalah konsep PC dengan model Backpack atau tas punggung yang diciptakan khusus untuk para gamer yang ingin mulai terjun ke dunia gaming VR. Dengan mengusung desain tas punggung, para gamer diharapkan bisa lebih nyaman bermain game VR tanpa harus terganggu oleh kabel.

svg%3E

HP nampaknya melihat peluang lain di tren VR ini. Strategi baru pun dilancarkan guna menjawab tantangan tren VR kedepannya. Salah satu cara yang sudah disiapkan HP adalah mengumumkan kehadiran HP Z VR Backpack.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, HP tidak menghadirkan Z VR Backpack untuk para gamer. HP Z VR Backpack diposisikan sebagai workstation untuk membidik segmen bisnis yang membutuhkan VR sebagai pendukung kegiatannya seperti showroom otomotif, agensi perumahan, hingga militer. Jadi, tidak heran jika HP Z VR Backpack hadir dengan bodi yang tangguh sesuai standar militer Mil-Std-810G yang tahan air, debu, dan bantingan.

svg%3E

Sebagai workstation PC berbentuk backpack ini juga sangat bertenaga. Bahkan, spesifikasinya lebih bertenaga dari gaming backpack HP Omen X Compact yang diluncurkan HP beberapa bulan lalu.

svg%3E

HP Z VR Backpack ditenagai dengan prosesor Intel Core i7 generasi ketujuh yang disokong RAM hingga 32GB dan kinerja grafis yang dipercayakan pada Nvidia Quadro P5200 16GB GDDR5. Menurut klaim HP, kartu grafis Nvidia Quadro ini memiliki frame buffer yang 2 kali lebih cepat dibandingkan kartu grafis Nvidia GeForce GTX1080. Untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna, dalam paket pembeliannya juga telah dilengkapi dengan docking khusus agar HP Z VR Backpack bisa digunakan seperti desktop PC pada umumnya.

HP Z VR Backpack rencananya akan mulai tersedia di pasaran bulan September 2017 dengan harga jual mulai dari US$3299.