Microsoft Resmi Umumkan Xbox One X

Memanfaatkan ajang E3 2017 yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat, Microsoft mengumumkan kehadiran konsol game terbarunya yang diberi nama Xbox One X. Ya, konsol ini tak lain merupakan versi resmi dari Project Scorpio yang digadang-gadang Microsoft belakangan ini.

Lebih bertenaga dibanding PS4 Pro

svg%3E

Cukup banyak peningkatan yang terjadi pada sektor hardware dari Xbox One X. Dibanding dengan Xbox One versi standar, Xbox One X jauh lebih bertenaga. Bahkan, mampu melampaui konsol andalan Sony, PlayStation 4 Pro.

Menurut Microsoft, Xbox One X memiliki performa grafis 6 teraflops. Lebih tinggi dibanding PS4 Pro yang menawarkan performa grafis 4.2 teraflops. Microsoft menggunakan GPU custom yang berjalan di 1172 MHz. Kenaikan yang cukup signifikan dibanding Xbox One (853 MHz) dan lagi-lagi mengungguli PS4 Pro (911 MHz).

Yang lebih menarik, Microsoft menyisipkan Ultra HD Blu-ray Drive agar gamer Xbox One X bisa menikmati film 4K. Soal kapasitas ruang penyimpanan datanya, Xbox One S dibekali storage 1 TB.

svg%3E

Microsoft menjanjikan bahwa game-game dengan resolusi 900p dan 1080p yang dirilis untuk Xbox One sebelumnya nantinya bisa ditampilkan dalam resolusi 4K secara native di Xbox One X. Tidak hanya itu, game-game lama Xbox One dan Xbox 360 juga akan berjalan dengan frame rate yang jauh lebih mulus.

Xbox paling ramping

Menurut Microsoft, meski secara desain memang mirip dengan pendahulunya, Xbox One X adalah Xbox dengan bodi paling ramping yang pernah mereka buat. Tidak banyak perubahan yang ditampilkan, selain ukurannya yang lebih kecil.

Namun dalam bodi yang lebih ramping tersebut, Microsoft mengklaim konsol ini menggunakan sistem pendinginan liquid-cooled vapor-chamber, teknologi yang bisa ditemui pada kartu grafis papan atas seperti GTX 1080.

svg%3E

Xbox One X rencananya akan mulai dijual ke pasaran pada 7 November 2017 mendatang. Harganya? US$499 atau sekitar 6,6 juta rupiah. Microsoft menjanjikan akan ada banyak judul game ekslusif yang akan memaksimalkan kemampuan Xbox One X nantinya.