Panduan Belanja: Lenovo K6 Power atau Lenovo K6 Note, Mana yang Lebih Cocok?

Lenovo baru-baru ini meluncurkan dua smartphone sekaligus di Indonesia dalam waktu yang berdekatan. Tak lama berselang setelah K6 Power, Lenovo langsung memperkenalkan varian lainnya dari keluarga yang sama, yakni K6 Note.

Keduanya sama-sama ditujukan untuk pengguna yang gemar menikmati konten multimedia, sekaligus mendambakan smartphone dengan baterai besar yang bisa diandalkan. Tapi yang jelas, ada beberapa perbedaan antara Lenovo K6 Power dan K6 Note.

svg%3E
Lenovo K6 Power vs K6 Note

Agar tidak bingung memilih, simak dulu beberapa hal yang membedakan keduanya di bawah ini:

Ukuran layar

Sebagai sebuah smartphone untuk penikmat multimedia, Lenovo ingin memastikan layar yang dibenamkan pada K6 Power dan K6 Note sama-sama berkualitas tinggi. Nyatanya memang demikian. Kedua smartphone ini dibekali layar berteknologi IPS dengan resolusi Full HD alias 1920 x 1080 pixel. Penawaran yang menarik untuk sebuah smartphone 2 jutaan.

Jika K6 Power menggunakan layar berukuran 5 inci, K6 Note sedikit lebih besar, yakni 5,5 inci. Dengan layar yang lebih lapang, pengguna bisa browsing, menonton video, atau bermain game dengan lebih leluasa. Tapi tentunya, semua kembali kepada kebutuhan masing-masing pengguna.

Dimensi dan berat

svg%3E

Perbedaan ukuran layar tentunya juga membuat dimensi secara keseluruhan dari K6 Power dan K6 Note memiliki perbedaan. K6 Note jelas lebih lebar karena layarnya 5,5 inci. Tapi uniknya, K6 Power justru lebih tebal (9.3 mm) dibanding K6 Note (8.4 mm). Soal bobotnya, K6 Power beratnya 145 gram, sedangkan K6 Note sekitar 169 gram.

svg%3E

Sensor kamera belakang

Di sektor fotografi Lenovo juga membedakan sensor kamera belakang yang digunakan oleh kedua smartphone tersebut. K6 Note dibekali kamera 16 megapixel lengkap dengan Phase Detection Autofocus serta LED flash. Sementara K6 Power mengandalkan kamera 13 megapixel dengan autofocus (bukan PDAF) dan LED flash. Walaupun berbeda sensor kamera belakang, keduanya tetap mampu menyajikan kualitas tangkapan gambar yang cukup bagus untuk kelasnya.

svg%3E

Kapasitas RAM

Baik K6 Power maupun K6 Note sama-sama mengandalkan SoC Snapdragon 430 untuk mendukung performa. Memori internalnya pun sama, yakni 32 GB. Yang membedakan keduanya adalah kapasitas RAM. Jika K6 Power memiliki RAM 3 GB, K6 Note menawarkan kapasitas lebih besar yaitu 4 GB. RAM yang lebih besar tentunya menjanjikan kinerja yang lebih optimal untuk multitasking. Perlu dicatat juga, Lenovo K6 Note merupakan smartphone dengan RAM 4GB paling terjangkau yang masuk secara resmi ke Indonesia.

Harga beda 400 ribu rupiah

Perbedaan terakhir jelas soal harga. Keduanya memang sama-sama bermain di level 2 jutaan rupiah. Akan tetapi, Lenovo K6 Power dibanderol di angka Rp2.399.000, sementara Lenovo K6 Note bisa ditebus dengan dana Rp2.799.000.

Memang harga K6 Note lebih tinggi 400 ribu rupiah, tapi cukup sepadan mengingat Anda mendapatkan ukuran layar dan besaran RAM lebih besar, serta fitur yang cocok bagi pengguna dengan kebutuhan smartphone untuk hiburan yang mumpuni.

Jadi ponsel mana yang lebih cocok bagi Anda? Bagikan pendapatmu di kolom komentar.