Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Xiaomi Luncurkan SoC Pertamanya, Surge S1

Xiaomi baru-baru ini meluncurkan SoC (System-on-Chip) pertamanya yang menggunakan proses fabrikasi 28nm. Disebut Surge S1, SoC ini disebut-sebut bisa menjadi penantang serius bagi rival-rivalnya, khususnya di kelas menengah.

Octa-core kencang

Xiaomi Surge S1 2Dengan kehadiran Surge S1, Xiaomi resmi memasuki industri prosesor dan bisa ikut bersaing dengan nama-nama besar yang lebih dulu hadir di ranah tersebut seperti Qualcomm, MediaTek, Samsung, Huawei HiSilicon, maupun Apple.

Surge X1 hadir dengan prosesor octa-core yang terdiri dari 4 core Cortex-A53 berkecepatan 2.2 GHz, 4 core Cortex-A53 1.4 GHz, serta GPU Mali-T860. Kombinasi tersebut ternyata mampu menghasilkan performa yang cukup mumpuni.

Xiaomi Surge S1 1Hasil pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark yang dipamerkan oleh Xiaomi, memperlihatkan angka yang berada di atas Snapdragon 625 serta MediaTek Helio P20. GPU Mali-T860 sendiri diklaim 40 persen lebih hemat daya dibanding generasi sebelumnya

Xiaomi Mi 5c jadi smartphone pertama

Xiaomi Mi 5C 2

Dalam peluncuran Surge S1 di Beijing, Xiaomi sekaligus mengumumkan bahwa smartphone pertama yang akan menggunakan SoC anyar tersebut adalah Mi 5c. Seperti pada smartphone-smartphone mereka sebelumnya, Xiaomi Mi 5c menawarkan spesifikasi yang menarik dengan harga kompetitif.

Smartphone ini hadir dengan layar 5,12 inci, RAM 3 GB, memori internal 64 GB, kamera belakang 12 megapixel, kamera depan 8 megapixel, dan baterai 2860 mAh. Berbasis Android 7.1 Nougat, Xiaomi Mi 5c rencananya akan dijual dengan harga US$218 atau sekitar 2,9 juta rupiah.

Back to top button