Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Qualcomm Snapdragon 450: SoC 14nm yang Mendukung Dual-Camera

Qualcomm kembali meluncurkan SoC generasi terbarunya yang diklaim lebih kencang dan lebih efisien dibanding pendahulunya. Menggunakan fabrikasi 14nm, SoC bernama Snapdragon 450 ini menjanjikan performa yang mumpuni untuk smartphone kelas menengah ke bawah.

8-core Cortex-A53

Qualcomm Snapdragon 450

 

Snapdragon 450 adalah chipset yang memiliki prosesor octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan 25 persen lebih tinggi dibanding pendahulunya, Snapdragon 435. Sektor grafis serta gaming juga mengalami peningkatan hingga 25 persen berkat penggunaan Adreno 506.

Tapi seperti disebutkan di atas, yang paling menjadi sorotan utama dari Snapdragon 450 adalah fabrikasi 14nm, yang sekaligus menjadi yang pertama di Snapdragon 4-series. Sekadar informasi, generasi sebelumnya yakni Snapdragon 435 masih menggunakan fabrikasi 28nm.

Hasil yang bisa dirasakan oleh penguna adalah lebih efisiennya konsumsi baterai hingga 30 persen ketika sedang bermain game. Bahkan, Qualcomm mengklaim secara keseluruhan daya tahan baterai smartphone bisa meningkat sampai 4 jam lebih lama. Tak ketinggalan, dukungan QuickCharge 3.0 pun tersedia.

Dukung sistem dual-camera

Selain soal performa dan efisiensi daya, Snapdragon 450 turut menawarkan peningkatan di sektor kamera. Smartphone dengan SoC ini nantinya bisa merekam video dengan resolusi 1080p di 60fps. Dukungan terhadap sistem dual-camera (13 megapixel + 13 megapixel) pun tersedia, plus efek bokeh secara real-time. Menarik melihat keberadaan fitur tersebut karena artinya, pengguna dapat berharap ada smartphone kamera ganda dengan harga lebih terjangkau di masa depan.

Qualcomm menjelaskan bahwa Snapdragon 450 dijadwalkan baru akan tersedia pada kuartal ketiga 2017. Sedangkan kehadiran smartphone yang sudah dibekali SoC anyar ini diprediksi akan meluncur pada akhir tahun nanti.

 

Back to top button