Review LG V20: Smartphone Inovatif dengan Layar Mungil Multifungsi

4.1
Inovatif dan atraktif
Cek Harga

Di Indonesia, LG bukanlah pemain baru dalam dunia perhelatan smartphone, namun hampir satu tahun lamanya Indonesia tidak dijamah oleh produk flagship LG. LG G5 SE jelas berada di kelas mainstream, meskipun mengusung fitur flagship, prosesor kelas menengah yang digunakan mengurangi nilai total yang diusung olehnya. Dengan V20, LG mencoba untuk kembali meraih status flagship yang telah lama ditinggalkan. Dengan tema “serba dua”, gebrakan LG dalam dunia smartphone flagship merupakan sesuatu yang harus disimak.

Desain bernuansa mewah
Dengan V20, LG tidak mengambil jalan pintas apapun dengan desain premiumnya. Di dalam lautan smartphone flagship dengan desain uni-body anti air dan debu, LG menghadirkan gebrakan besar kembali konstruksi tradisional ditambah sertifikasi US MIL-STD-810G untuk daya tahan terhadap tumbukan.

svg%3E

Penutup belakang yang membentang dari sisi hingga bagian belakang V20 terbuat dari bahan alumunium yang digunakan pada konstruksi pesawat. Meskipun terdengar industrial, tekstur logam V20 memberikan citarasa premium layaknya smartphone flagship.

Konstruksi utama smartphone ini terdiri dari plastik polikarbonat, meskipun cukup umum, plastik polikarbonat memberikan kekokohan dan memberikan insinyur LG untuk mendapatkan sertifikasi US MIL-STD-810G yang menguji secara spesifik sebuah perangkat jatuh sebanyak 26 kali dari ketinggian 1.2 meter dengan fungsi utama masih bekerja sesuai peruntukkan.

Dari tampak muka, LG V20 hadir dengan dua layar, sebuah fitur unik yang diteruskan LG dari V10. Konsep layar kedua yang selalu menyala didesain untuk mengganti fungsi lampu notifikasi LED sekaligus memberikan informasi pemberitahuan penting seperti waktu dan pemberitahuan semua aplikasi pihak pertama maupun ketiga seperti Facebook, Whatsapp, dan lainnya.

svg%3E

LG V20 hadir dengan perangkat multimedia yang lengkap. Dua kamera dengan lensa wide dan tele, memberikan pengguna V20 kemampuan untuk mengambil gambar luas dengan kamera lensa wide 8 Megapixel dan mengambil gambar yang detail dengan kamera lensa tele 16 Megapixel dilengkapi dengan fitur stabilisasi optik. Kamera depanpun hadir dengan lensa wide yang mengijinkan pengambilan gambar grup secara luas tanpa harus menggunakan alat bantu monopod.

Performa tinggi
LG V20 hadir dengan prosesor Snapdragon 820 yang menggunakan skema 4 inti (2x 2.15 GHz dan 2×1.6 GHz), GPU Adreno 530 dan RAM 4GB. Berbeda dengan solusi prosesor banyak inti, Snapdragon 820 didesain dengan efisiensi yang tinggi sehingga tidak diperlukan banyak inti prosesor. Hal ini terbukti efektif dan Snapdragon 820 menjadi pilihan dapur pacu smartphone flagship 2016 dan bahkan hingga 2017.

Dari segi benchmark, LG V20 menempati posisi tinggi di antara smartphone flagship lainnya. Dari benchmark sintetis 3DMark, V20 berada diapit di antara Samsung Galaxy S7 dan iPhone 7. Nilai Antutu 135065 juga menempatkan V20 di posisi atas smartphone flagship besutan produsen global lainnya.

Dari segi penggunaan sehari-hari, benchmark sintetis yang menempatkan LG V20 di antara smartphone flagship lainnya adalah benar adanya. Kinerja multitasking LG V20 sangat mempesona, tidak terasa adanya lag sama sekali dengan beban kerja tinggi. Bermain game dengan visual kompleks seperti The Trail yang tersendat-sendat dengan LG G5 SE, berjalan tanpa kendala pada LG V20.

Tentunya fitur yang menarik perhatian dari V20 terletak pada layar kedua yang unik di kelasnya. Layar kedua yang selalu menyala ini memiliki beragam fungsi dari pemberitahuan, shortcut aplikasi hingga fungsi kendali terbatas. Tentu saja, fungsi pertamanya adalah sebagai layar pemberitahu panggilan dari semua aplikasi komunikasi yang tersedia pada Android. Samsung seri S7 hadir dengan fungsi pemberitahuan aktif yang selalu tertampil di layar, namun hanya terbatas pada beberapa aplikasi tertentu saja.

Pada saat layar utama (layar 5.7”) mati, layar kedua akan menampilkan icon-icon notifikasi dari aplikasi komunikasi pihak ketiga, beserta dengan hari, waktu dan status baterai dalam mode rendah daya, hitam dan putih. Dengan layar utama aktif, maka layar kedua juga aktif menampilkan warna dengan animasi pada beberapa aplikasi yang mendukung. Salah satu contoh aplikasi layar kedua yang sangat berguna adalah notifikasi kalender yang selalu aktif, memberitahukan jadwal pertemuan berikut, sehingga Anda tidak perlu lagi membuka aplikasi kalender terpisah untuk mengecek jadwal.

