[Hands-on] Sennheiser HE 1: Merasakan Kesempurnaan Suara dari Sistem Audio Mewah Seharga 792.000.000 Rupiah

Menyasar segmen audiophile di Indonesia, Sennheiser secara resmi memboyong sistem audio mewah teranyarnya yaitu Sennheiser HE 1 ke pasar Indonesia. Nah, dalam rangka tur Sennheiser HE 1 di Asia Tenggara kami pun mendapat kehormatan untuk mencicipi secara langsung sistem audio yang dibanderol dengan harga fantastis ini.

Desain mewah
sennheiser HE 1 1

Perlu diketahui Sennheiser HE 1 dijual satu paket langsung dengan headphone dan amplinya. Ini karena semua elemen dalam satu sistem audio Sennheiser HE 1 telah diracik untuk menghasilkan output suara yang sempurna.

Kesan mewah sangat terlihat saat pertama kali berjumpa dengannya. Sennheiser HE 1 bagi kami bagaikan sebuah karya seni mutakhir dalam dunia audio.

sennheiser HE 1 2

Amplinya yang bertugas untuk mendongkrak performa suaranya hadir dengan desain yang sangat cantik. Deretan tabung vakum bisa ditemukan di bagian atas amplinya yang hadir dengan material marmer Carrara. Marmer kokoh yang berasal dari Italia ini sama seperti yang digunakan Michaelangelo untuk membuat setiap patung pahatannya.

Material marmer dipilih karena tidak hanya indah secara estetika desain tapi juga mampu melindungi semua komponen di dalamnya dan mencegah kebisingan yang bisa menimbulkan distorsi suara.

Desainnya pun semakin indah dengan hadirnya sederetan control dial berkualitas tingg di bagian depan. Setiap dial tersebut terdiri dari satu bagian kuningan sebelum dilapisi oleh krom.

sennheiser HE 1 9

Uniknya, dalam posisi off semua tombol dial dan tabung vakumnya akan masuk rata dengan bodi. Kotak pelindung headphonenya juga akan tertutup. Tekan tombol on/off pada volume control secara otomatis semua komponennya akan hidup. Elemen tabung di bagian atas amplinya akan naik secara perlahan dan bersinar. Tombol dial di bagian depannya pun perlahan akan muncul dan penutup kaca yang melindungi headphonenya juga akan naik secara perlahan. Sungguh memberikan pengalaman yang sangat memanjakan mata.

sennheiser HE 1 6

sennheiser HE 1 8

Beralih ke bagian headphone, Sennheiser HE 1 hadir dengan material alumunium yang kokoh. Earpadnya terbuat dari busa yang sangat lembut berlapis material kulit asli. Saat mencobanya, headphone ini memang terasa sangat nyaman sekali di telinga.

ASUS vivobook s14 flip 728

sennheiser HE 1 7

Teknologi canggih demi reproduksi suara yang presisi
Satu sistem Sennheiser HE 1 ini tersusun lebih dari 6000 komponen. Amplinya hadir dengan menggabungkan ampli tabung dan ampli transistor. Ampli dengan teknologi baru ini mampu menghasilkan suara yang sangat jernih dengan tingkat distorsi yang sangat rendah.

sennheiser HE 1 3

Untuk konversi dari digital ke analog, amplinya bisa menerima input sinyal digital lewat SPDIF optical dan coaxial atau USB. Ampli ini juga bisa menerima data dengan format PSM dan DSD resolusi tinggi.

Data musik tersebut dikonversi ke sinyal analog menggunakan 8 DAC internal dari ESS SABRE ES9018. Secara paralel, 4 DAC terpasang di kanal suara kiri dan 4 DAC terpasang di kanal suara kanan. Dengan demikian suara yang dihasilkan akan lebih akurat dan mampu mengurangi distorsi serta tingkat kebisingan.

sennheiser HE 1 5

Tidak kalah dengan amplinya, headphone Sennheiser HE 1 juga hadir dengan teknologi kelas wahid. Headphonenya mengusung teknologi elektrosatik dengan dukungan teknologi ampli Cool Class A MOSFET ( metal-oxide-semiconductor field-effect transistor) terintegrasi di ear cup.

Produksi suara Orpheus dihasilkan melalui dua transducer keramik berlapis emas yang di tempatkan di antara rongga berlapis platinum yang hanya setebal 2.4 mikrometer. Headphone ini juga didukung dengan kabel OFC 99% berlapis perak yang mampu memberikan daya hantar listrik yang lebih optimal.

Hasilnya? Sennheiser HE 1 memang mampu menghasilkan suara yang sangat menakjubkan. Di sesi demo yang kami ikuti, suara yang dihasilkan sistem audio Sennheiser HE 1 memberikan pengalaman yang terasa sangat nyata.

sennheiser HE 1 4

Dengan kemampuan menghasilkan suara di rentang 8 Hz sampai lebih dari 100 kHz, suara yang dihasilkannya sangatlah jernih dan presisi. Staging terasa sangat luas, isolasi suaranya pun sangat baik. Yang paling mengagumkan memang Sennheiser HE 1 mampu menyajikan suara yang luar biasa detil dengan separasi yang sangat baik. Setiap detil suara dari vokal penyanyi maupun alat musik pengiringnya bisa terdengar dengan sangat jelas dan terasa hidup. Ini memberikan pengalaman yang lebih nyata seolah-olah Anda berada dalam satu ruangan di mana vokalis dan seluruh pemain alat musiknya berada tepat di depan Anda.

Harga dan ketersediaan
Banderol harga memang bukan batasan demi memanjakan telinga bagi para penikmat musik Audiophile. Dan untuk Sennheiser HE 1 kesempurnaan suaranya tidak perlu lagi diragukan. Sebagai sebuah sistem audio, Sennheiser HE 1 dengan teknologi audio inovatif dan material premium yang diusungnya adalah paketan yang komplit dan kami yakini akan mampu memenuhi kebutuhan para telinga emas pecinta Audiophile.

Kabar baiknya, Sennheiser HE 1 kini sudah bisa dipesan jika Anda berminat untuk memilikinya. Dengan banderol harga sekitar 792.000.000 Rupiah, Sennheiser HE 1 sudah bisa di pre-order melalui Astrindo Senayasa yang merupakan partner dealer resmi Sennheiser di Indonesia.