Samsung Perkenalkan Bixby, Asisten Pribadi Virtual yang Bisa Beradaptasi dengan Penggunanya

Samsung mengumumkan kehadiran asisten pribadi virtual yang diberi nama Bixby. Disebut-sebut sebagai pesaing Siri garapan Apple, Samsung Bixby nantinya akan hadir bersama smartphone premium terbaru Samsung, yakni Galaxy S8.

Bisa beradaptasi dengan penggunanya

Menurut Samsung, Bixby berbeda dengan asisten pribadi virtual lainnya yang ada saat ini. Pengguna tidak perlu belajar memahami cara Bixby bekerja, tapi justru Bixby yang akan mempelajari dan beradaptasi dengan penggunanya.

Ada tiga hal yang menjadi prioritas Samsung Bixby, yakni Completeness, Context Awareness, dan Cognitive Tolerance. Completeness berarti Bixby mampu mendukung hampir semua urusan yang biasa dikerjakan melalui sentuhan di layar smartphone ketika mengakses aplikasi. Agar maksimal, aplikasi tersebut juga harus mendukung Bixby.

Tentang Context Awareness, Bixby diklaim dapat dipanggil kapan pun pengguna membutuhkannya. Bahkan, ketika pengguna sedang asyik menelusuri aplikasi. Bixbyx mampu memahami apa yang sedang pengguna lakukan dengan smartphone-nya dan akan menawarkan berbagai mode interaksi.

Terakhir adalah Cognitive Tolerance yang memungkinkan Bixby bekerja secara pintar untuk mengerti perintah dari penggunanya meskipun perintah tersebut belum disampaikan secara komplit. Menurut Samsung, hal ini akan membuat interaksi antara Bixby dengan penggunanya menjadi lebih natural.

Ada tombol khusus

Yang menarik, Samsung nantinya akan menyediakan tombol khusus yang memudahkan pengguna untuk memanggil Bixby secara cepat. Alasan keberadaan tombol terdedikasi ini adalah karena pengguna tidak pernah tahu kapan mereka akan membutuhkan bantuan dari Bixby.

Sayangnya, ketika Bixby meluncur bersama Galaxy S8 nanti, hanya aplikasi yang hadir secara pre-installed saja yang sudah mendukung asisten virtual tersebut. Samsung berjanji ke depannya akan lebih banyak aplikasi lainnya dari pihak ketiga yang bisa terhubung dengan Bixby.

Baca juga
imoo Watch Phone Z5: Jam Tangan Anak dengan Fitur Video Call dan Koneksi 4G