HTC Umumkan Vive Standalone, Headset VR Tanpa Kabel dengan Snapdragon 835

HTC baru-baru ini mengumumkan sebuah headset virtual reality anyarnya di ajang ChinaJoy Entertainment Expo. Disebut Vive Standalone, sesuai namanya headset tersebut adalah perangkat yang berdiri sendiri alias tidak butuh perangkat lainnya sebagai sumber konten seperti PC.

Tanpa kabel

svg%3E

Karena Vive Standalone dapat digunakan tanpa menuntut sambungan dari PC atau perangkat lainnya, pengguna tidak akan terganggu oleh kabel apapun dan lebih bebas bergerak. Hal itu juga berarti semua konten VR yang ditampilkan dijalankan langsung melalui hardware di headset.

svg%3E

Headset ini mengadopsi Viveport Platform garapan HTC sendiri, dan tidak bergantung pada Google Play Store. Performanya didukung SoC kelas premium andalan Qualcomm, Snapdragon 835.

Meluncur lebih dulu di China

Untuk sekarang memang belum banyak informasi yang bisa digali terkait HTC Vive Standalone. Spesifikasi lengkapnya, harganya, dan ketersediaannya secara global masih menjadi misteri. Yang pasti, di peluncuran awalnnya nanti, HTC Vive Standalone akan lebih dulu hadir di China secara ekslusif.

Seperti diketahui, sebelumnya HTC juga sudah memiliki headset VR berteknologi tinggi bernama Vive yang dikembangkan bersama Valve Corporation. Bedanya, HTC Vive harus tersambung ke PC yang dibekali dengan hardware bertenaga untuk dapat menjalankan konten VR seperti game secara mulus.