Apple Umumkan watchOS 4 dengan Tiga Watchface Baru

Pengumuman lainnya dari Apple di ajang WWDC 2017 adalah terkait perangkat wearable. Bukan Apple Watch baru, melainkan update sistem operasi dari jam tangan pintar tersebut ke watchOS 4. Apa saja fitur barunya?

Tiga Watchface baru

svg%3E

Menurut Apple, watchOS 4 hadir dengan tiga watchface baru, antara lain Siri, Kaleidoscope, dan Toy Story. Watchface Siri sesuai namanya mampu mempelajari rutinitas penggunanya dan menampilkan informasi yang relevan dengan waktu dan lokasi si pengguna. Selain itu, Watchface ini juga mendukung notifikasi dari aplikasi pihak ketiga.

Sementara Kaleidoscope akan mengakses foto-foto dari perangkat si pengguna, lalu menampilkannya dengan efek yang menarik di Apple Watch. Yang terakhir, Toy Story, merupakan watchface dengan berbagai karakter dari film animasi populer tersebut, seperti Woody, Jessy, dan Buzz.

svg%3E

Peningkatan fitur fitness tracker

svg%3E

Salah satu fitur yang menjadi fokus utama Apple dalam mengembangkan watchOS 4 adalah soal fitness tracker, yang dalam hal ini, adalah aplikasi Workout. Tak hanya UI-nya yang lebih sederhana, pengguna kini bisa mengakses beberapa fungsi hanya dengan sekali tap. Tak ketinggalan, ketika digunakan untuk berenang watchOS 4 diklaim juga mampu mendeteksi setiap aktivitas dengan baik.

Ada pula peningkatan pada fitur Activity untuk mencatat setiap aktivitas sehari-hari. Nantinya, pengguna bisa mendapatkan Achievement jika sudah melakukan gerakan tertentu sesuai target. Bahkan, watchOS 4 disebut-sebut dapat integrasi dengan peralatan gym tertentu melalui NFC. Menurut Apple, integrasi ini akan membantu Apple Watch menyajikan informasi yang akurat.

 

Meluncur kuartal 3 2017

Update ke watchOS 4 memang menjanjikan banyak perubahan. Termasuk aplikasi musik yang kini didesain lebih baik untuk memudahkan pengaturan. Selain itu, watchOS 4 diklaim dapat menjalankan lebih banyak aplikasi di background.

Tapi para pengguna Apple Watch harus bersabar. Apple baru berencana melepas update watchOS4 pada musim gugur nanti, atau sekitar kuartal ketiga 2017.