Panasonic Luncurkan Duo Tablet Tangguh, Toughpad FZ-A2 dan Toughbook FZ-Q2

Tablet yang dibekali bodi yang tangguh selalu memiliki pasarnya sendiri, terutama dari kalangan enterprise. Inilah yang membuat Panasonic tak pernah absen meluncurkan tablet-tablet tangguh terbarunya dari tahun ke tahun.

Mengawali tahun 2017, Panasonic memperkenalkan dua tablet tangguh sekaligus yang diberi nama Toughpad FZ-A2 dan Toughbook FZ-Q2. Keduanya mengusung sistem operasi yang berbeda, yakni Android 6.0 Marshmallow dan Windows 10 Pro.

Panasonic Toughpad FZ-A2

svg%3EPanasonic Toughpad FZ-A2 didesain sebagai tablet yang dapat mendukung pekerjaan yang sifatnya mobile. Tablet Android ini memiliki sistem keamanan dengan standar enterprise, dan telah mendapatkan sertifikasi MIL-STD-810G yang mencerminkan ketahanannya terhadap air, pasir dan debu, cuaca dan suhu ekstrim, benturan, dan masih banyak lagi.

Walaupun secara penampilan terlihat tebal dengan perlindungan di sana-sini, berat dari Panasonic Toughpad FZ-A2 masih sekitar 880 gram. Tablet ini memiliki layar sentuh kapasitif 10 titik yang tetap bisa merespon sentuhan penggunanya bahkan saat memakai sarung tangan.

Performanya didukung prosesor Intel Atom dan RAM 4 GB. Untuk memori internal, Panasonic menyediakan kapasitas 32 GB. Kamera belakang dan depan pun tersedia, yakni 8 megapixel dan 2 megapixel untuk kebutuhan panggilan video.

svg%3E

Yang lebih menarik, Panasonic Toughpad FZ-A2 menawarkan konektivitas dan port yang tergolong lengkap, mulai dari WiFi ac, 4G LTE, port HDMI (full size), USB 3.0, dan slot microSD. Tablet ini sudah dijual di pasaran dengan harga US$2189 atau sekitar 29 juta rupiah.

Panasonic Toughbook FZ-Q2

svg%3EBerbeda dengan saudaranya, Toughbook FZ-Q2 adalah tablet 2-in-1 berbasis Windows 10 Pro. Kategorinya masih ‘semi-rugged’, artinya tidak setangguh FZ-A2 karena belum memiliki sertifikasi MIL-STD-810G.

Tablet yang didukung Intel Core m5 vPro generasi ke-6 ini sudah dibekali keyboard full-sized, konensi 4G LTE, SSD dengan pilihan kapasitas 128GB dan 256GB, serta RAM 8 GB. Layarnya sendiri berukuran 12,5 inci dengan resolusi Full HD, sementara baterainya diklaim mampu bertahan hingga 9 jam.

Karena didesain untuk pekerjaan di luar ruangan, Panasonic menambahkan fitur-fitur seperti layar yang anti-reflective sehingga memudahkan penggunaan di bawah sinar matahari yang terang, dan keyboard yang mampu bertahan apabila ketumpahan air.

Panasonic Toughbook FZ-Q2 juga sudah mulai dijual di pasaran dengan harga US$2299 atau sekitar 30,6 juta rupiah.

Verified by MonsterInsights