Layar utama LG V20 adalah sebuah keistimewaan tersendiri. Memang layar IPS LCD tidak memiliki kontras warna dan kepekatan hitam seperti layar AMOLED, namun layar LG V20 termasuk dalam kategori LCD terbaik dengan kontras dan saturasi warna yang sangat baik. Menonton video, bermain game, dan melihat gambar adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan dilakukan pada V20, terutama berkat layar besar 5.7 inci miliknya.

Fitur kamera inovatif
svg%3E

svg%3E

Dari segi multimedia, LG V20 berdiri terpisah di antara smartphone flagship Android lainnya. Apakah pernyataan ini berlebihan? Tidak. V20 hadir dengan dua kamera berlensa tele dan wide. Meskipun modul yang sama digunakan dari G5, LG menyematkan beberapa fitur yang unik tersedia pada V20. Kamera utama (telephoto) masih menggunakan modul 16 Megapixel yang dilengkapi dengan 3 tipe auto focus (Laser, Phase Detection dan Kontras) dengan kamera kedua wide menggunakan modul 8 Megapixel fixed focus.

Seperti G5, tangkapan gambar foto V20 sangat baik. Saturasi warna yang kuat dan fungsi HDR yang baik menangkap momen-momen spesial menjadi dramatis, terutama menggunakan kamera wide. Memang terdapat distorsi pada sisi luar gambar pada penggunaan kamera wide, namun masih dapat diterima terutama berkatnya, Anda tidak perlu lagi harus mundur terlalu jauh untuk memasukkan semua teman dalam foto grup.

svg%3E

Aplikasi kamera V20 hadir dengan pengaturan manual. Anda dapat mengatur white balance, shutter speed, exposure value, serta fokus. Unik pada V20 adalah penyertaan fitur Focus Peaking, pada pengaturan fokus secara manual. Layaknya pada kamera profesional, Focus Peaking memberikan garis hijau pada outline objek yang ingin ditangkap pada saat melakukan fokus secara manual. Fitur yang sangat berguna untuk memastikan fokus objek sesuai dengan keinginan.

Berikut beberapa hasil foto LG V20 tanpa proses penyuntingan.

20161210_165728
20161210_165757_HDR
20161218_163024
20161218_203555
20161210_165618_HDR

Fitur video V20 juga memukau dengan 3 mikrofon aktif yang diklaim dapat merekam suara hingga 132 desibel tanpa kehilangan detail suaranya. Tentunya kami tidak menguji fitur ini, yang dapat kami uji adalah fitur mikrofon video yang memiliki kemampuan untuk merekam suara di depan ataupun di belakang kamera, lengkap dengan filter hembusan angin.

Meskipun hasilnya tidak terlalu signifikan, perekaman suara yang dapat diatur adalah fitur yang sangat menyenangkan. Ditambah dengan fitur DAC dan headset sertifikasi Bang & Olufsen, audio hasil rekaman V20 terasa lebih nyata.

Pertama dengan Nougat
LG V20 adalah smartphone pertama yang mengusung Android Nougat diluar dari seri Nexus/Pixel. Tampilan antarmuka yang sederhana mengopi tampilan bawaan Android Nougat tanpa terlalu banyak perubahan.

Tentu saja fitur utama Nougat selain pembukaan dua aplikasi bersamaan, adalah fitur penghematan daya Doze yang diperbarui dari Marshmallow. Entah kombinasi dari fitur Doze ataupun sistem yang sangat minim bloatware, daya tahan baterai V20 sangatlah baik. Anda tidak perlu khawatir mengaktifkan fungsi layar kedua yang selalu menyala. Di malam hari dengan fitur layar kedua aktif, baterai yang digunakan hanyalah 2% dalam 5 jam, beberapa smartphone bahkan menggunakan daya lebih banyak dibandingkan dengan V20 pada kondisi yang sama, tanpa layar yang selalu menyala.

svg%3E

Penggunaan sehari-hari menghasilkan screen on time mencapai 5 jam. Cukup baik, mengingat V20 memiliki total layar sekitar 6.1″ (layar kedua merupakan satu bagian dengan layar utama). Dengan fitur charging Quick Charge 3.0, mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 1 jam 30 menit. Namun untuk apa susah mencari charger, toh V20 hadir dengan fitur baterai yang dapat diganti. Dari kapasitas baterai 0% hingga 100% hanya dalam hitungan menit, sebuah fitur yang sangat berguna terutama bila Anda menggunakan V20 sebagai alat perekam momen spesial dalam liburan.

Kesimpulan
Untuk para pecinta LG, V20 adalah angin segar yang sangat dibutuhkan. Fitur serba dua terutama untuk layar kedua adalah sesuatu hal yang unik dan sangat berguna. Dua kamera pada V20 mungkin membutuhkan sedikit pembelajaran untuk memaksimalkan fungsinya. Namun bagi yang mencari smartphone papan atas dengan nuansa multimedia, pencarian Anda usai sudah, V20 tak hanya menempatkan LG kembali ke perhelatan dunia smartphone papan atas namun juga memberikan solusi smartphone multimedia yang sangat solid.

Yang canggih:
+ Kinerja cepat
+ Kualitas rancang bangun kokoh
+ Baterai irit dengan proses pengisian cepat
+ Hasil foto dan video baik, dengan fitur pengaturan yang cukup lengkap
+ Kualitas audio amat baik
+ Baterai bisa dilepas-pasang
+ Bonus earphone B&O

Yang kurang
– Modul kamera menonjol
– Kegunaan layar kedua terbatas
– Fungsi kamera ganda masih terbatas kegunaannya

LG V20
4.1
Inovatif dan atraktif
Cek Harga
Verified by MonsterInsights