Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Google Umumkan Android Go, Sistem Operasi untuk Perangkat dengan RAM 1 GB ke Bawah

Google I/O 2017 resmi digelar di California. Salah satu pengumuman menarik dari acara tersebut adalah kehadiran Android Go, sistem operasi yang didesain khusus untuk perangkat dengan RAM 1 GB ke bawah.

Versi ringan dari Android O

Android Logo

Seperti diketahui beberapa waktu yang lalu Google pernah meluncurkan proyek yang tujuannya kurang lebih sama, yakni Android One, yang diadopsi oleh smartphone-smartphone murah. Sayangnya, Android One tidak dilanjutkan lebih jauh.

Android Go adalah penerusnya, dan pada dasarnya, sistem operasi ini adalah versi yang lebih ringan dari Android O, sang penerus Nougat. Android Go disebut-sebut dapat berjalan mulus pada perangkat dengan RAM hanya 1 GB, atau bahkan 512 MB.

Yang lebih menarik, Android Go juga dibekali fitur untuk memantau pemakaian data serta Data Saver untuk menghemat kuota.

Optimalisasi aplikasi

Agar dapat memberikan pengalaman yang maksimal pada perangkat murah, Android Go nantinya juga akan ditemani berbagai aplikasi di Google Play Store yang memang dioptimalkan khusus untuk OS tersebut.

Salah satu contohnya adalah YouTube Go. Ketika aplikasi ini berjalan di OS Android Go, pengguna diberikan banyak fitur seperti melihat preview dari video, memilih resolusi, serta menawarkan untuk mengunduh video ketika terhubung ke WiFi dan bisa ditonton secara offline nantinya.

Google saat ini memang belum menjelaskan pasar di negara mana yang mereka ingin gapai lewat Android Go. Tapi yang pasti, perangkat berbasis Android Go rencananya akan meluncur pada 2018 mendatang.

Back to top button