[Hands-On] Alcatel Pixi 4 (6): Phablet Entry-Level Berlayar 6 Inci

Alcatel memang bukan nama baru di ranah ponsel, termasuk smartphone Android. Meski begitu, untuk pasar Indonesia Alcatel bisa dibilang belum sepopuler brand-brand pesaingnya.

Namun hal ini tidak menghalangi Alcatel untuk mencoba peruntungannya. Apalagi, pada Desember 2016 lalu, mereka secara resmi berkolaborasi dengan Erajaya untuk memperkuat jariangan distribusi dan penjualan di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, ada empat produk anyar yang diluncurkan pada saat itu. Salah satunya adalah Alcatel Pixi 4 (6), smartphone, atau mungkin lebih cocok disebut phablet, dengan layar lebar 6 inci.

Penasaran seperti apa? Simak ulasan singkat kami:

Penampilan bongsor

Sesungguhnya ada dua versi Alcatel Pixi 4 yang dibawa untuk pasar Indonesia. Selain versi 6 inci, ada pula versi dengan layar 5 inci. Namun yang akan kami bahas kali ini adalah versi yang paling besar.

Dengan layar 6 inci, sangat wajar jika Alcatel Pixi 4 (6) terasa lebar. Walaupun menurut kami masih lumayan nyaman digenggam, bisa jadi di tangan Anda akan terasa kebesaran dan sulit dioperasikan dengan satu tangan.

Alcatel masih menggunakan material plastik di seluruh bodi Pixi 4. Untungnya, kualitas rancang bangunnya cukup baik dan sama sekali tidak terkesan murahan untuk sebuah smartphone kelas entry-level.

Desainnya minimalis dengan sudut-sudut yang ergonomis. Ketebalannya 7,99 mm, tidak berlebihan. Dari segi bobot pun smartphone besar ini terbilang ringan. Lewat kombinasi tersebut, Alcatel Pixi 4 (6) masih tergolong phablet yang mudah dibawa.

svg%3E

Di bagian belakang, kamera yang ditanamkan terlihat menonjol keluar. Sementara di sisi kiri dan kanannya, Anda akan menemukan tombol power dan pengaturan volume, serta slot SIM-card (dual) maupun microSD.

Layar lebar, asyik buat menonton video

Layar merupakan nilai jual utama dari Alcatel Pixi 4 (6). Dengan ukuran 6 inci, Anda akan lebih puas menonton video. Sayangnya resolusi layar tersebut masih qHD (960 x 540 pixel), belum 720p.

svg%3E

svg%3E

Tapi untungnya, kami merasa resolusi qHD di layar 6 inci Pixi 4 tidak terlihat terlalu buruk. Kualitas gambar yang ditampilkan lumayan tajam dengan keluaran warna yang juga tidak mengecewakan. Bahkan, untuk penggunaan di bawah sinar matahari pun tetap nyaman.

Performa seadanya

Sebagai phablet entry-level, kami memang tidak berharap banyak pada performa dari Pixi 4 (6). Apalagi, hardware yang dibenamkan hanya MediaTek MT8321 quad-core berkecepatan 1.3 GHz dan RAM 1 GB, serta memori internal 8 GB.

Hasil pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark jelas tidak memunculka skor yang tinggi. Tapi yang patut digarisbawahi, kinerja Pixi 4 (6) cukup mulus untuk menjalankan aplikasi-aplikasi standar.

svg%3E

Urusan fotografi, Pixi 4 (6) dibekali kamera belakang 8 megapixel lengkap dengan autofocus dan lampu flash. Sementara di depan, ada sensor 5 megapixel yang juga sudah ditemani lampu flash untuk mendukung selfie di kondisi cahaya yang minim. Sementara soal baterai, Anda akan menemukan kapasitas 2580 mAh yang cukup untuk aktivitasi seharian.

Kesimpulan

Di awal kerja samanya dengan Erajaya, Alcatel belum meluncurkan produk-produk andalannya yang termasuk dalam kelas menengah ke atas. Dengan masih tersandung TKDN dan mengharuskan mereka menjual ponsel dengan jaringan maksimal 3G, nampaknya hal itu bisa dimaklumi.

svg%3E

Tapi harus diakui, walaupun belum mendukung 4G LTE Pixi 4 (6) adalah perangkat yang lumayan menarik. Layar 6 inci dan harga yang kompetitif menjadi keunggulan utamanya yang jarang ditemui di jajaran produk brand lainnya.

Dibanderol Rp1.299.000, Alcatel Pixi 4 (6) cocok untuk Anda yang mencari phablet berlayar besar dengan harga terjangkau untuk mendukung kebutuhan dasar dan hiburan standar sehari-hari.

Verified by MonsterInsights