[Gadget Guide] Mau Beli Smartphone Anti Air? Baca Dulu Rekomendasi Kami Berikut ini!

Kamu tidak akan pernah tahu kapan smartphone-mu harus berurusan dengan air. Saat beraktivitas di luar rungan tiba-tiba turun hujan, tak sengaja tersiram minuman, atau mungkin smartphone jatuh ke area yang basah adalah beberapa skenario yang mungkin terjadi.

Resiko perangkat rusak bukanlah yang terburuk. Potensi kehilangan data-data pribadi yang penting jelas lebih disayangkan. Apalagi foto-foto dari momen-momen penting yang belum sempat kamu backup.

Untungnya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kamu memiliki opsi memilih smartphone dengan konsep anti air. Agar memudahkan saat belanja, berikut kami sajikan 8 smartphone anti air yang bisa kamu beli di Indonesia (secara resmi) saat ini.

1. Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+

kamera belakang samsung galaxy s8

Sejak Galaxy S7, Samsung selalu menyajikan smartphone kelas premium mereka dengan sertifikasi IP68. Pada Galaxy S8 dan Galaxy S8+ pun demikian. Artinya, duo smartphone dengan layar Infinity Display ini sanggup untuk bertahan di dalam air tawar sedalam 1,5 meter selama maksimal 30 menit.

Selain sertifikasi IP68, Galaxy S8 dan Galaxy S8+ sama-sama dibekali spesifikasi kelas atas. Simak keunggulan keduanya di artikel berikut ini. Bagi yang penasaran dengan review lengkapnya, klik tautan di sini!

2. Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus 6

Tak hanya Samsung, saingan berat mereka, Apple, juga turut meluncurkan smartphone andalannya lengkap dengan fitur anti air. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa sertifikasi yang dimiliki iPhone 7 dan iPhone 7 Plus berbeda dengan Galaxy S8, yakni IP67.

Tidak seperti IP68, IP67 ‘hanya’ diizinkan masuk ke dalam air maksimal sedalam 1 meter. Durasinya tetap sama, tidak lebih dari 30 menit. Tapi meski telah melalui berbagai pengujian, Apple menegaskan bahwa jika iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tenggelam di air, kamu disarankan tidak mengisi daya hingga 5 jam ke depan.

3. LG G6

LG G6 3

Smartphone lainnya yang juga anti air adalah LG G6. Berbekal sertifikasi IP68, sama seperti Galaxy S8, LG G6 mampu bertahan di dalam air sedalam 1,5 meter selama maksimal 30 menit.

ASUS vivobook s14 flip 728

Kerennya lagi, tidak hanya dibuat anti air, LG G6 juga telah mengantongi sertifikasi MIL-STD 810G yang didapat melalui pengujian ketahanan terhadap temperatur rendah dan tinggi, kelembaban, getaran, radiasi matahari, tekanan rendah, pasir, serta debu. Ingin tahu lebih jauh tentang smartphone dual-camera ini? Langsung saja klik di sini.

4. Samsung Galaxy A Series (2017)

samsung galaxy a7 2017 depan basah

Samsung menawarkan terobosan baru untuk lini produk kelas menengah mereka. Tiga Galaxy A Series (2017), yakni Galaxy A7 (2017), Galaxy A5 (2017), bahkan hingga yang termurah Galaxy A3 (2017) kini sudah didukung sertifikasi IP68 alias sama seperti Galaxy S8.

Dengan opsi yang beragam yang harganya mulai dari 4 juta hingga 6 juta rupiah, kamu bisa memiliki smartphone anti air sesuai dengan kebutuhan. Informasi lengkap terkait perbedaan ketiga smartphone tersebut bisa kamu akses di tautan berikut ini.

5. Moto Z dan Moto Z Play

Moto Z 1

Selain nama-nama di atas, Motorola juga memiliki smartphone yang dibekali perlindungan terhadap air, yakni Moto Z. Tapi berbeda dengan para pesaingnya, Moto Z didukung teknologi water-repellant coating, yang artinya hanya dijanjikan bertahan terhadap cipratan air.

Meski begitu, smartphone seharga 8 jutaan rupiah ini tetap terbilang menarik karena mengusung konsep modular dengan jajaran Moto Mods-nya. Jika kamu mencari opsi yang lebih terjangkau tanpa harus mengorbankan fungsi modularnya, kamu bisa memilih Moto Z Play yang dibanderol 5 jutaan saja.

6. Moto M

Moto M 3

Sama dengan Moto Z dan Moto Z Play, Moto M hadir dengan desain yang mengusung teknologi water-repellant coating. Saat menggunakan smartphone ini, kamu tidak perlu khawatir bila ada tetesan air yang membasahinya. Moto M juga hadir dengan desain yang cukup premium meskipun harganya hanya 4 juta saja.

Nah, bagaimana? Cukup terbantu dengan rekomendasi kami kali ini? Satu hal yang harus kami garisbawahi, walaupun sudah mengantongi sertifikasi IP68 sekalipun, bukan berarti semua vendor akan melindungi kamu dengan garansi penuh jika smartphone kamu ternyata rusak karena air. Kamu wajib memahami betul syarat dan ketentuan yang berlaku terkait fungsi anti air ini.

Tak hanya itu, kamu pun harus ingat bahwa anti air yang dimaksud adalah untuk air tawar saja, bukan terhadap semua jenis benda cair. Jangan coba-coba membawa salah satu smartphone di atas saat berenang di air laut, ya!