Quantcast
KomputerLaptopNewsTablet PCUltraportable

Tip Membawa Laptop di Bagasi Pesawat dengan Aman

Adanya larangan membawa laptop di kabin pesawat saat bepergian menggunakan maskapai tertentu dari bandara tertentu ke Amerika Serikat sepertinya hanya permulaan saja. Ada kemungkinan larangan ini akan dikembangkan ke tujuan lain dan maskapai lainnya.

qatar airways q suite

Selain risiko kehilangan, satu hal umum yang dikhawatirkan saat memasukkan laptop ke bagasi adalah keselamatan laptop tersebut. Tentunya ada beberapa hal yang bisa diikuti agar membawa laptop di bagasi pesawat tetap aman, seperti di bawah ini.

1. Gunakan tas laptop dengan bantalan yang memadai

baggage image

Kecuali Anda menggunakan laptop yang memang tangguh dan sesuai dengan spesifikasi militer, gunakan tas laptop yang memadai. Pastikan bantalan dalam tas cukup tebal untuk meredam semua guncangan yang kemungkinan akan dialami bagasi saat dinaikkan dan diturunkan. Bila perlu, bungkus laptop dalam sleeve atau sarung laptop sebelum memasukkannya ke dalam tas laptop dan kemudian menyimpannya di bagasi.

2. Tempatkan laptop di tengah

Dengan asumsi tas bagasi Anda memuat baju dan celana, tempatkan laptop di bagian tengah agar memiliki bantalan atau peredam guncangan.

3. Pastikan laptop dalam kondisi mati

Sebelum menyimpannya di dalam bagasi, pastikan laptop dalam kondisi tidak menyala. Periksa ulang untuk memastikan laptop tidak dalam kondisi standby. Jika laptop disimpan dalam keadaan menyala, ada kemungkinan laptop akan menjadi panas. Kalau hal ini berlangsung lama, dikhawatirkan laptop akan rusak akibat panas berlebihan.

4. Lepas baterai laptop

Tidak semua laptop modern memiliki baterai yang bisa dilepas sendiri. Namun jika memungkinkan, lepas baterai laptop dan simpan secara terpisah dengan baik. Dengan kondisi baterai terlepas, otomatis Anda tidak perlu lagi memastikan langkah nomor 3.

5. Gunakan laptop yang dirancang tangguh

Bagi pebisnis, ada beberapa laptop yang memiliki desain dan konstruksi yang lebih tangguh dari kebanyakan laptop lain. Biasanya laptop yang tangguh ini telah memenuhi spesifikasi militer seperti ketahanan terhadap tingkat kelembaban 91%-98% pada suhu 20 derajat hingga 60 derajat Celcius, suhu rendah hingga minus 20 derajat Celcius, suhu tinggi antara 30 derajat hingga 60 derajat Celcius, tes getaran, tes bantingan, tes ketinggian, tes perubahan suhu drastis, dan tes ketahanan pada pasir.

ThinkPad T470p 1

Beberapa laptop yang telah memenuhi syarat di atas antara lain adalah jajaran Panasonic ToughBook, Lenovo ThinkPad seri X dan T, serta seri HP EliteBook. Dengan desain tangguh yang teruji, tentunya pengguna akan lebih tenang saat menyimpan laptop di bagasi.

Back to top button