Quantcast
NewsOperatorXL

XL Xmart Village 3.0 Siap Bangun Desa Digital di Indonesia

Program XL Xmart Village yang telah digarap sejak tahun 2014 kini memasuki babak baru. Di tahun ketiganya, XL bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) menciptakan standar baru pembangunan desa digital di Indonesia melalui program XL Xmart Village 3.0.

Manfaatkan teknologi digital secara positif

xmart-village-3-0-2

Selama ini teknologi digital sering dipandang sebagai kebutuhan masyarakat perkotaan saja, padahal di desa pun masyarakat sudah sangat siap untuk mengadopsi teknologi-teknologi baru. Tak hanya untuk berkomunikasi, tapi juga untuk membantu aktivitasnya sehari-hari.

XL Xmart Village 3.0 ingin mengajak masyarakat memanfaatkan teknologi digital secara positif. Bukan sekadar untuk mempertontonkan kecanggihan teknologi, namun lebih untuk mengangkat peran teknologi dalam memajukan kehidupan masyarakat desa.

“Sebagai penerus dari program Xmart Village 1.0 dan 2.0, pada Xmart Village 3.0 kami mengembangkan solusi-solusi yang lebih dekat dengan keseharian masyarakat. Kami juga menyasar lebih banyak aspek. Disamping ekonomi dan pariwisata, kami juga berupaya meningkatkan minat baca, kesehatan, budaya, hingga administrasi desa,” ujar Chief Digital Services XL, Joseph Lumban Gaol.

Siapkan segudang aktivitas

Demi mewujudkan program Xmart Village 3.0, XL telah menyiapkan berbagai aktivitas seperti digitalisasi taman bacaan, standarisasi smart toilet, geomapping, peningkatan standar administrasi pedesaan, penyediaan website dan layanan digital lainnya seperti instagram, pembuatan video 360, dan pelatihan digital bagi anak dan wanita.

xl_xmartvillage-3

Khusus untuk digitalisasi taman bacaan, XL menyiapkan fasilitas perangkat Virtual Reality (VR) yang telah dilengkapi dengan sejumlah aplikasi yang sesuai dengan program Internet Sehat atau Melek Internet yang XL selalu dukung.

Peluncuran XL Xmart Village 3.0 dilakukan bersama-sama dengan beberapa Kepala Desa di Cibeusi, Lembang, Subang, Jawa Barat, pada Rabu (23/11). Untuk membantu pariwisata di kawasan desa-desa Cibeusi dan Batu Loceng, XL melengkapi alat bantu promosi berupa website yang berisi beragam info mengenai desa.

Dengan diluncurkannya program Xmart Village 3.0, maka setelah ini desa Cibeusi dan Batu Loceng akan masuk ke masa pendampingan. Solusi-solusi yang dibawa akan dimonitor kembali agar dapat disesuaikan dan ditingkatkan. Masukan-masukan dari masyarakat desa mengenai solusi yang dihadirkan akan menjadi poin penting pada program Xmart Village berikutnya.

Back to top button