[Hands-On] Huawei E5673: MiFi 4G LTE Mungil dengan Baterai yang Bisa Diandalkan

Pilihan Mobile WiFi untuk mendukung koneksi internet sehari-hari semakin beragam. Huawei adalah salah satu produsen yang cukup rajin meluncurkan produk di kategori ini. Salah satu yang tersedia di Indonesia adalah Huawei E5673 MiFi 4G LTE. Penasaran seperti apa keunggulannya? Simak ulasan singkat kami:

Desain sederhana, mudah dibawa

svg%3E

Konsep desain yang ditampilkan oleh Huawei E5673 terbilang sangat sederhana. Tidak ada layar untuk menampilkan informasi maupun tombol-tombol ekstra. Yang ada hanyalah satu tombol utama untuk power serta tiga LED indikator di kiri, kanan, dan atas sebagai penanda kekuatan sinyal, baterai, dan SMS.

Lampu indikator untuk sinyal akan menyala hijau yang berarti jaringan kuat, kuning jika agak lemah, dan merah jika tidak ada sinyal. LED indikator baterai kurang lebih sama, hijau jika baterai masih memadai dan merah jika nyaris habis.

Tidak adanya layar di satu sisi merupakan kekurangan karena untuk mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan, mau tak mau harus lewat aplikasi di smartphone. Tapi di sisi lainnya, dengan fitur yang minim, baterai justru bisa lebih awet.

svg%3E

Mengusung material plastik, Huawei E5673 adalah sebuah perangkat yang cukup mungil, tipis, dan ringan. Sangat mudah Anda bawa ke manapun baik dimasukkan ke dalam saku atau di dalam tas. Walaupun didominasi warna putih (varian yang kami review), untungnya Huawei E5673 tidak mudah kotor.

Cover belakang MiFi LTE ini bisa dilepas untuk mengakses baterai dan menyisipkan SIM-card lewat selot yang tersedia. Tidak ada slot microSD yang artinya Anda tidak bisa memanfaatkannya untuk sharing file.

Tidak dikunci di satu operator

Huawei E5673 sudah mendukung LTE Cat4 dengan kecepatan download mencapai 150 Mbps dan upload 50 Mbps. MiFi LTE ini dapat terhubung ke 16 perangkat sekaligus, dengan jarak maksimal kurang lebih 10 meter. Uniknya lagi, Huawei E5673 juga bisa berfungsi sebagai WiFi Extender.

Paket penjualan Huawei E5673 sudah termasuk SIM-card Smartfren 4G LTE. Meski ditawarkan dalam bentuk bundling, Anda tetap bisa mengganti SIM-card ke operator lain yang Anda inginkan (unlock).

svg%3E

Tapi yang jelas, jika Anda tetap mengandalkan Smartfren sebagai penyedia layanan internet, setiap pembelian MiFi Huawei E5673 akan mendapatkan kuota internet hingga 45 GB selama setahun hanya dengan mengisi ulang pulsa minimal 60 ribu.

svg%3E

Baterai bisa diandalkan

Seperti disebutkan di atas, tanpa adanya fitur-fitur ekstra yang mungkin tidak selalu dibutuhkan pengguna, baterai 1500 mAh dapat membuat Huawei E5673 menyala cukup lama. Kami melakukan pengujian menggunakan SIM-card Smartfren 4G, dan menghubungkan MiFi ke satu smartphone.

Hasilnya, Huawei E5673 bisa diandalkan untuk internetan selama kurang lebih 7 hingga 8 jam. Daya tahan baterai yang cukup memuaskan untuk pemakaian kami yang tergolong aktif. Waktu standby-nya sendiri diklaim Huawei bisa mencapai 300 jam.

Kesimpulan

Huawei E5673 MiFi LTE adalah opsi yang menarik untuk Anda yang membutuhkan perangkat penyedia koneksi internet. Status unlock-nya menjadi nilai plus tersendiri, yang artinya Anda bisa memilih operator 4G LTE lainnya yang Anda suka. Sedikit kekurangannya, MiFi ini akan terasa lumayan panas saat aktif digunakan.

Dibanderol Rp549.000, Huawei E5673 cocok untuk Anda yang selalu mobile dan ingin selalu terhubung dengan internet kapan pun dan di manapun.

Yang Canggih:

+ Desain mungil dan ringan
+ Unlock (tidak dikunci di satu operator)
+ Mendukung berbagai operator 4G LTE di Indonesia
+ Baterai cukup awet
+ Bisa terhubung ke banyak perangkat sekaligus

Yang Kurang:

– Tidak ada layar untuk menampilkan informasi
– Suhu agak panas saat aktif digunakan