Quantcast
KomputerNews

Asus Tinker Board: Komputer Mungil yang Mampu Memutar Video 4K

Asus baru-baru ini memperkenalkan komputer mungil yang disinyalir akan menjadi pesaing utama dari Raspberry Pi. Disebut Tinker Board, komputer tersebut memiliki dimensi yang sama dengan Raspberry Pi namun menawarkan spesifikasi lebih bertenaga.

Dukungan video 4K

Asus Tinker Board

Asus Tinker Board menggunakan chipset Rockchip RK3288 dengan prosesor quad-core Cortex-A17 berkecepatan 1.8 Ghz dan GPU Mali-T764. Selain itu, Asus juga membenamkan RAM 2 GB dan slot microSD untuk storage.

Yang membuatnya menarik adalah komputer mungil ini mampu memutar video hingga resolusi 4K dan audio 24 bit. Selain itu, Asus Tinker Board juga dibekali port HDMI 2.0 dan Gigabit Ethernet. Spesifikasi di atas membuat Tinker Board cocok digunakan sebagai media center berukuran kecil yang hemat daya.

Beberapa port dan konektivitas lainnya tak lupa disediakan, misalnya USB 3.0, empat buat port USB 2.0, satu port microUSB untuk power, WiFi b/g/n, dan Bluetooth 4.0. Asus menjelaskan bahwa Tinker Board secara resmi telah mendukung penggunaan Debian Linux lengkap dengan aplikasi Kodi untuk memudahkan media streaming.

Harga terjangkau

Agar dapat diterima oleh banyak kalangan, Asus tidak memasang harga yang tinggi untuk mereka yang ingin membeli Tinker Board. Komputer mungil tersebut dijual dengan harga hanya US$68 atau sekitar ribu rupiah.

Back to top button