[MWC 2017] Sony Xperia XA1 dan XA1 Ultra: Duo Smartphone dengan Bezel Tipis dan Kamera 23 Megapixel

Selain memperkenalkan Xperia XZ Premium, di ajang MWC 2017 Sony juga mengumumkan kehadiran dua smartphone Android terbaru mereka lainnya, yakni Xperia XA1 dan Xperia XA1 Ultra. Tentunya, ada beberapa persamaan dan perbedaan antara keduanya.

Sony Xperia XA1

svg%3ESatu hal yang menjadi persamaan antara Xperia XA1 dan XA1 Ultra adalah soal desain yang menampilkan bezel super tipis pada sebelah kiri dan kanan layar. Konsep serupa sempat disajikan Sony pada smartphone sebelumnya, yakni Xperia XA.

Namun ada peningkatan signifikan yang ditawarkan Xperia XA1 dibanding pendahulunya. Datang dari sektor kamera, Sony membenamkan sensor 23 megapixel 1/2.3″ f/2.0 lengkap dengan dukungan Hybrid AF dan SteadyShot. Sementara kamera depannya mengandalkan sensor 8 megapixel yang juga didukung autofocus dan SteadyShot.

Terkait performa, smartphone ini dipersenjatai dengan SoC MediaTek Helio P20 yang ditemani RAM 3 GB. Memori internal GB. Urusan daya dari smartphone berlayar 5 inci tersebut dipercayakan pada baterai 2300 mAh.

Sony Xperia XA1 akan tersedia dalam pilihan warna White, Black, Gold, dan Pink.

svg%3E

Sony Xperia XA1 Ultra

svg%3E

Mengusung nama Ultra, smartphone ini hadir dengan penampilan yang lebih besar berkat penggunaan layar berukuran 6 inci dengan resolusi 1080p yang juga dikelilingi bezel super tipis di kiri dan kanannya. Walaupun besar, Sony mengklaim Xperia XA1 Ultra lebih ringan dari XZ Premium!

Sektor kamera terlihat lebih menggiurkan dibanding saudaranya. Kamera belakangnya kurang lebih sama, yakni 23 megapixel. Tapi untuk kamera depan, Sony Xperia XA1 Ultra menawarkan sensor 16 megapixel f/2.0 lengkap dengan autofocus dan LED flash. Cocok untuk pengguna yang gemar selfie.

SoC yang digunakan sama, Helio P20, namun dengan RAM yang lebih lega, yakni 4 GB. Baterainya pun lebih besar, 2700 mAh dengan proses pengisian daya melalui port USB Type-C (XA1 masih microUSB).

Sama seperti versi non-Ultra, Xperia XA1 Ultra akan tersedia dalam pilihan warna White, Black, Gold, dan Pink. Sayangnya, belum ada keterangan soal harga dari keduanya dan kapan Sony akan melepasnya ke pasaran.