Meluncur di Indonesia, Samsung Curved Gaming Monitor CFG70 Tawarkan Teknologi Quantum Dot

Potensi gaming yang besar di Indonesia akhirnya menggoda Samsung untuk membawa monitor terbarunya yang dipamerkan pada ajang IFA 2016 lalu, CFG70, ke Tanah Air. Melalui monitor gaming ini, Samsung menawarkan desain layar lengkung dan dukungan teknologi Quantum Dot.

Warna lebih kaya dengan Quantum Dot

svg%3EBagi yang belum mengetahui tentang Quantum Dot, teknologi ini sebelumnya dihadirkan Samsung pada jajaran SUHD TV premium mereka. Quantum Dot mampu menampilkan warna yang lebih kaya, yakni sekitar 92 persen DCI (Digital Cinema Interactive) dan hingga 125 persen cakupan sRGB.

Selain itu, berkat rasio kontras 3000:1 dari panel VA Samsung, gamer dapat menikmati warna yang lebih hitam, putih yang lebih alami, dan gambar yang tajam. Panel VA tersebut juga meminimalisir kebocoran cahaya sehingga scene yang gelap nampak lebih merata dalam kondisi low-light.

Dari segi spesifikasi, Samsung CFG70 memiliki response time 1ms, refresh rate 144Hz, serta resolusi maksimal Full HD. Tak ketinggalan, ada dukungan AMD Freesync yang mampu mensinkronisasikan refresh rate dari monitor dengan kartu grafis AMD. Samsung CFG70 memiliki dua buah port HDMI 1.4 dan satu DisplayPort 1.2.

svg%3E

Beberapa mode khusus gaming untuk mengoptimalkan tampilan dalam game pun sudah dibenamkan. Gamer juga diberikan kemudahan untuk mengubah pengaturan layar lewat tombol di belakang, maupun ketika mengatur sudut dan ketinggian monitor melalui dua engsel tegak.

svg%3E

“Kombinasi teknologi ini kami berikan untuk menjawab faktor-faktor yang dicari para gamers dari sebuah monitor, yaitu gambar yang halus dan mengikuti transisi super cepat di adegan-adegan dalam game serta gambar tajam dan detail,” kata Albert Susilo, Head of Monitor Business PT Samsung Electronics Indonesia.

Desain mendekati bentuk kurva alami mata manusia

Dalam acara temu media yang digelar di Jakarta, Selasa (28/2), Samsung menjelaskan bahwa monitor CFG70 memiliki desain melengkung 1800 radius. Menurut Samsung, kelengkungan ini mendekati bentuk kurva alami mata manusia.

svg%3E

Hasil yang akan dirasakan oleh gamer berkat desain melengkung 1800R tersebut adalah kenyamanan selama bermain game. Yang lebih menarik, monitor gaming ini dilengkapi fitur Eye Saver Mode yang membantu mengurangi emisi cahaya biru yang dapat mengakibatkan mata cepat lelah.

Samsung CFG70 tersedia dalam dua pilihan ukuran, yakni 24 inci yang dijual dengan harga Rp5.940.000 dan 27 inci yang dibanderol Rp6.930.000. Selain ukuran, tidak ada perbedaan spesifikasi dan fitur lainnya antara kedua monitor tersebut.