5 Tips dan Trik Oppo F3 yang Wajib Kamu Ketahui

Setiap smartphone memiliki beragam fitur atau fungsi menarik yang terkadang tidak diketahui oleh penggunanya. Oppo F3 pun demikian. Salah satu smartphone selfie terpopuler di Indonesia ini menyimpan banyak shortcut yang bila digunakan, kamu akan merasakan berbagai kemudahan dalam pemakaian sehari-hari.

svg%3E

 

Penasaran apa saja? Simak tips dan trik untuk memaksimalkan Oppo F3 berikut ini:

1. Mengambil screenshot dengan tiga jari

Tahukah kamu bahwa kamu bisa mengambil screenshot selain dengan menekan tombol power dan volume down bersamaan? Cara lain yang bisa kamu manfaatkan adalah menggunakan tiga jari. Lebih cepat, dan pastinya lebih mudah. Kamu hanya perlu menempelkan tiga jari, lalu melakukan gerakan sapuan ke bawah.

Untuk mengaktifkannya: Buka Settings, pilih Gesture & Motion, pilih Quick Gesture, lalu aktifkan Gesture Screenshot.

2. Menghemat baterai dengan low power mode

Baterai Oppo F3 memang lumayan besar, 3200 mAh, dan bisa untuk mendukung aktivitas seharian. Tapi saat baterai mau habis dan ternyata kamu masih harus melakukan panggilan telepon yang sangat penting, kamu bisa memanfaatkan fitur bernama Low Power Mode.

Cara mengaktifkannya: Buka Settings, pilih Battery, lalu nyalakan Low Power Mode. Perlu diketahui bahwa Low Power Mode akan mengurangi tingkat kecerahan layar, mempersingkat waktu auto lock layar, sekaligus mematikan fungsi GPS, WiFi, dan mobile network.

3. Blokir nomor yang tidak dikenal

svg%3E

Semua pengguna handphone pasti pernah mendapatkan panggilan atau SMS masuk dari nomor yang tidak dikenal. Terkadang ada yang sekadar iseng, tapi ada pula yang menawarkan sesuatu yang tidak kita butuhkan. Jika kamu termasuk yang merasa hal semacam ini sangat mengganggu, Oppo F3 memiliki fitur untuk memblokir nomor yang tidak dikenal.

Caranya: Buka Settings, pilih Call, pilih Block, lalu aktifkan semua opsi blokir yang ada.

svg%3E

 

4. Mengakses aplikasi dari kondisi layar mati

Oppo F3 dibekali fitur gesture yang memungkinkan kamu mengakses aplikasi langsung dari kondisi layar mati/terkunci. Fitur ini sangat bermanfaat misalnya ketika kamu ingin buru-buru menyalakan kamera untuk memotret momen berharga.

Cara mengaktifkannya: Buka Settings, pilih Gesture & Motion, pilih Screen-Off Gesture, lalu nyalakan dan pilih yang kamu butuhkan seperti Tap dua kali untuk menyalakan layar, menggambar O untuk membuka kamera, dan menggambar V untuk menyalakan senter. Kamu juga bisa menambahkan Screen-Off Gesture sesuai keinginan kamu sendiri, lho!

5. Tidak mau diganggu? Aktifkan mode Quiet Time

Jika kamu tidak mau diganggu saat sedang konsentrasi bekerja atau mengerjakan tugas kuliah (atau mungkin saat main games), kamu bisa mengandalkan fitur Quiet Time. Sekadar informasi, mode Quiet Time akan membuat Oppo F3 dalam kondisi silent tanpa getar, kecuali untuk hal-hal penting yang memang kamu izinkan.

Caranya: buka Settings, pilih No Disturb Mode, atur kapan mode Quiet Time akan otomatis aktif setiap harinya. Kamu juga bisa mengaktifkan mode ini secara manual.

Bagaimana? Mudah dan sangat berguna, kan? Jika masih bingung, kamu juga bisa menonton tutorial tips dan trik Oppo F3 di video kami berikut ini:

Verified by MonsterInsights