[Hands-On] Mencoba Beberapa Fitur Canggih LG V20

Seperti diketahui, LG akhirnya secara resmi membawa smartphone terbaru andalannya yang dibekali spesifikasi premium, yakni V20. Dalam acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Rabu (23/11), kami sempat melakukan hands-on untuk mendapatkan kesan pertama dari smartphone pertama yang mengadopsi Android 7.0 Nougat ini.

Penasaran seperti apa? Berikut ulasan singkat kami:

Desain tangguh, nyaman digenggam

lg-v20-indonesia-4

Salah satu hal yang dikedepankan oleh LG pada V20 adalah soal desain. Ya, LG V20 mengandalkan bodi berbahan aluminium AL6013 yang ringan namun tangguh. Bahkan, smartphone ini telah memiliki standar MIL-STD-810 yang artinya cukup tahan terhadap benturan.

Berbeda produk flagship LG sebelumnya, G5, V20 tidak mengusung konsep modular meski secara desain sekilas masih ada DNA dari saudara tuanya. Cover belakang LG V20 bisa dilepas sehingga pengguna akan lebih mudah mengganti baterai.

lg-v20-indonesia-5

Meski layarnya cukup lebar, yakni 5,5 inci, ketika digenggam LG V20 terasa nyaman dan tidak terlalu besar. Bahkan, masih bisa dibilang ramping untuk ukuran smartphone berlayar lebar dan pas untuk tangan orang dewasa.

Bodinya tidak licin. Pengoperasian dengan satu tangan tergolong mudah. Posisi sensor sidik jari tetap berada di belakang di bawah dua kamera utama pun mudah diakses. Perlu diketahui, di penjualan perdananya nanti di Indonesia, LG baru akan menyediakan V20 dalam balutan warna Titan saja.

Layar kedua yang fungsional

Fitur menarik lainnya dari LG V20 adalah layar kedua yang posisinya tepat berada di atas layar utama. Layar kecil ini memiliki ukuran 2,1 inci dengan resolusi 160 x 1040 pixel. Fungsinya? Untuk menampilkan notifikasi serta mengakses kontak maupun shorcut ke aplikasi lainnya.

Apa yang ditampilkan layar kedua ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Misalnya, aplikasi apa saja yang ingin shortcut-nya dipajang di layar tersebut. Kami sempat mencoba meletakkan aplikasi seperti Facebook, Maps, dan yang lainnya. Sayang, tidak banyak waktu yang didapatkan untuk mengeksplorasi lebih jauh. Tapi yang jelas, layar kedua dari LG V20 terlihat sangat fungsional.

lg-v20-indonesia-7

Audio mantap, kamera wide angle

svg%3E

LG V20 Diklaim sebagai smartphone pertama di dunia yang membawa kemampuan 32-bit Hi-Fi Quad DAC (Digital to Analog Converter). Hal ini dimungkinkan berkat keberadaan ES9218 SABRE HiFi System-On-Chip garapan ESS Technology.

made-for-the-1600x1270_v20_m01a

Sekadar informasi, ESS adalah pabrikan audio ternama yang dikenal salah satunya melalui produk DAC-nya. Chip ini dikembangkan dengan kemampuan mengintegrasikan 32-bit stereo Quad DAC, yang tujuannya untuk memberikan kekuatan amplifier headphone dan meminimalisir gangguan noise.

Kami pun berkesempatan mencoba mendengarkan lagu dengan genre Jazz berformat FLAC di LG V20. Menggunakan earphone bawaannya dari B&O Play, keluaran audionya memang mantap dan sangat detail. Setiap instrumen terdengar jernih dan memanjakan telinga. Tapi lagi-lagi, karena keterbatasan waktu, kami belum sempat mencoba genre musik lainnya maupun menguji fungsi upsampling-nya yang disebut-sebut mampu membuat file MP3 berkualitas rendah menjadi terdengar lebih baik.

Sedikit membahas soal kamera, LG V20 hadir dengan dua kamera di belakang yang masing-masing memiliki resolusi 16 megapixel dan 8 megapixel wide angle. Ya, keduanya adalah kamera yang terpisah. Kehadiran kamera kedua dengan wide angle ini lebih ditujukan sebagai opsi bagi pengguna yang ingin menangkap gambar dengan sudut yang lebih lebar. Penasaran dengan hasil jepretannya? Nantikan di artikel review kami!

Android terbaru dengan LG UX 5.0+

android-nougat

Seperti yang kami sebutkan di atas, LG V20 adalah smartphone pertama yang mengadopsi Android 7.0 Nougat, dan ditambahkan dengan user interface paling anyar yakni LG UX5.0+.

Sebagai smartphone Nougat, pengguna akan menemukan fitur-fitur baru seperti Multi-window untuk menampilkan dua aplikasi pada satu layar. Fitur ini memudahkan pengguna untuk memindahkan teks, gambar, dan berkas dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Cocok bagi pengguna yang gemar melakukan multitasking.

Kesimpulan awal

Dengan banderol Rp9.499.000, LG V20 memang bukan smartphone yang mudah dijangkau oleh semua orang di Indonesia. Walaupun demikian, kesan pertama kami ketika mencobanya memunculkan kesimpulan awal bahwa harga tersebut memang cukup layak, dan sangat mewakili berbagai fitur canggihnya.

lg-v20-2

Bagi yang berminat, LG V20 akan memasuki tahap pre-order pada 25 November 2016 di Bhinneka.com, Blibli.com, Dinomarket.com, Electronic Solution, Elevenia, Erafone.com, JD.id, Lazada.co.id, Mataharimall, Point2000 dan TokoPDA.com.

Banyak penawaran menarik yang bisa dinikmati, seperti cicilan dengan bunga 0 persen dan cash back hingga Rp1.250.000 melalui pembelian dengan kartu kredit, serta bundling Telkomsel dengan paket data hingga 14 GB.