Quantcast
KomputerNewsSoftware

AMD Umumkan Teknologi Enhanced Sync

Di paket Driver AMD ReLive terbaru AMD menghadirkan satu teknologi baru bernama Enhanced Sync yang merupakan teknologi sinkronisasi frame rate.

enhance sync 1

Alternatif Vsync
Teknologi sinkronisasi frame rate memang bukan hal baru. Selama ini, Vsync (vertical synchronization) adalah satu-satunya opsi untuk meminimalkan screen tearing (ketidakmampuan refresh rate monitor menyesuaikan frame rate kartu grafis).

Vsync akan membantu menyesuaikan refresh rate GPU dengan kemampuan refresh rate monitor. Hasilnya, tampilan visual yang tersaji di layar akan terlihat lebih mulus sesuai dengan kemampuan refresh rate layar monitor.

Dengan demikian hadirnya Enhanced Sync diharapkan bisa menjadi alternatif dari Vsync untuk menyajikan pengalaman visual yang lebih mulus kepada gamer.

Cara kerja Enhanced Sync
Untuk menyajikan visual yang mulus Vysnc akan mengeliminasi screen tearing. Sementara Enhanced Sync punya cara kerja yang sedikit berbeda.

Di kasus monitor dengan kecepatan refresh rate tinggi misalnya, saat GPU dan kemampuan refresh rate monitor tidak sinkron Enhanced Sync akan melaksanakan tugasnya dengan cara mengurangi latensi dan gambar patah-patah. Dikatakan AMD, karena Enhanced Sync tidak akan menghilangkan screen tearing alhasil gamer bisa merasakan pengalaman gaming yang lebih responsif saat bermain game FPS. Perbandingannya bisa dilihat di video berikut

enhanced sync 3

Bisa digunakan di monitor apapun
Pengembangan teknologi sinkronisasi frame rate memang berlanjut dengan munculnya teknologi AMD FreeSync dan Nvidia G-Sync.

Namun, sayangnya teknologi ini baru bisa dinikmati dengan dukungan layar monitor khusus yang telah mendukung teknologi AMD FreeSync dan Nvidia G-Sync.

Inilah yang membuat Enhanced Sync sangat istimewa. Pasalnya, teknologi ini bisa kompatibel dengan layar monitor apapun. Artinya, gamer tidak perlu lagi merogoh kocek ekstra untuk membeli monitor dengan teknologi AMD FreeSync atau Nvidia G-Sync hanya untuk menikmati pengalaman visual yang lebih mulus saat bermain game.

Kendati demikian, gamer juga tidak perlu khawatir jika sudah memiliki layar monitor dengan teknologi AMD FreeSync. Pasalnya, teknologi Enhanced Sync bisa saling mendukung dengan teknologi AMD FreeSync untuk mengoptimalkan tampilan visual yang disajikan.

Artikel terkait

Back to top button